PENGEMBANGAN MULTIMEDIA CHATBOT UNTUK MEREMEDIASI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK

Authors

  • Aulia Novitasari UIN Raden Intan Lampung
  • Rekha Azhra Fauza UIN Raden Intan Lampung
  • Meita Dwi Solviana UIN Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.32502/didaktikabiologi.v8i1.78

Keywords:

Pengembangan, Multimedia Chatbot, Miskonsepsi

Abstract

 

Konsep merupakan aspek krusial yang harus dimiliki oleh peserta didik. Konsep yang tidak sesuai mengakibatkan munculnya konsep baru, jika tidak atasi dengan baik, konsep tersebut tetap menjadi bagian dari struktur kognitif dan menyebabkan miskonsepsi yang berdampak pada pemahaman materi lainnya. Tujuan penelitian ini mengetahui prosedur pengembangan, kelayakan, dan keefektifan multimedia chatbot untuk meremediasi miskonsepsi peserta didik kelas XI pada materi sistem gerak manusia. Jenis penelitian ini yaitu Research and Development (R&D) menggunakan metode ADDIE dengan tahapan yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Teknik pengumpulan data yakni angket validasi dan angket respon terhadap multimedia chatbot, dan tes diagnostik miskonsepsi. Analisis data menggunakan kategori tingkat miskonsepsi, uji independent sample t-test, dan uji N-Gain. Spesifikasi produk chatbot berisi gambar, video, audio, materi sistem gerak manusia, dan menu tambahan yakni petunjuk penggunaan, rangkuman, peta konsep, profil pengembang, glosarium, dan latihan. Hasil kelayakan menunjukkan kategori sangat layak dari validasi ahli materi, media, bahasa, dan juga angket respon peserta didik. Keefektifan dilihat dari N-Gain pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Hasil tes diagnostik menunjukkan tingkat miskonsepsi peserta didik kelas eksperimen lebih rendah dibandingkan kelas kontrol, yang artinya multimedia chatbot sangat layak dan efektif untuk meremediasi miskonsepsi peserta didik.

References

Adamopoulou, E., & Moussiades, L. (2020). An Overview of Chatbot Technology. In IFIP Advances in Information and Communication Technology: 584, IFIP (Issue May). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-49186-4_31

Almalki, M., & Azeez, F. (2020). Health chatbots for fighting COVID-19: A scoping review. Acta Informatica Medica, 28(4), 241–247. https://doi.org/10.5455/AIM.2020.28.241-247

Armansyah, F., Sulton, & Sulthoni. (2019). Multimedia Interaktif sebagai Media Visualisasi Dasar-Dasar Animasi. JKTP Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(3), 224–229. http://dx.doi.org/10.17977/um038v2i32019p224

Azhar, A. (2011). Media Pembelajaran. PT RajaGrafindo Persada.

B H, R. (2018). Impact of Artificial Intelligence on Cyber Security. International Journal of Computer Sciences and Engineering, 6(12), 341–343. http://dx.doi.org/10.26438/ijcse/v6i12.341343

Bastomi, K., Winarto1, & Purwaningsih1, E. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Seminar Nasional Fisika Dan Pembelajarannya. Seminar Nasional Fisika Dan Pembelajarannya, 2, 192–193. diakses dari http://conference.um.ac.id/index.php/fis/article/view/152

Fridatama, T. dan A. N. W. (2021). Analisis Miskonsepsi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Pokok Bahasan Persamaan Garis Singgung Lingkaran di SMA Negeri 2 Karanganyar Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika (JPMM), 5(5), 201–210. https://dx.doi.org/10.20961/jpmm%20solusi.v5i5.59030

Han, J.-W., Park, J., & Lee, H. (2022). Analysis of the effect of an artificial intelligence chatbot educational program on non-face-to-face classes: a quasi-experimental study. BMC Medical Education, 22(830), 1–10. https://doi.org/10.1186/s12909-022-03898-3

Hanifah, K., Suharsono, S., & Hernawati, D. (2022). Identifikasi Miskonsepsi Peserta Didik Pada Konsep Ekosistem Menggunakan Certainty Of Response Index (CRI). Jurnal BIOEDUIN : Program Studi Pendidikan Biologi, 12(2), 66–75. https://doi.org/10.15575/bioeduin.v12i2.20118

Hasyim, W., Suwono, H., & Susilo, H. (2018). Three-Tier Test to Identify Students Misconception of Human Reproduction System. Jurnal Pendidikan Sains, 6(2), 248–252. http://dx.doi.org/10.17977/jps.v6i2.11684

Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042

Ilfiyati, U., & Rahayu, R. (2022). Profil Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Langsung. Seminar Nasional Pendidikan Matematika (Snapmat) 2022, 118–125. Diakses dari https://conference.umk.ac.id/index.php/snapmat/article/view/188/197

Irani, N. V., Zulyusri, Z., Darussyamsu, R. (2020). Miskonsepsi Materi Biologi SMA dan Hubungannya dengan Pemahaman Siswa. Jurnal Biolokus: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi Dan Biologi, 3(2), 348–355. http://dx.doi.org/10.30821/biolokus.v3i2.823

