BRENDING DESAIN STIKER UMKM KERUPUK IKAN SARDEN DUA SAUDARA UNTUK PENINGKATAN PENJUALAN

Penulis

  • AGRES universitas muhammadiyah palembang
  • BENY UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG
  • DWI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG
  • QILAH UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG
  • NABILAH UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG
  • KENIA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG
  • ANDRE UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG
  • YOGI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG
  • IRUN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG
  • NABIL UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG
  • ANGGRELIA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG

Kata Kunci:

Branding, UMKM, Desain Stiker, Kerupuk Ikan

Abstrak

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memegang peranan vital dalam perekonomian Indonesia. Namun, banyak UMKM, seperti Usaha Kerupuk Ikan Sarden Dua Saudara, menghadapi tantangan dalam hal pemasaran dan pengenalan merek. Sebelum intervensi, produk ini tidak memiliki identitas visual yang jelas, menghambat daya saing dan jangkauan pasar. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk membantu UMKM tersebut dengan merancang dan mengimplementasikan desain stiker sebagai strategi branding. Menggunakan pendekatan Participatory Action Research (PAR), tim berkolaborasi dengan pemilik usaha dalam proses perancangan desain stiker yang tidak hanya profesional tetapi juga otentik. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa penerapan stiker ini memberikan dampak positif signifikan. Produk kini memiliki identitas visual yang kuat, lebih mudah dibedakan dari produk sejenis, dan dinilai lebih profesional oleh konsumen dan pengecer, yang membuka peluang perluasan distribusi. Kesuksesan ini membuktikan bahwa investasi pada branding visual merupakan strategi efektif untuk meningkatkan daya saing dan memastikan keberlanjutan pertumbuhan UMKM di masa depan.

Referensi

Andika, A. (2024). Strategi Pemasaran Digital Pengusaha Furniture Di Jepara Dalam Mempromosikan Produk Furniture Jepara (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Sultan Agung Semarang).

Aysa, I. R., Sutantri, S., Mala, I. K., Fattah, F. A., Lestari, D. A. I., & Husna, M. (2025). Pelatihan Pemanfaatan Digital Marketing dan Strategi Packaging untuk Meningkatkan Consumer Buying Interest pada UMKM Binaan Rumah Kurasi di Desa Joho Semen Kediri. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 10(7), 1744-1752.

Basiroen, V. J., Anggara, I. G. A. S., Putri, A. W. S., Negoro, A. T., Kholili, M. A. A., Wulandari, S., ... & Yusa, I. M. M. (2025). Buku Ajar Pengantar Desain Komunikasi Visual:: Teori Dan Praktik. PT. Green Pustaka Indonesia.

Fajrina, N., & Pramesti, R. D. (2023). Peran elemen visual sebagai strategi komunikasi pemasaran pada kemasan produk. Journal of Computer Science and Visual Communication Design, 8(2), 322-332.

Fitri, R. P., Khotimah, A. H., Rospandi, R. F., Putri, I. E., Gusprayugo, G., Afriyeni, N., ... & Fakhira, F. (2025). Inovasi Pemberdayaan Umkm Cireng, Keripik Singkong Melalui KKN Tematkik Desa Karya Indah. NuCSJo: Nusantara Community Service Journal, 1(3), 219-223.

Jupri, A., Herlembang, B., Ariyansyah, M. A. J., Anggari, B. Y. I., Rozi, T., & Prasdyai, E. S. (2021). Pendampingan Branding Packaging dan Digital Marketing Pada Produk UMKM Keripik Talas di Lingkungan Bagek Longgek, Kelurahan Rakam. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(3).

Laksana, S. R., & Alkandahri, M. Y. (2025). Pengembangan usaha UMKM Aneka Keripik Bu Atih dan Pa Jumsar melalui Inovasi Kemasan di Desa Karangmulya. Abdima Jurnal Pengabdian Mahasiswa, 4(1), 4864-4869.

Muntazori, A. F., Listya, A., & Qeis, M. I. (2019). Branding produk UMKM pempek gersang. Jurnal Desain, 6(03), 177-185.

Permatasari, I., Nuraeni, S., Ramdhaniyah, Y., Aziz, A. J., Kususma, I. C., Didi, D., ... & Wijaya, A. (2023). UMKM Unggul Melalui Optimalisasi Inovasi Dan Informasi Digital. Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian, 3(4), 733-736.

Rachmawati, S. D., & Andjarwati, A. L. (2020). Pengaruh Kesadaran Merek dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian. E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 7(1), 25-29.

Saiqon, S. (2024). Perancangan Rebranding Identitas Visual Mitra Printing (Doctoral Dissertation, Institut Teknologi Dan Bisnis Palcomtech).

Siregar, R. P. (2025). Analisis Pesan Desain Pada Kemasan Produk Makanan. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 4(1), 1997-2006.

Sitohang, A. C., Gunawan, K. H., & Nugroho, R. (2025). Inovasi dan Literasi Ekonomi untuk UMKM Ukiran Kayu Pasuruan. AKM: Aksi Kepada Masyarakat, 6(1), 373-380.

Swasty, W., & Nita Nur, M. (2021). Branding: Memahami dan merancang strategi merek.

Wibowo, A. (2021). Branding Digital (Merek Digital). Penerbit Yayasan Prima Agus Teknik, 1-179.

Wijayanto, I. (2013). Pengaruh citra merek terhadap loyalitas konsumen. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 1(3).

Winata, D. F., & Gunawan, B. P. (2022). Peningkatan Inovasi Dan Penjualan UMKM Sadel Rasing (Susu Kedelai Rasa Gak Asing) Melalui Strategi Pemasaran Digital. Among: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1-6.

Yolanda, C., & Hasanah, U. (2024). Peran Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Dalam Pengembangan Ekonomi Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(3), 170-186.

Diterbitkan

2025-11-13

Terbitan

Bagian

##section.default.title##