HUBUNGAN ANTARA LITERASI DIGITAL DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK DITINJAU DARI JENIS KELAMINNYA

Authors

  • Hanif Debitama UIN Alauddin Makassar
  • Muhammad Khalifah Mustami Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Ahmad Ali Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

DOI:

https://doi.org/10.32502/didaktikabiologi.v8i1.47

Keywords:

literasi digital, kemandirian belajar biologi, jenis kelamin

Abstract

Digitalisasi telah merambah dunia pendidikan saat ini, menambah pentingnya peserta didik untuk menguasai keterampilan literasi digital. Keterampilan tersebut dapat memicu kemandirian  peserta didik untuk memanfaatkan perangkat digital untuk mencari informasi edukatif yang dibutuhkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara literasi digital dengan kemandirian belajar biologi peserta didik kelas XI MA Madani Alauddin Pao-Pao ditinjau dari jenis kelaminnya. Jenis penelitian ini merupakan ex-post facto dengan desain penelitian korelasional tipe explanatory design. Populasi pada penelitian ini berjumlah 121 peserta didik. Sampel yang digunakan sebanyak 55 peserta didik yang diperoleh dengan menggunakan teknik  probability sampling tipe simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner untuk mengumpulkan data literasi digital dan kemandirian belajar peserta didik. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi product moment. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa gambaran literasi digital peserta didik ditinjau dari jenis kelamin masing-masing tergolong tinggi yang dibuktikan dari nilai mean, yaitu 78,36 (laki-laki) dan 81,40 (perempuan). Begitupun gambaran kemandirian belajar peserta didik ditinjau dari jenis kelamin juga tergolong tinggi dengan nilai mean, yaitu 88,96 (laki-laki) dan 90,17 (perempuan). Selanjutnya, literasi digital dengan kemandirian belajar memiliki hubungan yang positif dan signifikan yang dapat dilihat dari nilai sig. α = 0,000<0,05 serta rhitung = 0,532 > rtabel = 0,2656.

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

Debitama, H., Muhammad Khalifah Mustami, & Ahmad Ali. (2024). HUBUNGAN ANTARA LITERASI DIGITAL DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK DITINJAU DARI JENIS KELAMINNYA. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi , 8(1), 11–19. https://doi.org/10.32502/didaktikabiologi.v8i1.47