Izza, R. I., Nurhamidah, N., & Elvinawati, E. (2021). Analisis Miskonsepsi Siswa Menggunakan Tes Diagnostik Esai Berbantuan Cri (Certainty of Response Index) Pada Pokok Bahasan Asam Basa. Alotrop, 5(1), 55–63. https://doi.org/10.33369/atp.v5i1.16487

Kusumawati, D. L., Ugito, & Mustadi, A. (2021). Kelayakan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dalam Memotivasi Siswa Belajar Matematika. KWANGSAN: Jurnal Teknologi Pendidikan, 09(01), 31–51. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v9n1.p31--51

López-meneses, E., Sirignano Fabrizio, M., Vázquez-cano, E., & Ramírez-Hurtado M, J. (2020). University students ’ digital competence in three areas of the DigCom 2 . 1 model : A comparative study at three European universities. Australasian Journal of Educational Technology, 36(3), 69–88. http://dx.doi.org/10.14742/ajet.5583

Maison, Safitri, I. C., & Wardana, R. W. (2019). Temperature and Calor Topic Using Four-Tier Diagnostic. Edusains, 11(2), 195–202. Diakses dari http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/edusains

Mathew, A. N., Rohini, V., & Paulose, J. (2021). NLP-based personal learning assistant for school education. International Journal of Electrical and Computer Engineering, 11(5), 4522–4530. https://doi.org/10.11591/ijece.v11i5.pp4522-4530

Megantoro, P., & Sukarmin. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif RMR Sebagai Pendeteksi Dan Pereduksi Miskonsepsi Pada Materi Redoks Dengan Strategi Conceptual Change Text. Jurnal Teknologi Pendidikan, 14(1), 19–28. https://doi.org/10.24114/jtp.v14i1.22240

Mukhlisa, N. (2021). Miskonsepsi Pada Peserta Didik. SPEED Journal : Journal of Special Education, 4(2), 66–76. https://doi.org/10.31537/speed.v4i2.403

Neo, M. (2022). the Merlin Project: Malaysian Students’ Acceptance of an Ai Chatbot in Their Learning Process. Turkish Online Journal of Distance Education, 23(3), 31–48. https://doi.org/10.17718/tojde.1137122

Pelita, L. (2021). Pengaruh Model Elicit , Confront , Identify , Resolve , Reinforce ( Ecirr ) Untuk Mereduksi Miskonsepsi Peserta Didik Kelas XI Pada Mata Pelajaran Biologi. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung. Diakses dari http://repository.radenintan.ac.id/14919/

Pratama, S., Idrus, A. A. I. Al, Kusmiyati, K., & Setiadi, D. (2021). Identifikasi Pemahaman Konsep Sistem Reproduksi dengan Menggunakan Instrumen Three Tier Test di Lombok Barat. Jurnal Pijar Mipa, 16(1), 30–38. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i1.2126

Purwaningsih, S. W., & Marlina, R. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Smp Kelas VII Pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(3), 639–648. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i3.639-648

Radiusman, R. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Anak Pada Pembelajaran Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1-8. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8

Sa’diyah, E. Z., & Sukarmin, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif C-Bonds untuk Mendeteksi dan Mereduksi Miskonsepsi dengan Strategi Conceptual Change Text. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(4), 1039-1050. https://doi.org/10.33394/jk.v7i4.3443

Sarumaha, R. (2023). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Himpunan Di Smp N 3 Dharma Caraka Telukdalam T.P 2021/2022. Jurnal Education and Development, 11(2), 342–347. https://doi.org/10.37081/ed.v11i2.4812

Sopiany, H. N., & Rahayu, W. (2019). Analisis Miskonsepsi Siswa Ditinjau Dari Teori Kontruktivisme Pada Materi Segiempat. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 185–200. https://doi.org/10.22342/jpm.13.2.6773.185-200

Tenzer, A., Handayani, N., & Daniarsih, A. (2022). Identifikasi Miskonsepsi Materi Sistem Reproduksi Pada Buku Teks Sma Kelas Xi Di Kota Malang. Jurnal Pendidikan Biologi, 13(1), 11–23. https://doi.org/10.17977/um052v13i1p11-23

Vanichvasin, P. (2021). Chatbot Development as a Digital Learning Tool to Increase Students ’ Research Knowledge. 14(2), 44–53. https://doi.org/10.5539/ies.v14n2p44

Varitimiadis, S., Kotis, K., Pittou, D., & Konstantakis, G. (2021). Graph‐based conversational ai: Towards a distributed and collaborative multi‐chatbot approach for museums. In Applied Sciences (Switzerland), 11(19), 1-34. https://doi.org/10.3390/app11199160

Wijaya, A. P., Yunarti, T., & Ludinsyah, J. (2019). Efektivitas Pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review Ditinjau Dari Pemahaman Konsep Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(2), 333-343. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i2.2128

Zukhrul, K. D. I. K. S. I. (2016). Remediasi Miskonsepsi Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Materi Fluida Statis. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 4(2), 56–68. diakses dari https://media.neliti.com/media/publications/122746-ID-remediasi-miskonsepsi-dengan-menggunakan.pdf

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

Novitasari, A., Fauza, R. A., & Solviana, M. D. (2024). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA CHATBOT UNTUK MEREMEDIASI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK . Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi , 8(1), 29–37. https://doi.org/10.32502/didaktikabiologi.v8i1.78