HUBUNGAN ANTARA LITERASI DIGITAL DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK DITINJAU DARI JENIS KELAMINNYA

Authors

  • Hanif Debitama UIN Alauddin Makassar
  • Muhammad Khalifah Mustami Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Ahmad Ali Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

DOI:

https://doi.org/10.32502/didaktikabiologi.v8i1.47

Keywords:

literasi digital, kemandirian belajar biologi, jenis kelamin

Abstract

Digitalisasi telah merambah dunia pendidikan saat ini, menambah pentingnya peserta didik untuk menguasai keterampilan literasi digital. Keterampilan tersebut dapat memicu kemandirian  peserta didik untuk memanfaatkan perangkat digital untuk mencari informasi edukatif yang dibutuhkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara literasi digital dengan kemandirian belajar biologi peserta didik kelas XI MA Madani Alauddin Pao-Pao ditinjau dari jenis kelaminnya. Jenis penelitian ini merupakan ex-post facto dengan desain penelitian korelasional tipe explanatory design. Populasi pada penelitian ini berjumlah 121 peserta didik. Sampel yang digunakan sebanyak 55 peserta didik yang diperoleh dengan menggunakan teknik  probability sampling tipe simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner untuk mengumpulkan data literasi digital dan kemandirian belajar peserta didik. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi product moment. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa gambaran literasi digital peserta didik ditinjau dari jenis kelamin masing-masing tergolong tinggi yang dibuktikan dari nilai mean, yaitu 78,36 (laki-laki) dan 81,40 (perempuan). Begitupun gambaran kemandirian belajar peserta didik ditinjau dari jenis kelamin juga tergolong tinggi dengan nilai mean, yaitu 88,96 (laki-laki) dan 90,17 (perempuan). Selanjutnya, literasi digital dengan kemandirian belajar memiliki hubungan yang positif dan signifikan yang dapat dilihat dari nilai sig. α = 0,000<0,05 serta rhitung = 0,532 > rtabel = 0,2656.

References

Afianti, A. N., Rasmitadila, & Muhdiyati, I. (2023). Hubungan Kemampuan Literasi Digital dan Kemandirian Siswa dengan Hasil Belajar Matematika di SDN Cimahpar 05 Kota Bogor. Wahana: Tridarma Perguruan Tinggi, 75(1), 10-20. https://doi.org/10.36456/wahana.v75i1.7176

Albani, A., Ambrosini, F., Mancini, M., Passini, F., & Biolcati, R. (2023) Trait Emotional Intelligence and Self-Regulated Learning in University Students during the COVID-19 Pandemic: The Mediation Role of Intolerance of Uncertainty and COVID-19 Perceived Stress. Personality and Individual Differences, 203, 1-7. https://doi.org/10.1016/j.paid.2022.111999

Alonso-Mencia, M. E., Alario-Hoyos, C., Estevez-Ayres, I., & Kloos, C. D. (2021). Analysing Self-Regulated Learning Strategies of MOOC Learners Through Self-Reported Data. Australasian Journal of Education Technology 37(3), 56-70. https://doi.org/10.14742/ajet.6150

Apridayani, A., Han, W., & Waluyo, B. (2023). Understanding Students’ Self-Regulated Learning and Anxiety in Online English Courses in Higher Education. Heliyon, 9, 1-12. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e17469

Argelagos, E., & Pifare, M. (2017). Unravelling Secondary Students Challenges in Digital Literacy: A Gender Perspective. Journal of Education and Training Studies, 5(1), 42-55. https://dx/doi.org/10.11114/jets.v5i1.1517

Arrajiv, D. A., B., M. A. B. B., Wahyuningsih, T., Kartini, & Rahmawati, L. E. (2021). Tingkat Kemandirian Belajar Siswa Ditinjau dari Implementasi Literasi Digital Siswa SMA Negeri 2 Sukoharjo. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 3,(1), 55-64. https://doi.org/10.23917/blbs.v3i1.14278

Beck, E., Goin, M. E., Ho, A., Parks, A., & Rowe, S. (2021). Critical Digital Literacy as Method for Teaching Tactics of Response to Online Surveillance and Privacy Erosion. Computers and Composition, 61, 1-19. https://doi.org/10.1016/j.compcom.2021.102654

Desmita. (2012). Psikologi Perkembangan Peserta Didik: Panduan Bagi Orang Tua dan Guru dalam Memahami Psikologi Anak Usia SD, SMP, dan SMA . Bandung: Remaja Rosdakarya.

