E-Flipbook Untuk Materi Fitoplankton: Inovasi Media Pembelajaran Digital Biologi
DOI:
https://doi.org/10.32502/didaktikabiologi.v9i2.507Keywords:
E-Flipbook, Media Pembelajaran Digital, Protista Mirip Tumbuhan (Fitoplankton)Abstract
Sub-materi Protista Mirip Tumbuhan (Fitoplankton) menjadi salah satu materi Biologi yang tergolong sulit karena mempelajari objek berukuran mikroskopis. Banyak sekolah mempunyai keterbatasan fasilitas dalam mengobservasi benda renik sehingga diperlukan adanya alat bantu untuk memperjelas materi agar lebih mudah dipahami siswa. E-flipbook menjadi salah satu media yang dapat mengatasi keterbatasan waktu dan kesulitan siswa dalam mempelajari materi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan e-flipbook yang dapat digunakan dalam pembelajaran Sub-materi Protista mirip Tumbuahan. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D), dengan model pengembangan 3 tahap yaitu pra-produksi, produksi dan pasca-produksi. E-flipbook divalidasi menggunakan lembar angket validasi instrumen dengan penilaian skala Guttman dan validasi media dengan skala Likert. Lembar angket validasi media terdiri dari 4 aspek (format, isi, bahasa dan kepraktisan) dengan 18 kriteria. Validasi media e-flipbook dilakukan oleh 5 validator yang merupakan 2 dosen Pendidikan Biologi FKIP UNTAN dan 3 guru Biologi kelas X SMA/Sederajat. Validasi isi dilihat dari nilai Content Validity Ratio (CVR) dan Content Validity Index (CVI). Seluruh nilai CVR dan CVI = 1,00, menunjukkan media valid dan layak digunakan. Kehadiran E-flipbook berpotensi sebagai alternatif media digital yang dapat menjadi solusi pembelajaran Biologi, khususnya dalam menjembatani keterbatasan visualisasi Sub-materi Protista Mirip Tumbuhan kelas X.
References
A’ayun, N.A.Q., Perdana, T.A.P., Pramono, P.A., & Laily, A.N. (2015). Identifikasi Fitoplankton di Perairan yang Tercemar Lumpur Lapindo, Porong Sidoarjo. Jurnal BIOEDUKASI, 8(1), 85–51. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v8i1.3414
Adam, S., & Syastra, M.T. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X SMA Ananda Batam. CBIS Journal, 3(2), 78–90. Retrieved from https://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/cbis/article/view/400/258
Aisyah, S., & Mustaji. (2023). Efektivitas Flipbook Digital Pada Materi IPAS Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa di SMK Yapalis Krian. ETJ: Educational Technology Journal, 3(1), 8–14. Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/etj
Arista, H., Syamswisna, & Titin. (2019). Kelayakan Media Flipbook Pada Submateri Konsep Keanekaragaman Hayati di SMA Kelas X. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(4), 1–8. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v8i4.32908
Asyhar, R. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Referensi: Jakarta.
Bestari, I.A.P. (2024). Pengembangan Aplikasi Android Kamus Morfologi Tumbuhan Berilustrasi untuk Meningkatkan Penguasaan Istilah Ilmiah. Wahana Matematika dan Sains. Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya, 18 (1), 40-54. https://doi.org/10.23887/wms.v18i1.77044
Dita, S. U. N., Daningsih, E., & Candramila, W. (2023). Community structure of Phytoplankton in Downstream of the Segedong River, Kubu Raya Regency, West Kalimantan. Arwana: Jurnal Ilmiah Program Studi Perairan, 5(2), 184–195. https://doi.org/10.51179/jipsbp.v5i2.2250
Harfian, B.A.A., & Fadillah, E.N. (2021). Analisis Kelayakan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning dengan Pendekatan Saintifik pada Mata Pelajaran Biologi SMA. Prosiding Seminar Nasional Biologi yang Diselenggarakan Oleh Universitas Negeri Padang, September 2021. Padang: Universitas Negeri Padang. https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol1/118
Hasmiati, Rukmana, M., Agustina, T.P., & Watung. (2023). Pengembangan Modul Biologi Berbasis Potensi Lokal Kabupaten Enrekang pada Materi Plantae untuk Siswa Kelas X SMA. Jurnal Biotek, 11(1), 1–13. https://doi.org/10.24252/jb.v11i1.37011
Hertika, A.M.S., Arsad, S., & Putra, R.B.D. S. (2021). Ilmu Tentang Plankton dan Perananya di Lingkungan Perairan. Malang: Universitas Brawijaya Press.
