KETERAMPILAN METAKOGNITIF SISWA SMA NAHDLATUL WATHAN MATARAM PADA MATAPELAJARAN BIOLOGI

Authors

  • R. Didi Kuswara Universitas Nahdlatul Wathan Mataram
  • Lume Lume Universitas Nahdlatul Wathan Mataram
  • Fauzi Haryadi SMA Nahdlatul Wathan Mataram
  • Mahnep Mahnep SMA Nahdlatul Wathan Mataram
  • L Ependi SMA Nahdlatul Wathan Mataram
  • Nadzar Abd. Basith SMA Nahdlatul Wathan Mataram
  • Eka Marta Rahayu SMA Nahdlatul Wathan Mataram

DOI:

https://doi.org/10.32502/didaktikabiologi.v8i1.54

Keywords:

keterampilan, metakognitif, siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan melihat gambaran secara umum keterampilan metakognitif siswa kelas X SMA Nahdlatul Wathan (NW) Mataram yang terdiri dari kelas X MIA dan X IIS. Jenis penelitian ini ialah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang dihasilkan berbentuk statistik deskriptif dan verbal dengan tujuan untuk mendeskripsikan kemampuan metakognitif siswa khususnya pada matapelajaran biologi. Pengambilan data dilakukan dengan kuesioner keterampilan metakognitif siswa dari tiga aspek yakni perencanaan (planning), pemantauan (monitoring), dan evaluasi (evaluation). Berdasarkan ketiga aspek tersebut menunjukkan bahwa siswa kelas X SMA NW Mataram belum memiliki keterampilan metakognitif yang berkembang dengan baik bahkan dalam kategori rendah. Berdasarkan hasil penskoran kuesioner didapatkan bahwa lebih banyak siswa menjawab kadang-kadang (40.8%) pada aspek perencanaan, bahkan tidak pernah (40%) pada aspek pemantauan, kecuali pada aspek evaluasi 58.3% menjawab sering. Hal ini menunjukkan bahwa kesadaran mereka untuk melakukan perencanaan dan pemantauan terhadap proses belajarnya sangatlah rendah dan tentu hal ini berdampak pula terhadap hasil belajar. Namun tentu kesadaran mereka untuk mengevaluasi belajarnya menjadi dasar yang baik untuk perbaikan hasil belajarnya. Atas dasar inilah yang mengharuskan guru mampu merancang pembelajaran yang mengarah pada memaksimalkan dan meningkatkan metakognitif siswa.

References

Andriani, D., Rudibyani, R. B. & Sofya, E. (2017). Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi dan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 6(2), 308-320. Diakses dari https://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPK/article/view/13308

Azura, A. R., Kamariyah, N. & Taufiq, M. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Dengan Materi Perubahan Wujud Benda Kelas V di SD Al-islah Surabaya. Journal of Natural Science Education Reseach, 1(2), 171-180. https://doi.org/10.21107/nser.v1i2.5187

Corebima, A. D. (2006). Metakognisi: Suatu Ringkasan Kajian. Makalah. Disajikan dalam Pelatihan Metakognitif pada Pembelajaran Biologi untuk Guru-guru Biologi SMA. Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPKM) UNPAR, Palangkaraya, 23 Agustus 2006.

Lai, E. R. (2011). Metacognition: A Literature Review. Research Report. Pearson. Diakses dari https://nuovoeutile.it/wp-content/uploads/2015/11/Metacognition_Literature_Review_Final.pdf

Eriawati. (2013). Aplikasi Keterampilan Metakognitif Dalam Pembelajaran Ekosistem di MAN Rukoh. Biotik:Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan, 1(1), 1-66. http://dx.doi.org/10.22373/biotik.v1i1.214

Fauziah, D. R. (2013). Hubungan Keterampilan Metakognitif Terhadap Hasil Belajar Biologi dan Retensi Siswa Kelas X dengan Penerapan Strategi Pembelajaran Think Pair Share di SMA Negeri 6 Malang. Diakses dari https://www.researchgate.net/publication/322291711.