Djikstra, S. H. E., Hinne, M., Segers, E., & Molenaar, I. (2023). Clustering Children’s Learning Behaviour to Identify Self-Regulated Learning Support Needs. Computers in Human Behavior, 145, 1-22. https://doi.org/10.1016/j.chb.2023.107754

Faisal, M., Rapi, M., & Damayanti, E. (2019). Pengaruh Tingkat Kemandirian Belajar dan Pemanfaatan Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar Biologi Peserta Didik. Jurnal Al-Ahya, 1(3), 26-35. https://doi.org/10.24252/al-ahya.v1i3.10740

Goeseti, A., Lakkala, M., Raffaghelli, J., Ranieri, M., Roffi, A., & Ilomaki, L. (2022). Exploring Teachers Perception of Critical Digital Literacies and How These are Manifested in Their Teaching Practices. Educational Review, 1, 1-26. https://doi.org/10.1080/00131911.2022.2159933

Hastuti, R., Rahman, U., & Muchlisah. (2019). Pengaruh Regulasi Diri (Self Regulation) dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Biologi pada Peserta Didik Kelas XI MIA MAN 1 Bulukumba. Jurnal Al-Ahya, 1(2), 42-52. https://doi.org/10.24252/al-ahya.v1i2.8074

Istifci, I., & Goksel, N. (2022). The Relationship between Digital Literacy Skills and Self-Regulated Learning Skills of Open Education Faculty Students. EFLIJ, 2(1), 59-81. http://dx.doi.org/10.56498/164212022

Kajin, S. (2018). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Literasi Digital terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif di MTsN Mojosari dan MTsN Sooko Mojokerto. Journal of Islamic Religious Instruction, 2(1), 133-142. http://dx.doi.org/10.32616/pgr.v2.1.119.133-142

Lazonder, A. W., Walraven, A., Gijlers, H., & Janssen, N. (2020). Longitudinal Assessment of Digital Literacy in Children: Findings from a Large Dutch Single-School Study. Computers & Education, 143, 1-8. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103681

Mustami, M. K. (2019). The Relationship Between Self-Adjustment, Social Support from Peers. And Self-Regulation with Learning Outcomes Among High School Students in Biology. Social Sciences & Humanity, 27(2), 925-935. Diakses dari http://repositori.uin-alauddin.ac.id/id/eprint/21924

Muyasaroh, U., Listyono, & Rofi'ah, N. L. (2021). Analisis Kemandirian Belajar Biologi Siswa MAN pada Masa Pandemi. Bioeduca: Journal of Biology Education, 3(2), 91-98. https://doi.org/10.21580/bioeduca.v3i2.8565

Prihatini, M., & Muhid, A. (2021). Literasi Digital terhadap Perilaku Penggunaan Internet Berkonten Islam di Kalangan Remaja Muslim Kota. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 6(1), 23-40. https://doi.org/10.33367/psi.v6i1.1307

Purnama, S., Ulfah, M., Machali, I., Wibowo, A., Narmaditya, B. S. (2021). Does Digital Literacy Influence Students’ Online Risk? Evidence from COVID-19. Heliyon, 7, 1-6. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e07406

Qudsiyah, M., & Nurhasanah, E. (2021). Pengaruh Literasi Digital terhadap Hasil Belajar Ekonomi di Era Pandemik COVID-19 Siswa Kelas XI SMA Negeri 6 Kota Tangerang Selatan. Pekobis: Jurnal Pendidikan, Ekonomi, dan Bisnis, 6(2), 31-41. https://doi.org/10.32493/pekobis.v6i2.P31-41.18576

Rahayu, D., & Adriansyah, M. A. (2014). Hubungan antara Kemandirian dan Gaya Belajar dengan Strategi Menyelesaikan Masalah pada Mahasiswa Ditinjau dari Jenis Kelamin. Jurnal Psikostudia Universitas Mulawarman, 3(1), 1-11. http://dx.doi.org/10.30872/psikostudia.v3i1.2242

Silalahi, D. E., Handayani, E. A., Munthe, B., Simanjuntak, M. M., Wahyuni, S., Mahmud, R., et al. (2022). Literasi Digital Berbasis Pendidikan. Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi. Diakses dari https://repository.uhn.ac.id › ...PDF LITERASI DIGITAL BERBASIS PENDIDIKAN - Repository UHN

Sudiyono, A. (2017). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sudyana, D. K., & Surawati, N. M. (2021). Analisis Penerapan Literasi Digital dalam Menciptakan Kemandirian Belajar Siswa Hindu di Masa Pandemi COVID-19. Widyanatya 3(1), 1-5. https://doi.org/10.32795/widyanatya.v3i1.1674

Wahyuni, A., Sari, N. K., & Sutrisno, T. (2021). Pengaruh Literasi Digital terhadap Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri 02 Ngadiluwih Kecamatan Matesih Kabupaten Karangayar Tahun Pelajaran 20202021. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 118-124. https://doi.org/10.26740/eds.v5n2.p118-124

Yusrizal. (2015). Tanya Jawab Seputar Pengukuran, Penilaian, dan Evaluasi Pendidikan. Banda Aceh: Syiah Kuala University. Diakses dari https://books.google.co.id/books/about/Tanya_Jawab_Seputar_Pengukuran_Penilaian.html?id=4PHQDwAAQBAJ&redir_esc=y

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

Debitama, H., Mustami, M. K., & Ali, A. (2024). HUBUNGAN ANTARA LITERASI DIGITAL DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK DITINJAU DARI JENIS KELAMINNYA. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi , 8(1), 11–19. https://doi.org/10.32502/didaktikabiologi.v8i1.47