Pengaruh Iklim Sekolah dan Sifat Efikasi Diri Santri dalam Mencegah Bullying di Pondok Pesantren Assalam Al Islami

Authors

  • Muhammad Mukhtarul Mukhlisin Universitas Muhammadiyah Palembang
  • Suroso PR Universitas Muhammadiyah Palembang
  • Sayyid Habiburrahman Universitas Muhammadiyah Palembang

Keywords:

Efikasi Diri, Bullying, Pesantren, Perilaku Siswa, Iklim Sekolah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh iklim sekolah dan sifat efikasi diri santri dalam mencegah perilaku bullying di Pondok Pesantren Assalam Al Islami. Iklim sekolah sebagai faktor eksternal dan efikasi diri sebagai faktor internal memiliki peran penting dalam membentuk sikap dan perilaku santri terhadap bullying. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional, melibatkan 200 santri sebagai sampel yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklim sekolah berkontribusi sebesar 5,43% terhadap perilaku bullying santri di lingkungan Pesantren. Maka iklim atau lingkungan sekolah yang positif berkontribusi signifikan dalam menurunkan angka bullying. Selain itu, sifat efikasi diri santri berkontribusi sebesar 35,4% terhadap perilaku bullying. Maka santri dengan efikasi diri yang tinggi lebih mampu menghadapi tekanan sosial dan lebih cenderung menolak terlibat dalam perilaku bullying, baik sebagai pelaku maupun korban. Analisis regresi menunjukkan bahwa iklim sekolah dan efikasi diri secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pencegahan bullying. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya menciptakan lingkungan pesantren yang mendukung dan memperkuat efikasi diri santri guna mencegah perilaku bullying. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi lembaga pendidikan, khususnya pesantren, dalam merancang strategi pencegahan bullying yang lebih efektif.

Downloads

Published

2025-11-03