Jaya, K., Marpaung, R. R. T., Sikumbang, D. (2018). Pengaruh Discovery Learning Terhadap Keterampilan Metakognisi dan Hasil Belajar Peserta Didik SMP Negeri 14 Bandar Lampung. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekpresi Ilmiah, 6(6). Diakses dari https://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/16952

Kuswara, R. D., Ekaningtias, M., Lume, & Nurmiati. (2023). Peningkatan Aktivitas Belajar dan Keterampilan Metakognitif Siswa Kelas XI Dan XII MIA melalui Discovery Learning Berbasis Lesson Study. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 15(1), 27-40. https://doi.org/10.35457/konstruk.v15i1.2544

Kuswara, R. D., Ferdiana, S., Dipalaya, T., Sholihah, I. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Berbasis Lesson SStudy untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Keteraampilan Metakognitif Mahasiswa pada Matakuliah Pengembangan Kurikulum IPA SMP. Bioscientist: Jurnal Ilmiah Biologi, 9(2), 527-534. https://doi.org/10.33394/bioscientist.v9i2.4278

Lukitasari, M., Susilo, H., Ibrohim & Corebima, A. D. (2014). Lesson Study in Improving the Role of E-Portfolio on the Metacognitive Skill and Concept Comprehension: A Study on Cell Biology Subject in IKIP PGRI Madiun, Indonesia. American Journal of Educational Research, 2(10), 919-924. http://dx.doi.org/10.12691/education-2-10-11

Mangal, S.K., & Mangal, S. (2019). Learning and Teaching. Delhi: PHI Learning Private Limited.

Murni, A. (2019). Metakognisi Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal PRINSIP Pendidikan Matematika 1(2), 1-14. https://doi.org/10.33578/prinsip.v1i2.23

Purwaningsih, W. I. (2017). Hubungan Kemampuan Metakognitif dan Kemampuan Kognitif Mahasiswa Dalam Pembelajaran Learning Cycle 7e Berbantuan Microsoft Mouse Mischief. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 3(2), 56-66. https://dx.doi.org/10.37729/jpse.v3i2.4339

Rahman, S., Yasin, R. M., Ariffin. S. R. Hayati, N., & Yusoff, S. (2010). Metacognitive Skills And The Development Of Metacognition In The Classroom. Journal Education and Educational Technology. 347-351. Diakses dari https://www.researchgate.net/publication/265490071_Metacognitive_skills_and_the_development_of_metacognition_in_the_classroom

Rikmasari, R. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Think-Alouds Terhadap Perkembangan Metakognitif Dalam Pelajaran Bahasa Indonesia di SD. Jurnal PEDAGOGIK, 1(1). Diakses dari https://www.jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/1223/1090

Rosyida, F., Zubaidah, S., & Mahanal, S. Memberdayakan Keterampilan Berpikir Kritis dengan Model Pembelajaran Remap TmPS (Reading Concept Map Timed Pair Share). Proceeding Biology Education Conference, 16(1), 2528-5742. Diakses dari https://www.neliti.com/id/publications/171139/memberdayakan-keterampilan-berpikir-kritis-dengan-model-pembelajaran-remap-tmps#cite

Saputri, W & Corebima, A. D. (2020). The Correlation between Metacognitive Skills and Cognitive Learning Results of Biology Pre-service Teachers on Different Learnings. Journal of Turkish Science Education, 17(4), 487-503. http://dx.doi.org/10.36681/tused.2020.40

Sholihah, M., Zubaidah, S., Mahanal, S.(2015). Keterampilan Metakognitif Siswa SMA Negeri Batu Pada Mata Pelajaran Biologi. Prosiding Seminar Nasional Biologi / IPA dan Pembelajarannya yang diselenggarkan oleh FMIPA UM Tahun 2015. Diakses dari https://www.researchgate.net/publication/325247089_Keterampilan_Metakognitif_Siswa_SMA_Negeri_Batu_pada_Mata_Pelajaran_Biologi

Susanti, D., Anwar, C., Putra, F. G., Netriwati, Afandi, K & Widyawati, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Tipe POE dan Aktivitas Belajar terhadap Kemampuan Metakognitif. Jurnal Inovasi Matematika (Inomatika), 2(2), 93-105. Diakses dari https://inomatika.unmuhbabel.ac.id/index.php/inomatika/article/view/199/120

Wicaksono, A. G. C. (2014). Hubungan Keterampilan Metakognitif dan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA pada Pembelajaran Biologi dengan Strategi Reciprocal Teaching di Kabupaten Malang. Jurnal Pendidikan Sains, 2(2), 85-92. Diakses dari http://journal.um.ac.id/index.php/jps/article/download/4501/974

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

Kuswara, R. D., Lume, L., Haryadi, F., Mahnep, M., Ependi, L., Basith, N. A., & Rahayu, E. M. (2024). KETERAMPILAN METAKOGNITIF SISWA SMA NAHDLATUL WATHAN MATARAM PADA MATAPELAJARAN BIOLOGI . Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi , 8(1), 21–28. https://doi.org/10.32502/didaktikabiologi.v8i1.54