Pelatihan Pembuatan Aplikasi Mobile Menggunakan Thunkable Sebagai Upaya Meningkatkan Literasi Digital Bagi Remaja
DOI:
https://doi.org/10.32502/suluhabd.v7i2.1364Keywords:
Literasi digital, Thunkable, Aplikasi Mobile, RemajaAbstract
Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi digital remaja RW 09 Ciwaringin melalui pelatihan pembuatan aplikasi mobile berbasis drag and drop menggunakan platform Thunkable. Permasalahan utama mitra adalah rendahnya literasi digital produktif, minimnya pelatihan keterampilan digital, serta kurangnya pendampingan yang berkelanjutan. Metode kegiatan dilakukan melalui tahapan persiapan, pre-test, pelatihan, post-test, dan evaluasi. Peserta diberikan pengenalan konsep literasi digital, pemahaman dasar aplikasi mobile, serta praktik langsung membuat aplikasi sederhana menggunakan Thunkable. Berdasarkan hasil kuesioner pre-test dan post-test terhadap 11 peserta, terjadi peningkatan rata-rata pengetahuan dan pemahaman sebesar 33,5%. Peningkatan tertinggi dicapai oleh peserta ke-10 sebesar 58%, dan peningkatan tertinggi per pertanyaan sebesar 55% pada pertanyaan ke-8. Hasil ini menunjukkan bahwa pelatihan berbasis praktik langsung efektif dalam meningkatkan kemampuan peserta untuk memahami konsep aplikasi dan mengembangkan kreativitas digital. Kegiatan ini memberikan dampak positif terhadap peningkatan literasi digital remaja, serta mendukung terciptanya generasi muda yang mampu memanfaatkan teknologi secara produktif.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Suluh Abdi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Suluh Abdi memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Semua konten artikel jurnal ini dapat diakses dan diunduh secara gratis tanpa dipungut biaya sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan.
Suluh Abdi : Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
