Kolaborasi Pengajaran Riset dan Metodologi : Studi Penguatan Penelitian Kolaborasi Lintas Studi bagi Mahasiswa Junior di Fakultas Smart Computing KyungDong University, Korea Selatan
DOI:
https://doi.org/10.32502/asabiyah.v3i1.683Keywords:
Pengajaran, Kolaborasi, Riset dan Metodologi, Proyek Riset, Kolaborasi Riset.Abstract
Riset dan Metodologi adalah bagian yang sangat penting dalam dunia academia, khususnya bagi mahasiswa yang Akan menyelesaikan tugas akhir dalam pendidikan. Pengajaran Riset dan Metodologi ini merupakan pengajaran gabungan yang dilakukan oleh dua fakultas dan Universitas yang berbeda. Riset ini bertujuan untuk memperkuat kemampuan mahasiswa dalam melakukan riset dan mempertajam kemampuan mahasiswa agar lebih peka terhadap permasalahan sosial khususnya yang berhubungan dengan penelitian kolaboratif di berbagai bidang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode empiris dengan pendekatan kasus dimana proses pengajaran dilakukan langsung bersama mahasiswa. Pengajaran Kolaboratif yang dilakukan memberikan sampai positif bagi mahasiswa untuk lebih peka dalam melaksanalan penelitian yang bersifat kolaboratif atau lintas studi di berbagai ilmu. Metode pengajaran yang kreatif innovative dan unik membuat mahasiswa lebih percaya diri dalam meproyeksikan penelitian yang dilakukan. Pengajaran kolaboratif yang dilakukan juga memberikan kontribusi yang cukup significant bagi mahasiswa untuk menyelesaikan tugas akhir dalam mendapatkan gelar akademik di KyungDong University. Diharapkan dengan adanya pengajaran kolaboratif tentang riset dan Kolaborasi ini bisa memberikan manfAat bagi para mahasiswa ditingkat pendidikan yang lebih tinggi.