PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS LEARNING CYCLE 7E UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI VIRUS
DOI:
https://doi.org/10.32502/didaktikabiologi.v8i1.63Keywords:
LKPD, Learning Cycle 7E, Pemahaman konsep, virusAbstract
Lembar kerja Peserta Didik (LKPD) ideal semestinya mampu mendorong keterlibatan aktif peserta didik dalam proses pembelajaran, mengembangkan kemampuan berpikir, serta memberikan pengetahuan baru yang diperoleh melalui kegiatan belajar yang sistematis. Namun demikian, masih dijumpai pembelajaran yang menggunakan LKPD hanya memuat kumpulan soal dan ringkasan materi, sehingga belum mampu meningkatkan aktifitas peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yakni menganalisis kelayakan LKPD berbasis Learning Cycle 7E berdasarkan aspek validitas dan praktikalitas serta menganalisis peningkatan pemahaman konsep peserta didik. LKPD dikembangkan melalui model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) dan diimplementasikan melalui desain pre-eksperimental. Hasil validasi LKPD oleh ahli bahan ajar dan ahli materi memperoleh persentase masing-masing sebesar 76,38% dan 83% dengan kriteria sangat layak; sementara penilaian aspek praktikalitas oleh guru dan peserta didik menunjukkan persentase masing-masing sebesar 97,91% dan 83,32% dengan kriteria sangat layak. Hasil uji t juga menunjukkan bahwa pemberian LKPD berbasis Learning Cycle 7E berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan pemahaman konsep peserta didik, dengan efektivitas sedang (N-Gain = 0,7). Dengan demikian, LKPD berbasis Learning Cycle 7E layak digunakan serta memainkan peran yang signifikan dalam meningkatkan pemahaman konsep peserta didik.
References
Amanullah, M. R., Suryadarma, I. G. P., & Wibowo, W. S. (2017). Pengembangan LKPD Berbasis Learning Cycle 7E Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Pemahaman Konsep. Jurnal TPACK IPA, 6(5), 284-289. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/ipa/article/view/7247/6912
Ani, N. I., & Lazulva, L. (2020). Desain dan Uji Coba LKPD Interaktif dengan Pendekatan Scaffolding pada Materi Hidrolisis Garam. Journal of Natural Science and Integration, 3(1), 87-105. http://dx.doi.org/10.24014/jnsi.v3i1.9161
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arimadona, S. (2017). Pengembanga Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Integrasi Islam Sains. Jurnal Penelitian Rokania, 1(2), 89-98. https://e-jurnal.stkiprokania.ac.id/index.php/jpr/article/view/71
Balta, N., & Sarac, H. (2016). The effect of 7E learning cycle on learning in science teaching: A meta-analysis study. European Journal of Educational Research, 5(2), 61-72. https://doi.org/10.12973/eu-jer.5.2.61
Choo, S. S., Rotgans, J. I., Yew, E. H., & Schmidt, H. G. (2011). Effect of worksheet scaffolds on student learning in problem-based learning. Advances in health sciences education, 16, 517-528. DOI https://doi.org/10.1007/s10459-011-9288-1
Dolmans, D. H., & Schmidt, H. G. (2006). What do we know about cognitive and motivational effects of small group tutorials in problem-based learning?. Advances in health sciences education, 11, 321-336. https://doi.org/10.1007/s10459-006-9012-8
Sarac, H. (2018). The effect of learning cycle models on achievement of students: A meta-analysis study. International Journal of Educational Methodology, 4(1), 1-18. https://doi.org/10.12973/ijem.4.1.1
Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. USA: Spinger.
Darmawan, H., & Nawawi, N. (2020). Pengembangan media pembelajaran interaktif dan lembar kerja siswa pada materi virus. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 5(1), 27-36. https://doi.org/10.31932/jpbio.v5i1.573
Dewi, T. N. C & Susilowibowo, J. (2016). Pengembangan LKS dalam Rangka Menunjang Pembelajaran Berbasis Scientific Aproach pada Materi Laporan Keuaangan Perusahaan Jasa. Jurnal Pendidikan, 4(3), 1-6. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/17055
Firdausichuuriyah, C. (2017). Keterlaksanaan Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Kelas X SMAN 4 UNESA. Journal of Chemical Education, 6(2), 184-189. https://doi.org/10.26740/ujced.v6n2.p%25p
Khairini, R., & Yogica, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbentuk Android Packaging Kit (APK) pada Materi Virus. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 406-413. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.38502
Kurniati, T., Yusup, I. R., Hermawati, A. S., Kusumahwardani, D., Wijayanti, D., & Irhamudzikri, I. (2021). Respon Guru terhadap Kendala Proses Pembelajaran Biologi di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 40-46. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.765
Kurniawati, F.E., & Miftah, M. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Aqidah Ahklak di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Penelitian, 9(2), 367-388. http://dx.doi.org/10.21043/jupe.v9i2.1326
Mawarti, H., Soputra, D., Kusumawati, I., Sarimusrifah, S., Wijayanti, C. D. W., Syafii, F, & Fauzi, A. Z. (2022). Mikrobiologi. Kendari: Yayasan Kita Menulis.
Marfilinda, R., Rossa, R., Jendriadi, J., & Apfani, S. (2020). The Effect of 7E Learning Cycle Model toward Students' Learning Outcome of Basic Science Concept. Journal of teaching and learning in Elementary Education, 3(1), 77-87. http://dx.doi.org/10.33578/jtlee.v3i1.7826
Parawansa, D. A. (2021). Respon Siswa Terhadap Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Keterampilan Proses Sains pada Materi Virus Siswa Kelas X SMA Negeri 11 Makassar (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar). http://eprints.unm.ac.id/19272/1/Artikel%20Dirgah%20Agum%20Parawansa%20%281614042029%29.pdf
Rahayu, Y. S., Pratiwi, R., & Indana, S. (2018). Development of biology student worksheets to facilitate science process skills of student. In IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 296(1), 1-11. 10.1088/1757-899X/296/1/012044
Saputri, D., & Widyaningrum, T. (2016). Misconceptions analysis on the virus chapter in biology textbooks for high school students grade X. International Journal of Active Learning, 1(1), 30-37. https://www.learntechlib.org/p/208698/.
Sarita, R., & Kurniawati, Y. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Kimia Berbasis Keterampilan Generik Sains. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry (On Progress), 12(1), 31-39. https://doi.org/10.22437/jisic.v12i1.7846
Satriawan, M., & Rosmiati, R. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Kontekstual dengan Mengintegrasikan Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika pada Mahasiswa. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 6(1), 1212-1217. https://doi.org/10.26740/jpps.v6n1.p1212-1217
Setiyadi, M.W. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Learning Cycle (7E) pada Materi Plantae. Jurnal Pijar MIPA: 16(2), 186-190. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i2.2304
Sucipta, A. A. G. N., Suastra. I. W., & Sadia, I. W. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Heuristik Vee Terhadap Pemahaman Konsep Fisika dan Sikap Ilmiah Siswa SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1). https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/article/view/1309
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Bandung: Alfabeta.
Wahyuni, K. S. P., Candiasa, I. M., & Wibawa, I. M.C. (2021). Pengembangan E-LKPD Berbasis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Mata Pelajaran Tematik Kelas IV Sekolah Dasar. PENDASI. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(2), 301-311. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i2.476
Yaden, Z. (2017). A Development of students’ worksheet based on contextual teaching and learning. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 16(6), 64-79. https://www.ijlter.org/index.php/ijlter/article/view/951