Pelatihan Pembuatan Aplikasi Mobile Menggunakan Thunkable Sebagai Upaya Meningkatkan Literasi Digital Bagi Remaja

Authors

  • Dini Nurlaela Universitas Bina Sarana Informatika
  • Lestari Yusuf Universitas Bina Sarana Informatika
  • Lila Dini Utami Universitas Bina Sarana Informatika
  • Muhammad Iqbal Ramadhan Universitas Bina Sarana Informatika
  • Anfalia Nuara Hasa Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.32502/suluhabd.v7i2.1364

Keywords:

Literasi digital, Thunkable, Aplikasi Mobile, Remaja

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi digital remaja RW 09 Ciwaringin melalui pelatihan pembuatan aplikasi mobile berbasis drag and drop menggunakan platform Thunkable. Permasalahan utama mitra adalah rendahnya literasi digital produktif, minimnya pelatihan keterampilan digital, serta kurangnya pendampingan yang berkelanjutan. Metode kegiatan dilakukan melalui tahapan persiapan, pre-test, pelatihan, post-test, dan evaluasi. Peserta diberikan pengenalan konsep literasi digital, pemahaman dasar aplikasi mobile, serta praktik langsung membuat aplikasi sederhana menggunakan Thunkable. Berdasarkan hasil kuesioner pre-test dan post-test terhadap 11 peserta, terjadi peningkatan rata-rata pengetahuan dan pemahaman sebesar 33,5%. Peningkatan tertinggi dicapai oleh peserta ke-10 sebesar 58%, dan peningkatan tertinggi per pertanyaan sebesar 55% pada pertanyaan ke-8. Hasil ini menunjukkan bahwa pelatihan berbasis praktik langsung efektif dalam meningkatkan kemampuan peserta untuk memahami konsep aplikasi dan mengembangkan kreativitas digital. Kegiatan ini memberikan dampak positif terhadap peningkatan literasi digital remaja, serta mendukung terciptanya generasi muda yang mampu memanfaatkan teknologi secara produktif.

Downloads

Published

2025-11-27

How to Cite

Nurlaela, D., Yusuf, L., Utami, L. D., Muhammad Iqbal Ramadhan, & Hasa, A. N. (2025). Pelatihan Pembuatan Aplikasi Mobile Menggunakan Thunkable Sebagai Upaya Meningkatkan Literasi Digital Bagi Remaja . Suluh Abdi, 7(2), 234–241. https://doi.org/10.32502/suluhabd.v7i2.1364

Issue

Section

Articles