Pengaruh Arsitektur Terhadap Kecerdasan Emosional Pada Anak Usia Sekolah Dasar

Penulis

  • wahyu kusuma tn Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Vijar Galax Putra Jagat Paryoko Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Kata Kunci:

arsitektur anak, kecerdasan emosional, perundungan, sekolah dasar

Abstrak

Perundungan disebut juga bullying, masih menjadi salah satu masalah yang mempengaruhi anak-anak di Indonesia dengan dampak yang serius baik bagi pelaku maupun korbannya. Sebagian hal ini terjadi pada anak tingkat sekolah dasar, dimana seharusnya dalam usia mereka adalah tahap untuk mengembangkan kecerdasan emosional dan empatinya yang bisa dipengaruhi oleh lingkungan mereka. Untuk menyelesaikan masalah ini, diperlukan pendekatan yang terdiri dari berbagai langkah. Dengan mengedepankan aspek seperti pengalaman indrawi, arsitektur memiliki kekuatan untuk mempengaruhi emosi dan perilaku secara mendalam. Metode ini tidak hanya menggunakan hukuman tetapi juga bertindak proaktif untuk mendorong perilaku yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh arsitektur dalam membentuk lingkungan yang ramah anak dalam sisi psikologis . Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan data primer yang dikumpulkan melalui teknik observasi pada obyek studi bangunan Pendidikan MI Khoirul Huda.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa desain arsitektur dapat berdampak baik atau buruk pada kecerdasan emosional anak sekolah dasar.

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-18

Cara Mengutip

kusuma tn, wahyu, & Paryoko, V. G. P. J. (2025). Pengaruh Arsitektur Terhadap Kecerdasan Emosional Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Arsir: Jurnal Arsitektur, 10(AIP), 1–14. Diambil dari https://ojs.um-palembang.ac.id/index.php/arsir/article/view/254