Initiatives to Enhance Nationalism among Indonesian Migrant Workers Children in Malaysia: International Community Engagement at ICC Muar

Upaya Peningkatan Nasionalisme Anak-anak Pekerja Migran Indonesia di Malayasia: International Community Engagement di ICC Muar

Penulis

  • Jennie Nabilah UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Tsabitah Nuril Adzronnida UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Putri Ismukhanah Ayu Alifia UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.32502/altifani.v5i2.341

Kata Kunci:

Nationalism, Indonesian migrant workers, international community service, cultural education, national identity, migrant children

Abstrak

Program pengabdian masyarakat internasional yang diselenggarakan oleh mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya di Indonesia Community Centre (ICC) Muar, Malaysia, bertujuan untuk meningkatkan wawasan kebangsaan dan nasionalisme anak-anak Pekerja Migran Indonesia (PMI). Anak-anak ini menghadapi krisis identitas nasional karena mereka tumbuh dalam lingkungan Malaysia dengan akses terbatas pada pendidikan formal Indonesia. Program ini mencakup beberapa inisiatif, seperti pembuatan buku ajar bertema nasionalisme yang memperkenalkan tokoh sejarah, budaya etnis, dan destinasi wisata Indonesia, serta dilengkapi dengan kuis dan tugas untuk mengukur pemahaman siswa. Selain itu, diadakan workshop Tari Sinanggar Tulo dan kompetisi kuis nasionalisme untuk menanamkan rasa bangga terhadap budaya Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan mengumpulkan data melalui survei, pelatihan, dan diskusi kelompok. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman budaya dan sejarah Indonesia serta penguatan identitas nasional di kalangan anak-anak PMI. Program ini menjadi model penting bagi inisiatif serupa dalam konteks migrasi, dengan fokus pada pelestarian nasionalisme melalui pendidikan dan budaya.

Referensi

Anis, M. (2017). Implementasi Wawasan Kebangsaan Di Pondok Pesantren Dalam Pembelajaran Sejarah Di Sma Al-Muayyad Surakarta Dan Sma Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta. Journal Sriwijaya Historia, 1(1), 1–10.

Ansori, i, Agus., Moh. Afand, Fitriyah, R. D., Safriyani, R., & Farisia, H. (2021). Pendekatan-pendekatan dalam. Surabaya. Retrieved from http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/62

Lasmi, Marpuah, S., Rahman, R., & Hassan, M. N. (2022). Peranan Indonesian Community Centre (ICC) dalam Memperjuangkan Pendidikan dan Pembinaan Akhlak Kanak-kanak Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Malaysia. Advances in Humanities and Contemporary Studies, 3(2), 130–135

Meli, R. U. (2021). Penanaman Karakter Cinta Tanah Air bagi Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Tari di SMA. Pijar: Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan dan Pembelajaran, 1(1), 6-11.

Septiano, A. K., & Ulfatun Najicha, F. (2022). Upaya Peningkatan Rasa Nasionalisme Dengan Pendidikan Kewarganegaraan Kepada Generasi Muda Di Era Perkembangan Teknologi. Jurnal Global Citizen : Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 11(1), 63–66. doi: 10.33061/jgz.v11i1.7460

Siagian, N. A. R., Nursafirayanti, T., Bellapadma, A. J. A., Law, E., Rahmawati, S. N., Talita, N., Pangaribawa, F. D., Putr, N. P. K. A. W., Ashfiya, S. N., & Azizah, S. N. (2024). Penguatan Identitas Kebangsaan Anak PMI di Malaysia Melalui Konsep Bhinneka Tunggal Ika. Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 06, 70–75.

Yusra, Della Amirna., Musli., & Yumadaleni. (2023). Pendidikan Anak Pekerja Migran. CV. DOTPLUS Publisher.

Diterbitkan

2025-07-01