Consumer Preferences for Imported Longan Fruit in Pangkalpinang City
Keywords:
longan, purchasing decision, consumer preferencesAbstract
This study aims to analyze consumer preferences for longan fruit and analyze longan attributes, which are most considered in purchasing decisions. Data collection was carried out from March to April 2024 in Pangkalpinang City. The research method used in this study was a survey. While the sampling method in this study was the accidental sampling method with the number of respondents studied as many as 100 respondents. The research data was analyzed using conjoint analysis. The results of the study showed that consumer preferences in Pangkalpinang City for longan fruit attributes were longan fruit with a sweet taste, thick fruit flesh, large fruit size, non-watery fruit, and imported longan fruit with values of utility respectively (1.145), (0.305), (0.292), ((0.170) and (0.089). The order of longan fruit attributes based on the level of importance according to consumer preferences is taste, thickness of fruit flesh, size, water content, and type of longan fruit with values respectively (58.17), (14.09), (13.19), (9.14) and (5.41).
References
Abda’u, R.T., Arifin, B. dan Ibnu, M. 2021. “Preferensi Konsumen terhadap Buah-Buahan di Kota Bandar Lampung”. Journal of Agribusiness Science, Vol. 9 No. 2 hal. 301-308.
Aldion, R. 2019. “Pengaruh bauran pemasaran terhadap loyalitas konsumen buah melon (cucumis melo l.) Di pt. Mekar unggul sari Bogor, Jawa Barat (studi kasus)”. Lampung: Skripsi. Universitas Lampung.
Alham, F. dan Saragih, F.H. 2021. ”Analisis Preferensi Konsumen Buah Pisang Sebagai Komoditi Unggulan Di Kota Langsa”. Jurnal Agrica, Vol. 14 No.1 hal. 48-57. https://doi.org/10.31289/agrica.v14i1.4259
Anastasia, R. 2017. ”Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Terhadap Buah Jambu Air (Syszygium samarangense) di Pasar Modern Kawasan Semarang Tengah”. Semarang: Progam Studi S1 Agribisnis Departemen Pertanian, Universitas Diponegoro.
Arnida. 2017. “Hubungan Antara Word of Mouth Communication Dengan Keputusan Membeli Melalui Media Internet Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Medan Area”. Medan: Skripsi Universitas Medan Area.
Endah, N.H. 2014. ”Perilaku Pembelian Kosmetik Berlabel Halal Oleh Konsumen Indonesia”. Jurnal Ekonomi Dan Pembangunan, Vol. 22 No. 1 hal. 11-25.
Ihwah, A., Saputra, H.A., Deoranto, P., Dewi, I.A. dan Rahmah, N.L. 2020. Analisis konjoin untuk mengukur preferensi konsumen terhadap atribut kertas seni dari sabut pinang sirih (Areca catechu l.) dan kertas koran”. Jurnal Teknologi Pertanian, Vol. 21 No. 1 hal. 39-48. https://doi.org/10.21776/ub.jtp.2020.021.01.5
Istoto, S dan Subagja, I.K. 2018. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Buah Melon PT. Syafina Niaga”. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, Vol. 6 No. 2. https://doi.org/10.35137/jmbk.v6i2.189
Kurniawati, E., dan Riandini, H. 2019. “Analisis Kadar Vitamin C Pada Daging Buah Kelengkeng ( Dimocarpus longan L ) Segar dan Daging Buah Kelengkeng Kaleng dengan Metode Spektrofotometri UV-Vis”. Jurnal Ilmiah :J-HESTECH, Vol. 2 No. 2 hal. 119-126. https://doi.org/https://doi.org/10.25139/htc.v2i2.2068
Kussudyarsana, K. 2016. ”Persepsi Konsumen atas Merek Lokal dan Asing Pada Kategori Produk Hedonik dan Utilitarian”. Benefit: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, Vol. 1 No. 1. https://doi.org/10.23917/benefit.v1i1.2365
Lestari, A.P. dan Saidah, Z. 2023. “Analisis Preferensi Konsumen terhadap Atribut Beras di Kecamatan Cibeunying Kidul, Kota Bandung”. Agrikultura, Vol. 34 No. 1. https://doi.org/10.24198/agrikultura.v34i1.40305
Nasution, N.A.J. 2019. “Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Keputusan Pembelian Buah Lokal Di Pasa Tradisional Kota Pekanbaru (Kasus Pasar Cik Puan). Riau: Skripsi Universitas Islam Riau.
