Profil Kebutuhan Belajar Peserta Didik untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis di SMAN 1 Sirah Pulau Padang
DOI:
https://doi.org/10.32502/didaktikabiologi.v9i2.766Keywords:
kebutuhan belajar, keterampilan berpikir kritis, motivasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran kebutuhan belajar di SMAN 1 Sirah Pulau Padang, ditinjau dari variabel bahan ajar, materi ajar, media pembelajaran, model pembelajaran dan kompetensi peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif melalui penyebaran angket kepada 170 peserta didik kelas X dan 3 guru biologi. Data hasil pengisian angket dianalisa dengan teknik analisis deskriptif. Hasil dari angket yang diisi oleh peserta didik menunjukkan 78,64% penggunaan bahan ajar berupa buku paket, materi yang dianggap sulit inovasi teknologi biologi sebanyak 35,21% dan media pembelajaran yang disukai adalah media komik dengan persentase 44,6%. Motivasi belajar ditinjau dari pemilihan tugas, usaha dan kegigihan dalam menyelesaikannya menunjukkan persentase masing-masing 55,5%, 64,2% dan 82,5%. Selain itu, data dari angket yang diisi oleh guru menyatakan model pembelajaran yang sering digunakan adalah 42,4% menerapkan model PBL, kompetensi yang belum banyak dikuasai oleh peserta didik adalah keterampilan berpikir kritis sebanyak 31,04. Berdasarkan profil kebutuhan belajar yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa perlu dikembangkan media komik berbasis PBL untuk meningkatkan motivasi belajar dan keterampilan berpikir kritis pada materi inovasi teknologi biologi.
References
Alfahnum, M. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Komik Berbasis Budaya Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 4(1), 23–33. https://doi.org/10.37859/eduteach.v4i1.4468
Anggrena, A. A. S. O.,Putri, A. M., & Gusmaneli. (2024). Penerapan Dasar Dan Tujuan Pendidikan Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Kelas. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 2(3), 919–922. Retrieved from https://jurnal.ittc.web.id/index.php/jpdsk/article/view/1722
Ardianti, R., Sujarwanto, E., & Surahman, E. (2021). Problem-based learning: Apa dan bagaimana. Diffraction: Journal for Physics Education and Applied Physics, 3(1), 9–14. Retrieved from https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/Diffraction/article/view/4416
Azmi, I., Prasetya, D. S. B., & Sabrun, S. (2025). Profil Berpikir Kritis Siswa SMP pada Mata Pelajaran IPA. Journal of Classroom Action Research, 7(1), 163–175. https://doi.org/10.29303/jcar.v7i1.10570
Bahja, A. W. T., Hakim, L., & R., A. A. (2025). Literature Review : Analisis Model Pembelajaran Efektif dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah. Konstruktivisme, 17(1). https://doi.org/10.35457/konstruk.v17i1.3651
Dhera, M. M., Ti’a, E., Lawe, Y. U., & Sego, M. I. S. (2024). Analisis Kebutuhan Siswa serta Kesiapan Belajar Siswa Melalui Pendekatan Berdiferensiasi dalam Pembelajaran pada Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(4), 9. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i4.827
Ennis, R. (2011). Critical Thinking: Reflection and Perspective Part I. Inquiry: Critical Thinking Across the Disciplines, 26(1), 4–18. https://doi.org/10.5840/inquiryctnews20112613
Fariq, W. M. (2023). Analisis Deskriptif Inovasi Strategi dan Metode Pembelajaran dalam Kerangka Merdeka Belajar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(3), 189–202. https://doi.org/10.58230/27454312.215
Gandasari, P., & Pramudiani, P. (2021). Pengaruh Aplikasi Wordwall terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3689–3696. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1079
Genisa, M. U., & Angraini, E. (2023). Sustainable environment in the classroom: Exploring environmental socioscientific issues (ESSI) using Mongabay online news site. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 9(3), 301–307. https://doi.org/10.22219/jpbi.v9i3.29024
Genisa, M. U., Subali, B., Djukri, Agussalim, A., & Habibi, H. (2020). Socio-scientific issues implementation as science learning material. International Journal of Evaluation and Research in Education, 9(2), 311–317. https://doi.org/10.11591/ijere.v9i2.20530
Gunawan, P., & Sujarwo. (2022). Pemanfaatan Komik Sebagai Media Pembelajaran Sejarah dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Journal of History Education and Historiography, 6(1), 2022. https://doi.org/10.26740/kjhi.v6i1.17948
Hadianty, H., Rochman, C., & Rahmawati, R. (2025). Evaluasi Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bioteknologi dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains: (Evaluation of Student Learning Outcomes on Biotechnology Material in Improving Scientific Literacy Skills). BIODIK, 11(1), 180–188. https://doi.org/10.22437/biodik.v11i1.41244
Halim, R. S., Wardhani, S. S., Genisa, M. U., & Astriani, M. M. (2025). Evaluasi Nilai Literasi Dan Numerasi Rapor Pendidikan Sman 1 Sirah Pulau Padang Tahun 2023 dan 2024. Jurnal Education And Development, 13(1), 649–654. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/ed.v13i1.6901
Insani, G. N., Rustini, T., & Nurjaman, A. R. (2025). Pengaruh Model Radec Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPS Materi Keragaman Budaya Kelas IV SD. Educatio, 20(1), 155–164. https://doi.org/10.29408/edc.v20i1.29482
Komarudin, E., Qomariyah, S., Muslihat, E., & Kusban, H. (2025). Implementasi Pendidikan Berbasis Boarding School di MAN 2 Sukabumi. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 4(1), 78–94. https://doi.org/10.30640/dewantara.v4i1.3804
Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran. Surabaya: Bintang Sutabaya.
