PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA
DOI:
https://doi.org/10.32502/didaktikabiologi.v9i1.241Keywords:
Android, Augmented Reality, Media Pembelajaran, Pemahaman KonsepAbstract
Pembelajaran pada materi biologi memiliki banyak proses, mekanisme dan juga konsep yang sering kali sulit dipahami oleh siswa, maka pemahaman konsep menjadi hal krusial. Menggunakan media pendidikan adalah sekian dari satu cara dalam membantu siswa untuk mengerti sebuah mata pelajaran. Menemukan dan mengevaluasi kelayakan dan keefektifan konten augmented reality berlandaskan Android dalam mengembangkan pengertian siswa kelas XI SMA tentang konsep sistem peredaran darah adalah tujuan dari proyek ini. Desain pengembangan menggunakan Borg & Gall yang sekedar memakai 9 aspek pada 10 tahap yang ada. Teknik pengumpulan data menggunakan angket ahli (bahasa, media, materi), angket respon, serta tes pemahaman konsep bentuk essay. Analisis data menggunakan rumus persentase kelayakan, uji n-gain, dan uji independent t-test. Menurut uji kelayakan pada ahli media, 82% ahli materi memiliki kriteria sangat layak, 84% memiliki kriteria sangat layak, dan 79% memiliki kriteria praktis. Produk ini mendapat respon 83% dari siswa yang memenuhi syarat sangat layak. Efektifitas produk diketahui dari hasil n-gain kelas eksperimen lebih tinggi (0,47) dari kelas kontrol (0,23), sedangkan nilai t-hitung (5,94) lebih besar melalui t-tabel (2,00), sehingga H1 diterima, artinya media pembelajaran augmented reality berlandaskan android efektif dalam mengembangkan pengertian konsep dan memberikan kontribusi positif bagi siswa.
References
Abdullah, N., Baskaran, V. L., Mustafa, Z., Ali, S. R., & Zaini, S. H. (2022). Augmented Reality: The Effect In Students’ Achievement, Satisfaction And Interest In Science Education. International Journal Of Learning, Teaching And Educational Research, 21(5), 326–350. http://dx.doi.org/10.26803/ijlter.21.5.17
Agung, F. P., Suyanto, S., & Aminatun, T. (2020). E-Modul Gerak Refleks Berbasis Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(3), 279-289. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i3.13238
Agustin, T. N., Aeni, A. N., & Sujana, A. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Terhadap Pemahaman Konsep Pada Materi Sistem Peredaran Darah, 4(1), 5810–5819. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i4.12909
Aripin, I., & Suryaningsih, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Menggunakan Teknologi Augmented Reality (AR) Berbasis Android Pada Konsep Sistem Saraf. Sainsmat : Jurnal Ilmiah Imu Pengetahuan Alam, 8(2), 47. https://doi.org/10.35580/sainsmat82107192019
Arslan, R., Kofoğlu, M., & Dargut, C. (2020). Development Of Augmented Reality Appication For Biology Education. Journal Of Turkish Science Education, 17(1), 62–72. https://doi.org/10.36681/tused.2020.13
Borg, W.R & Gall, M.D (1983). Education research: an introduction, 4th Edition. New York: Longman Inc.
Cahyadi, A. (2019). Pengembangan Media Dan Sumber Belajar: Teori Dan Prosedur. Serang: Laksita Indonesia.
Dendodi, D., Simarona, N., Epin, A., Bahari, Y., & Warneri, W. (2024). Analisis Penerapan Augmented Reality Dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Sains Di Era Digital. ALACRITY: Journal of Education, 4(3), 293–304. https://doi.org/10.52121/alacrity.v4i3.456
Fitria, T. N. (2023). Augmented Reality (AR) And Virtual Reality (VR) Technology In Education: Media Of Teaching And Learning: A Review. International Journal Of Computer And Information System (IJCIS), 4(1), 14-25. https://doi.org/10.29040/ijcis.v4i1.102
Hasian, H. P., Situmorang, R. P., & Tapolouw, M. C. (2020). Pengembangan Media Animasi Sistem Gerak Berbasis Model POE Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Generik Sains. Jurnal Pendidikan IPA Veteran, 4(2), 115-131. https://doi.org/10.31331/jipva.v4i2.1148
Hikmah, S., Kanzunnudin, M., & Khamdun, K. (2023). Pengembangan Media 3D Materi Indera Pendengaran Manusia Dengan Augmented Reality Assembler Edu. Journal On Education, 5(3), 7430–7439. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1533
Irani, N. V., Zulyusri, Z., & Darussyamsu, R. (2020). Miskonsepsi Materi Biologi SMA Dan Hubungannya Dengan Pemahaman Siswa. Jurnal Biolokus: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi dan Biologi, 3(2), 348-355. https://doi.org/10.30821/biolokus.v3i2.823
Kurniawan, Y. I., & Kusuma, A. F. S. (2021). Aplikasi Augmented Reality Untuk Pembelajaran Salat Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 8(1), 7-14. https://doi.org/10.25126/jtiik.0812182
