Pendampingan Dan Pengembangan Wirausaha Pemula Bagi Komunitas Pemuda dan Wanita di Sidoarjo

Pendampingan dan Pengembangan Wirausaha Pemula bagi Komunitas Pemuda dan Wanita di Sidoarjo

Penulis

  • Monica Adjeng Erwita Program Studi Manajemen, Fakultas Bisnis, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Marliana Junaedi Program Studi Manajemen, Fakultas Bisnis, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Veronika Rahmawati Program Studi Manajemen, Fakultas Bisnis, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Deatri Arumsari Agung Program Studi Manajemen, Fakultas Bisnis, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, Surabaya, Indonesia https://orcid.org/0009-0004-6604-2323

DOI:

https://doi.org/10.32502/altifani.v5i2.452

Kata Kunci:

wirausaha pemula, produksi, pemasaran, produk makanan

Abstrak

Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk menggugah semangat dan memotivasi kalangan pemuda dan kelompok wanita untuk menjadi wirausaha di era digital, dan membantu mereka menemukan ide-ide kreatif untuk merancang bisnis yang memanfaatkan teknologi informasi saat ini secara maksimal. Sasaran kegiatan ini adalah 23 orang pemuda dan ibu rumah tangga dengan produk frozen food pilihan masing-masing yaitu produk bakso, siomay, dan nugget ayam. Lokasi kegiatan dilaksanakan di Kelurahan Semambung, Kecamatan Gedangan, Sidoarjo, Jawa Timur. Tim pengabdian kepada masyarakat menggunakan metode yang terbagi menjadi beberapa tahapan yaitu (1) Pembekalan & Pelatihan, (2) Diskusi & Tanya-Jawab, (3) Praktik Produksi & Penjualan, dan (4) Evaluasi, melalui 1 sesi daring dan 7 sesi luring. Kegiatan ini telah memberikan dampak ekonomi yaitu peningkatan pendapatan, pemahaman manajemen keuangan, pengembangan produk, dan peluang ekspansi. Selain dampak ekonomi, kegiatan ini juga memberi dampak sosial yaitu pengembangan keterampilan, peningkatan semangat komunitas, pemberdayaan pemuda dan kelompok wanita. Beberapa tantangan seperti keterbatasan tempat, fasilitas produksi, dan penguasaan teknik pemasaran digital masih memerlukan perhatian lebih lanjut untuk mendukung keberlanjutan program ini.

Referensi

Ahdiat, A. (2023). Ini Pertumbuhan Jumlah Wirausaha di Indonesia sampai 2023. Katadata Media Network. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/12/15/ ini-pertumbuhan-jumlah-wirausaha-di-indonesia-sampai-2023

Kotler, P., dan Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson.

Kotler, P. T., dan Armstrong, G. (2017). Principles of Marketing (17th Global Edition). Pearson.

Kurniawan, R., Fahmi, I. A., Alhanannasir, A., Sari MZ, R. P., Ma’ruf, I., dan Saribi, A. (2024). Empowerment of Women’s Groups in Increasing Income through Nugget Businesses Made from Tilapia Fish in Macang Sakti Village Musi Banyuasin. Altifani Journal: International Journal of Community Engagement, 4(2), 191. https://doi.org/10.32502/altifani.v4i2.8316

Osterwalder, A., dan Pigneur, Y. (2010). Business Model Generation: A Handbook for Visionaries, Game Changers, and Challengers (T. Clark, Ed.). John Wiley dan Sons, Inc.

Valaskova, K., Kliestikova, J., dan Krizanova, A. (2018). Consumer Perception of Private Label Products: An Empirical Research. Journal of Competitiveness, 10(3), 149–163. https://doi.org/10.7441/joc.2018.03.10

Zhu, Y.-Q., dan Chen, H.-G. (2015). Social media and human need satisfaction: Implications for social media marketing. Business Horizons, 58(3), 335–345. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2015.01.006

Diterbitkan

2025-07-14