Kristina, M., Nagara, E. S. (2023). The Use Of Visual Media As One Alternative To Improve Students’ Learning Motivation. JECE, 1(2), 49–58. https://doi.org/10.56327/jece.v1i2.33
Kurnianingsih, H. (2023). Pemanfaatan Media Komik Sains dalam Meningkatkan Minat Belajar Biologi Siswa SMK. Prosiding Dewantara Seminar Nasional Pendidikan, 1(2). Retrieved from https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/d-semnasdik/article/view/803
Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Ayu Amalia, D., & Muhammadiyah Tangerang, U. (2020). Analisis Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 311–326. Retrieved from https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
Mantau, B. A. K., & Talango, S. R. (2023). Pengintegrasian Keterampilan Abad 21 Dalam Proses Pembelajaran (Literature Review). Irfani : Jurnal Pendidikan Islam, 19(1), 86–107. https://doi.org/10.30603/ir.v19i1.3897
Manurung, J., Haloho, B., & Napitu, U. (2023). Mengembangkan Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SD. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 8(2), 676. https://doi.org/10.58258/jupe.v8i2.5596
Marhamah, & Zikriati. (2024). Mengenal Kebutuhan Peserta Didik Diera Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(1), 89–106. Retrieved from https://jurnal.fanshurinstitute.org/index.php/wathan%7C89
Masrinah, E. N., Aripin, I., & Gaffar, A. A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA 1 Maja. PEDAGOGI BIOLOGI (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi), 1(1), 26–34. https://doi.org/10.31949/pb.v1i01.4677
Nafala, N. M. (2022). Implementasi Media Komik Dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Al-Fikru : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(1), 114–130. https://doi.org/10.55210/al-fikru.v3i1.571
Purwanti, Y., Khoiroh, A., & El-Yunusi, M. Y. M. (2025). Peran Pendidikan Dalam Perspektif Filsafat Esensialisme. Educatio, 20(1), 243-252. https://doi.org/10.29408/edc.v20i1.27240
Putri, D. P. eka, & Djumanto, D. (2022). Review: Integrasi Media Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka Belajar di Lingkungan Siswa SMK. Edugama: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 8(1), 1-20. https://doi.org/10.32923/edugama.v8i1.2468
Rachmawati, N. S. A., & Nurlaili, E. I. (2024). Hubungan Self-Efficacy Akademik dan Motivasi Akademik Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 12 Surabaya. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 12(2), 297–307. https://doi.org/10.26740/jupe.v12n2.p297-307
Rahayu, S. ., Hadi, K. A. ., Wahyudi, & Sutrio. (2023). Pelatihan pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) untuk keefektifan presentasi yang menarik dan komunikatif. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(4), 1268–1271. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i4.6601
Rosa, E., Destian, R., Agustian, A., & Wahyudin, W. (2024). Inovasi Model dan Strategi Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Journal of Education Research, 5(3), 2608–2617. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1153
Saputra, H. (2020, April 26). Kemampuan Berfikir Kritis Matematis. Retrieved from https://doi.org/10.17605/OSF.IO/TJ76P
Sari, F. K., & Rusmanto, A. (2022). Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Kurikula: Jurnal Pendidikan, 7(1), 20–24. https://doi.org/10.56997/kurikula.v7i1.706
Schunk, D. H., Pintrich, P. R., & Meece, J. L. (2012). Motivasi dalam pendidikan: Teori, penelitian, dan aplikasi (Terj. Ellys Tjo, dkk.). Jakarta: Indeks.
Sucitno, F., Sumarna, N., & Silondae, D. P. (2020). Pengaruh Self-Efficacy Terhadap Motivasi Belajar Pada Siswa. Jurnal Sublimapsi, 1(3), 114–119. https://doi.org/10.36709/sublimapsi.v1i3.14307
Supardi. (2020). Landasan Pengembangan Bahan Ajar: Menunju Kemandirian Pendidik Mendesain Bahan ajar Berbasis Kontekstual. Mataram: Sanabil.
Tamara, F., Yusnita, Y., & Ermayanti, E. (2024). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Peserta Didik. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 7(2), 71–81. https://doi.org/10.32502/dikbio.v7i2.6771
Topkaya, Y., & Doğan, Y. (2020). The Effect of Educational Comics on Teaching Environmental Issues and Environmental Organizations Topics in 7th Grade Social Studies Course: A Mixed Research. Education and Science, 45(201), 167–188. https://doi.org/10.15390/eb.2019.8575
Ummah, D. N., & Nadlir, N. (2023). Konsep Kurikulum Merdeka Dan Integrasi Media Pembelajaran Berbasis Digital Pada Jenjang Sekolah Dasar. Elementeris : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 5(1), 26–38. https://doi.org/10.33474/elementeris.v5i1.18907
Zetkas, E., Harahap, F., & Edi, S. (2016). Analisis Pemahaman dan Kesulitan Belajar Siswa Materi Bioteknologi Berdasarkan Indikator Kelas IX SMP Se-Kota Padang Sidempuan. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(3), 154–159. https://doi.org/10.24114/jpb.v5i3.4314
Zulfiah, I. A., Hidayah, N., & Negara, H. S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Berbasis Virtual pada Kelas V SD/MI. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 9(1), 59-68. https://doi.org/10.24042/terampil.v9i1.10952