Pendampingan Karier Berbasis Potensi Diri Bagi Siswa-Siswi Kelas XII di Era Disrupsi

Authors

  • Rulitawati Ita Univesitas Muhammadiyah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.32502/suluhabd.v7i2.1417

Abstract

Abstrak : Era disrupsi yang menuntut lulusan Siswa-siswi SMK harus memiliki kesiapan karier yang relevan dengan kebutuhan kerja. Banyak siswa SMK kelas XII menghadapi kebingungan dalam menentukan langkah setelah lulus, baik untuk melanjutkan studi, berwirausaha, maupun langsung bekerja. Tanpa adanya pendampingan yang tepat, mereka rentan mengambil keputusan karier yang tidak sesuai dengan potensi dan minat, sehingga berisiko mengalami ketidakpuasan kerja dan rendahnya produktivitas. Oleh karena itu, perlu adanya pendampingan yang fokus pada pengenalan diri dan potensi menjadi sangat penting. Pengabdian ini bertujuan untuk membekali siswa SMK kelas XII dengan pemahaman yang mendalam mengenai potensi diri, minat, dan bakat mereka sebagai dasar perencanaan karier yang matang. Pendekatan yang digunakan adalah pendampingan berbasis coaching, yang dikombinasikan dengan tanya jawab. Metode ini mencakup asesmen potensi diri  diskusi kelompok dan bimbingan individual untuk menyusun rencana karier personal. Luaran yang ditargetkan dari kegiatan ini adalah meningkatnya pemahaman dan kepercayaan diri siswa dalam memilih jalur karier. Siswa diharapkan mampu membuat portofolio karier personal yang mencerminkan potensi dan rencana mereka. Hasil akhir dari kegiatan ini adalah terwujudnya lulusan SMK yang memiliki kesadaran diri, siap menghadapi tantangan global, dan mampu mengambil keputusan karier yang tepat untuk masa depan mereka.

Downloads

Published

2025-12-02

How to Cite

Ita, R. (2025). Pendampingan Karier Berbasis Potensi Diri Bagi Siswa-Siswi Kelas XII di Era Disrupsi. Suluh Abdi, 7(2), 276–285. https://doi.org/10.32502/suluhabd.v7i2.1417

Issue

Section

Articles