Pendampingan Karier Berbasis Potensi Diri Bagi Siswa-Siswi Kelas XII di Era Disrupsi
DOI:
https://doi.org/10.32502/suluhabd.v7i2.1417Abstract
Abstrak : Era disrupsi yang menuntut lulusan Siswa-siswi SMK harus memiliki kesiapan karier yang relevan dengan kebutuhan kerja. Banyak siswa SMK kelas XII menghadapi kebingungan dalam menentukan langkah setelah lulus, baik untuk melanjutkan studi, berwirausaha, maupun langsung bekerja. Tanpa adanya pendampingan yang tepat, mereka rentan mengambil keputusan karier yang tidak sesuai dengan potensi dan minat, sehingga berisiko mengalami ketidakpuasan kerja dan rendahnya produktivitas. Oleh karena itu, perlu adanya pendampingan yang fokus pada pengenalan diri dan potensi menjadi sangat penting. Pengabdian ini bertujuan untuk membekali siswa SMK kelas XII dengan pemahaman yang mendalam mengenai potensi diri, minat, dan bakat mereka sebagai dasar perencanaan karier yang matang. Pendekatan yang digunakan adalah pendampingan berbasis coaching, yang dikombinasikan dengan tanya jawab. Metode ini mencakup asesmen potensi diri diskusi kelompok dan bimbingan individual untuk menyusun rencana karier personal. Luaran yang ditargetkan dari kegiatan ini adalah meningkatnya pemahaman dan kepercayaan diri siswa dalam memilih jalur karier. Siswa diharapkan mampu membuat portofolio karier personal yang mencerminkan potensi dan rencana mereka. Hasil akhir dari kegiatan ini adalah terwujudnya lulusan SMK yang memiliki kesadaran diri, siap menghadapi tantangan global, dan mampu mengambil keputusan karier yang tepat untuk masa depan mereka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Suluh Abdi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Suluh Abdi memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Semua konten artikel jurnal ini dapat diakses dan diunduh secara gratis tanpa dipungut biaya sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan.
Suluh Abdi : Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
