POTENSI ANURA DI DESA KINJIL PESISIR KABUPATEN KETAPANG SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI

Authors

  • Dilla Khastuti Universitas Muhammadiyah Pontianak
  • Anandita Eka Setiadi Universitas Muhammadiyah Pontianak
  • Mahwar Qurbaniah Universitas Muhammadiyah Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.32502/didaktikabiologi.v8i1.59

Keywords:

Anura, Desa Kinjil Pesisir, Sumber Belajar Biologi

Abstract

Desa Kinjil Pesisir terletak di pesisir pantai yang memiliki 3 tipe habitat yang disukai Anura yaitu pemukiman, perkebunan, dan persawahan. Desa Kinjil Pesisir berdekatan dengan lingkungan sekolah sehingga dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji potensi anura yang ada di Desa Kinjil Pesisir kabupaten Ketapang, provinsi Kalimantan Barat, untuk dimanfaatkan sebagai sumber belajar biologi. Penenelitian dilakukan melalui 2 tahapan yaitu tahap I dilakukan inventarisasi dan identifikasi jenis anura Desa Kinjil Pesisir melalui melalui metode VES (Visual Ecounter Survey), dan tahap II melalui analisis angket potensi anura sebagai sumber belajar yang diisi oleh guru Biologi SMAN 2 Ketapang, SMAN 3 Ketapang, SMAN 4 Ketapang, SMA Muhammadiyah Ketapang, dan SMA Ma’arif Ketapang. Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian tahap I menemukan 12 individu anura dari 3 spesies yang ditemukan di 3 tipe habitat berbeda di Desa Kinjil Pesisir. Hasil penelitian tahap II menunjukan bahwa anura di desa Kinjil Pesisir berpotensi sebagai sumber belajar dan sesuai dengan submateri pokok kelas X, yaitu keanekaragaman hayati, klasifikasi mahluk hidup, ekologi,dan ruang lingkup biologi.

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

Dilla Khastuti, Setiadi, A. E., & Qurbaniah, M. (2024). POTENSI ANURA DI DESA KINJIL PESISIR KABUPATEN KETAPANG SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi , 8(1), 1–10. https://doi.org/10.32502/didaktikabiologi.v8i1.59