Natasya, F.J. dan Pujianto, W.E. 2023. “Pemberdayaan Usaha Kecil Puding Kelengkeng Berbasis Digitalisasi di Desa Simoketawang”. Jurnal Pengabdian Masyarakat Darul Ulum, Vol. 2 No. 2 hal. 54-65. https://doi.org/https://doi.org/10.32492/dimas-undar.v2i2.2201
Purwasono, L.D. 2019. “Analisis Perilaku Konsumen dalam Pengambilan Keputusan terhadap Permintaan Jasa Ojek Online Berbasis Syariah (Studi pada Mahasiswi S1 Prodi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang)”. Malang: Skripsi Universitas Brawijaya.
Putri, F.A. dan Rosalina, N. 2024. Analisis Keputusan Pembelian Celana Jeans Imitasi (Studi Kasus Konsumen Levi’s Imitasi di Pasar Kedungwuni Pekalongan). Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 7 No. 1 hal. 70-77. https://doi.org/https://doi.org/10.35326/medialog.v7i1.5102
Putri, P.K. 2016. ”Aplikasi Pendekatan-Pendekatan Persuasif Pada Riset Komunikasi Pemasaran: Iklan Melibatkan Penciptaan dan Penerimaan Pesan Komunikasi Persuasif Mengubah Perilaku Pembelian”. The Messenger Cultural Studies, UMC and Media, Vol. 8 No. 1. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26623/themessenger.v8i1.313
Rahayu, E.Y., Rustipa, K. dan Purwanto, S. 2023. “Motivasi Hidup Sehat Bagi Siswa-Siswi Tk Bhakti 02 Melalui Pengenalan Kata Benda Buah Dan Sayur Dalam Bahasa Inggris”. Jurnal Abdimas Budaya, Vol. 4 No. 1 hal. 31-41.
Safira, S. 2022. “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Buah-Buahan Secara Online Pada Kedaimart (PT Kedai Sayur Indonesia)”. Jakarta: Skripsi Universitas Islam Negri Syarif Hidayatullah.
Sastrawan, N.I., Budastra, I.K. dan Efendy, E. 2023. ”Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Atribut Buah Pisang Di Kota Mataram”. Jurnal Agrimansion, Vol. 24 No. 2 hal. 467-476. https://doi.org/10.29303/agrimansion.v24i2.1460
Sundari, R.S. dan Umbara, D.S. 2019. ”Preferensi Konsumen Terhadap Produk Agroindustri Abon Ikan. Manajemen dan Bisnis, Vol. 4 hal. 36-43. https://doi.org/https://doi.org/10.33005/mebis.v4i1.51
Sunyoto, D. dan Saksono, Y. 2022. ”Perilaku Konsumen”. Jakarta: Eureka Media Aksara.
Supangkat, A.H. dan Supriyatin. 2017. ”Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga Terhadap Keputusan Pembelian Tas Di Intako”. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Vol. 6 No. 9 hal. 1-19.
Syauky, A. 2022. ”Pengaruh Citra Toko Terhadap Loyalitas Pelanggan Studi Pada Pasar Buah Pekanbaru”. Riau: Skripsi Universitas Islam Riau.
Tjahjaningsih, E. 2013. ”Pengaruh Citra Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Supermarket Carrefour di Semarang)”. Media Ekonomi dan Manajemen, Vol. 28 No. 2 hal. 13-27. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24856/mem.v28i2.207
Visizia, C.A. 2024. ”Laporan Magang Pengelolaan Kualitas Produksi Makanan Sehat pada PT. Senjani Tekno Boga dalam Program MBKM WMK UC 2023”. Surabaya: Skripsi STIA Manajemen dan Kepelabuhan Barunawati, Surabaya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Journal of Global Sustainable Agriculture

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.