Ikbal, M., Alberida, H., & Ahda, Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Transkripsi dan Translasi untuk Mata Kuliah Genetika. BiosciED: Journal of Biological Science and Education, 2(1), 36–46. https://doi.org/https://doi.org/10.37304/bed.v2i1.2739
Kamelia, N., Yeni, L.F., & Candramila, W. (2022). Pengembangan Flash Flipbook sebagai Media Pembelajaran pada Submateri Peranan Jamur di Kelas X SMA. Bioscientist: Jurnal Ilmiah Biologi, 10(1), 252–265. https://doi.org/10.33394/bioscientist.v10i1.4999
Kartini, K.S., & Putra, I.N.T.A. (2022). Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Hidrokarbon. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 117-125. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.41877
Kustandi, C., Zianadezdha, A., Fitri, A.K., Farhan, M., & Agustia, N. (2021). Pemanfaatan Media Visual Dalam Tercapainya Tujuan Pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan Akademika, 10(2), 291–299. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i02.1402
Lawshe, C.H. (1975). A Quantitative Approach to Content Validity. Purdue University: Personnel Psychology.
Middleton, J., Bursch, C., Maurer, J., & Masui, R. (2021). Marine Phytoplankton of South-Central Alaska. Alasca Center for Concervation Science: University of Alaska, Anchorage.
Muallifah, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Flipbook Interaktif Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Sumber Belajar Muatan IPS Siswa Kelas V SDN 1 Wulung Blora. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Semarang. http://lib.unnes.ac.id/39211/1/1401416009.pdf
Mursidi, A.P., Prananto, I.W., Arifani, F., & Setyawati, R. (2022). Pengembangan Flipbook Interaktif untuk Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar pada Materi Siklus Air. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 128–141. https://doi.org/10.30659/pendas.9.2.128-141
Niagara, Daningsih, E., & Titin. (2018). Kelayakan Flipbook Materi Berbagai Tingkat Keanekaragaman Hayati Indonesia dari Buah Pelutan, Senare, dan Ara. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(5), 1–8. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v7i5.25527
Novantara, P., & Herwanto, H. (2017). Implementasi dan Efektivitas Mobile Learning Dengan Menggunakan Metode Synchronous dan Asynchronous Learning pada Pembelajaran Bahasa Inggris di Universitas Kuningan Berbasis Android. Jurnal Buffer Informatika, 3(1), 22–27. https://doi.org/https://doi.org/10.25134/buffer.v3i1.932
Nufus, V.F., & Sakti, N.C. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Elektronik Berbasis Flipbook Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI. Jurnal PTK dan Pendidikan, 7(1), 27–35. https://doi.org/10.18592/ptk.v7i1.4633
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Misykat, 3(1), 171–187. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.33511/misykat.v3i1.52
Nuruliah, W., Syamswisna, & Yokhebed. (2017). Kelayakan Media Flash Flipbook Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 6(6), 1–13. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v6i6.20202
Panike, D.D. (2021). Analisis Kesalahan Ejaan Bahasa Indonesia Pada Karya Ilmiah Siswa Kelas XI SMA Negeri 05 Kepahiang. Skripsi, Tidak dipublikasikan. Institut Agama Islam Negeri Bengkulu. Retrieved from http://repository.iainbengkulu.ac.id/7001/1/SKRIPSI%20DWI%20DIAN%20PANIKE.pdf
Pradana, B.G.V., & Pratama, Y.M. (2022). Peran Digitalisasi Media Pembelajaran Terhadap Kualitas Pembelajaran. Jurnal Sosial Humaniora, 13(2), 145–153. Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/JSH/article/download/4989/3309/22648
Rachman, A., Rini, T.P.W., Anggreani, C., Alfiah, S., & Shalihah, U. (2023). Pemanfaatan Media TPAC (Technology, Paedagogy, And Content Knowledge) Bagi Guru di Kota Banjarmasin. Communnity Development Journal, 4(6), 13518–13521. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23028