Masruroh, H., Hadi, W. P., Ahlied, M., Tamam, B., & Sutarja, M. C. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Terhadap Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Natural Science Educationa Research, 6(3), 2654–4210. https://doi.org/10.21107/nser.v6i3.16517
Nistrina, K. (2021). Penerapan Augmented Reality Dalam Media Pembelajaran. J-SIKA: Jurnal Sistem Informasi, 3(1), 1–6. Retrieved from https://ejournal.unibba.ac.id/index.php/j-sika/article/view/527
Nuraisyah, S., Sumardi, S., Giyartini, R., & Muharram, M. R. W. (2021). Rancangan Prototype Flashcard Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Rumah Adat Jawa Barat Di Sekolah Dasar. Indonesian Journal Of Primary Education, 5(1), 113–124. https://doi.org/10.17509/ijpe.v5i1.36980
Oktavia, R. (2022). Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality (AR) Pada Pembelajaran Biologi Di SMA 1 Pante Ceureumen Aceh Barat. Bionatural, 9(2), 26–32. https://doi.org/10.61290/bio.v9i2.135
Pratama, J., & Wendy, W. (2021). Perancangan Augmented Reality Dalam Media Pembelajaran Sistem Anatomi Tumbuhan Sekolah Dasar Berbasis Android. Journal Of Information System And Technology, 2(3), 38–49. https://doi.org/10.37253/joint.v2i3.6272
Ramadhan, A. F., Putra, A. D., & Surahman, A. (2021). Aplikasi Pengenalan Perangkat Keras Komputer Berbasis Android Menggunakan Augmented Reality (AR). Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, 2(2), 24-31. https://doi.org/10.33365/jtsi.v2i2.840
Pradita, A. R., Aeni, A. N., & Sujana, A. (2024). Pengaruh Media Augmented Reality Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas IV SDN Tegalkalong Pada Materi Fotosintesis. Inkuiri: Jurnal Pendidikan IPA, 13(1), 1-8. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v13i1.83995
Setiawan, H., Aji, S. M. W., Oktaviyanti, I., Jiwandono, I. S., Rosyidah, A. N. K., & Gunayasa, I. B. K. (2021). Pemanfaatan Sumber Bacaan Berbasis Augmented Reality Untuk Gerakan literasi Di Sekolah Dasar. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 6(1), 146. https://doi.org/10.28926/briliant.v6i1.554
Puspitasari, S. (2019). Model Picture and Picture Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Materi Siklus Air di Kelas V SDN 2 Tanggulanom. Proceeding Of Biology Education, 3(1), 94–104. https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.12
Sitompul, L. A., Auliana, A., Aritonang, J. L., Nurhasanah, A., & Solin, S. M. B. (2020). Imlpementasi Pembelajaran Otot Manusia Berbasis Augmented Reality (AR) Sebagai Pencegahan Miskonsepsi Bagi Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Samudra. Prosiding Seminar Nasional Peningkatan Mutu Pendidikan, 1(1), 208–211. Retrieved from https://semnasfkipunsam.id/index.php/semnas2019/article/view/77
Surata, I. K., Sudiana, I. M., & Sudirgayasa, I. G. (2020). Meta-Analisis Media Pembelajaran Pada Pembelajaran Biologi. Journal Of Education Technology, 4(1), 22-27. https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24079
Tasyari, S., Putri, F. N., Aurora, A. A., Nabilah, S., Syahrani, Y., & Suryanda, A. (2021). Identifikasi Media Pembelajaran Pada Materi Biologi Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik Di Masa Pandemi Covid-19. Bio-Edu: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(1), 1–8. https://doi.org/10.32938/jbe.v6i1.905
Tohir, A., Handayani, F., Sulistiana, R., Wiliyanti, V., Arifianto, T., & Husnita, L. (2024). Analisis Penerapan Augmented Reality daalam Proses Pemahaman Pembelajaran. Jurnaal Review Pendidikan dan Pengajaran, 7(3), 8096–8102. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30132
Utama, I. W. K., Rahayu, K. M., Azizah, L. F., Winarti, W., Sitopu, J. W., & Wiliyanti, V. (2024). Pengaruh Penggunaan Teknologi Augmented Reality Dalam Pembelajaran IPA Terhadap Pemahaman Materi Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(3), 7813–7821. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29869
Utami, F., Rukiyah, R., & Andika, W. D. (2021). Pengembangan Media Flashcard Berbasis Augmented Reality Pada Materi Mengenal Binatang aut. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1718–1728. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.933
Zulfa, L., Ermawati, D., & Reswari, L. A. (2023). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa SD Kelas V. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian an Pengembangan Kependidikan, 14(4), 509–514. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v14i4.17448
Zulfahmi, M., & Wibawa, S. C. (2021). Potensi Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Dan Respon Siswa. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 5(1), 334–343. https://doi.org/10.26740/it-edu.v5i1.37491