Elemen Interior Sebagai Media Pembelajaran di Ruang Studio Program Studi Arsitektur Universitas Lambung Mangkurat
DOI:
https://doi.org/10.32502/arsir.v8i2.127Kata Kunci:
nilai edukatif, elemen interior, media pembelajaranAbstrak
Manusia belajar dari lingkungan dengan cara menyerap informasi melalui panca indra. Bagi mahasiswa arsitektur berada dalam suatu ruang, artinya berada dalam sebuah media pendidikan, karena belajar tentang arsitektur adalah belajar tentang ruang. Ruang belajar seperti studio merupakan lingkungan pendidikan yang dekat dengan mahasiswa arsitektur. Elemen-elemen interior ruang studio yang terdiri dari dinding, lantai, plafon, pintu, jendela, perabot, dan aksesori yang ditangkap secara visual sudah menjadi media pembelajaran tersendiri bagi mahasiswa arsitektur. Namun ada informasi-informasi edukatif lainnya yang tidak tertangkap visual yang belum tersampaikan. Elemen-elemen ini dapat ditingkatkan nilai edukatifnya dengan memberikan tambahan informasi yang sesuai dengan spesifikasi masing-masing elemen. Elemen ruang yang ditingkatkan nilai edukatifnya pada penelitian ini adalah ruang studio Program Studi Arsitektur yang merupakan wadah bagi mahasiswa arsitektur untuk melakukan pembelajaran mengenai perancangan ruang. Penelitian ini menggunakan paradigma rasionalistik dengan pendekatan deduktif kualitatif. Informasi yang ditambahkan pada elemen ruang adalah informasi yang tidak tertangkap secara visual. Informasi tambahan diterapkan dengan infografis. Penyampaian informasi melalui elemen-elemen ruang tidak hanya menjadikan studio sebagai wadah belajar, namun meningkat menjadi media pembelajaran.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Prima Widia Wastuty, Mohammad Ibnu Sa'ud, Naimatul Aufa, Dahliani Dahliani
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Arsir: Jurnal Arsitektur (AJA) have CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
Authors who publish Arsir: Jurnal Arsitektur (AJA) agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the Arsir: Jurnal Arsitektur (AJA) right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially, with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Arsir: Jurnal Arsitektur (AJA). Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Arsir: Jurnal Arsitektur (AJA). Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work (see The Effect of Open Access).
Work is distributed below This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.