Rahmawati, D., Wahyuni, S., & Yushardi. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook pada Materi Gerak Benda di SMP. Jurnal pembelajaran Fisika, 6(4), 326–332. https://doi.org/https://doi.org/10.19184/jpf.v6i4.6213
Rezeqi, S., Brata, W.W.W., Handayani, D., & Gani, A.R.F. (2020). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Taksonomi Organisme Tingkat Rendah Terhadap Capaian Pembelajaran Berbasis KKNI. Pelita Pendidikan, 8(2), 126–133. Retrieved from https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/pelita/index
Rizal, H.P., & Genisa, M.U. (2024). Validitas E-Modul Phet Interactive Simulation Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Terintegrasi Biologi Bagi Mahasiswa Pendidikan Biologi. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 8(1), 39–44. https://doi.org/https://doi.org/10.32502/didaktikabiologi.v8i1.101
Sadjati, I. M. (2012). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Universitas Terbuka.
Saparina, M., Suratman, D., & Nursangaji, A. (2020). Kelayakan Flipbook Digital Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Lingkaran di Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(9), 1–11. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v9i9.42466
Sari, F.F.K., & Atmojo, I.R.W. (2021). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Digital Berbasis Flipbook untuk Memberdayakan Keterampilan Abad 21 Siswa pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6079–6085. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1715
Sari, W.N., & Ahmad, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital di Sekolah Dasar. EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2819–2826. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1012
Sianturi, S., & Gultom, T. (2016). Analisis Kesulitan Hasil Belajar Dan Hubungannya Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pelajaran Biologi Siswa Kelas X Di SMA Negeri 1 Sidikalang Tahun Pembelajaran 2015/2016. Jurnal Pelita Pendidikan, 4(1), 170–178. https://doi.org/https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/pelita/article/view/3694/7329
Sofyan, D.A., & Zainuri, M. (2021). Analisis Produktivitas Primer dan Kelimpahan Fitoplankton di Perairan Estuari Daerah Bancaran Kecamatan Kota Bangkalan Kabupaten Bangkalan. Juvenil:Jurnal Ilmiah Kelautan dan Perikanan, 2(1), 47–52. https://doi.org/10.21107/juvenil.v2i1.9824
Sumartini, A.T., (2022). Efektivitas Penggunaan Bahan Ajar Flipbook dengan Platform Google Classroom dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(1), 103–126. https://doi.org/10.26811/didaktika.v6i1.752
Sundari, P.P.K. (2016). Identifikasi Fitoplankton di Perairan Sungai Pepe Sebagai Sebagai Salah Satu Anak Sungai Bengewan Solo di Jawa Tengah. Prosiding SNPBS yang Diselenggarakan Oleh Universitas Muhammadiyah Surakarta. 21 Mei 2016. Surakarta: Universitas Muhmmadiyah. Retrieved from http://hdl.handle.net/11617/8045
Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Susilana, R., & Riyana, C. (2007). Media Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.
Syafriani, R., & Apriadi, T. (2017). Keanekaragaman Fitoplankton di Perairan Estuari Sei Terusan, Kota Tanjungpinang. Jurnal LIMNOTEK, 24(2), 74–82. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.14203/limnotek.v24i2.150
Wijayanti, D.A.I., Margunayasa, I.G., & Arnyana, I.B.P. (2022). Pengembangan E-LKPD Berkearifan Lokal Catur Pramana Tema 7 Muatan IPA Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 6(1), 141–152. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v6i1.572
Yulaika, N.F., Harti, H., & Sakti, N.C. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Flip Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen dan Keuangan, 4(1), 67–76. https://doi.org/10.26740/jpeka.v4n1.p67-76