Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Optimalisasi Akses Internet (Pengabdian di Desa Sumber Arum, Lampung Utara
DOI:
https://doi.org/10.32502/asabiyah.v1i2.66Abstract
Pendahuluan: Pengabdian kepada masyarakat dilakukan untuk membantu mengatasi permasalahan yang dihadapi terkait proses pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Pembelajaran online membutuhkan koneksi internet yang baik dan stabil untuk menghadiri konferensi video . Masalah muncul ketika infrastruktur internet di pedesaan tidak mampu memenuhi kebutuhan proses pembelajaran secara memadai.
Tujuan Penelitian: pengabdian kepada masyarakat dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran dengan mengoptimalkan internet sebagai media pembelajaran daring.
Metode: Layanan dilakukan dengan menggunakan metode, yaitu: 1) konseling, untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat sasaran mengenai kebijakan pembelajaran daring; 2) memberikan pelatihan dalam menggunakan internet sebagai alat pembelajaran online; dan 3) hibah atau bantuan langsung berupa pemasangan infrastruktur internet.
Hasil / Temuan / Kebaruan Penelitian: Penyuluhan yang dilakukan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Desa Sumber Arum dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang seluk beluk pembelajaran daring. Ada
2 (dua) materi pendidikan utama yang diberikan kepada publik, yaitu: kebijakan mengenai pembelajaran daring dan teknik pembelajaran daring. Penyampaian materi melalui metode ceramah yang disampaikan oleh pemateri di depan audiens komunitas sasaran, dan dilanjutkan dengan tanya jawab terkait materi konseling. Setelah penyuluhan, diberikan pelatihan praktik belajar daring langsun dengan memanfaatkan infrastruktur jaringan internet yang terpasang. Pelaksanaan pelatihan tidak mengalami kendala yang berarti, karena pada dasarnya peserta pelatihan sudah memahami bagaimana menggunakan perangkat teknologi informasi untuk melaksanakan pembelajaran daring.