Pengaruh Arsitektur Terhadap Kecerdasan Emosional Pada Anak Usia Sekolah Dasar
Kata Kunci:
arsitektur anak, kecerdasan emosional, perundungan, sekolah dasarAbstrak
Perundungan disebut juga bullying, masih menjadi salah satu masalah yang mempengaruhi anak-anak di Indonesia dengan dampak yang serius baik bagi pelaku maupun korbannya. Sebagian hal ini terjadi pada anak tingkat sekolah dasar, dimana seharusnya dalam usia mereka adalah tahap untuk mengembangkan kecerdasan emosional dan empatinya yang bisa dipengaruhi oleh lingkungan mereka. Untuk menyelesaikan masalah ini, diperlukan pendekatan yang terdiri dari berbagai langkah. Dengan mengedepankan aspek seperti pengalaman indrawi, arsitektur memiliki kekuatan untuk mempengaruhi emosi dan perilaku secara mendalam. Metode ini tidak hanya menggunakan hukuman tetapi juga bertindak proaktif untuk mendorong perilaku yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh arsitektur dalam membentuk lingkungan yang ramah anak dalam sisi psikologis . Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan data primer yang dikumpulkan melalui teknik observasi pada obyek studi bangunan Pendidikan MI Khoirul Huda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa desain arsitektur dapat berdampak baik atau buruk pada kecerdasan emosional anak sekolah dasar.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 wahyu kusuma tn, Vijar Galax Putra Jagat Paryoko

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Arsir: Jurnal Arsitektur (AJA) have CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
Authors who publish Arsir: Jurnal Arsitektur (AJA) agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the Arsir: Jurnal Arsitektur (AJA) right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially, with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Arsir: Jurnal Arsitektur (AJA). Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Arsir: Jurnal Arsitektur (AJA). Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work (see The Effect of Open Access).
Work is distributed below This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.