PENGEMBANGAN E-MODUL PLANTAE DENGAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MEMBERDAYAKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS X SMA
DOI:
https://doi.org/10.32502/didaktikabiologi.v8i2.42Keywords:
e-modul, Discovery Learning, pemahaman, plantaeAbstract
Pemahaman siswa terhadap materi plantae masih dirasa kurang karena pada materi tersebut memiliki cakupan yang luas dan materi yang disajikan pada bahan ajar LKS belum lengkap. Guru dan siswa mengharapkan adanya bahan ajar yang lengkap dan interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan e-modul Plantae berbasis Discovery Learning yang digunakan untuk memberdayakan pemahaman siswa kelas X SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D dengan model ADDIE yang memuat 5 tahapan yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. Namun, penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap development yaitu tahap mengukur kelayakan e-modul. E-modul plantae berbasis discovery learning divalidasi oleh 2 dosen ahli dan 3 guru mata pelajaran biologi. Hasil validasi yang diperoleh dengan rata-rata sebesar 0,89 dengan kategori valid. Dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis discovery learning pada materi plantae layak untuk diaplikasikan dalam proses pembelajaran guna memberdayakan pemahaman peserta didik.
References
Aiken, L.R. (1985). Three coefficients for analyzing the reliability and validityof ratings, Educational and Psychological Measurument, 45(1), 131-142. https://doi.org/10.1177/0013164485451012
Anisa, N., Anisa, A., & Irmawanty, I. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi Materi Fungi. Binomial: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(1), 26-37. https://doi.org/10.46918/bn.v4i1.843
Armi & Noviyanti, A. (2014). Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Plantae di Kelas X SMAN Aceh Besar. Serambi Akademica, 2(1), 23-29 Diakses dari https://ojs.serambimekkah.ac.id/index.php/serambi-akademika/article/view/283/267
Aryawan, R., Sudatha, I. G. W., Sukmana, A. I. W. I. Y. (2018). Pengembangan E-Modul Interaktif Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 1 Singaraja. Jurnal Edutech UNDIKSHA, 6(2), 180-191. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i2.20290
Asmarani, N. E., Arief, M., & Churiyah, M. (2021). Meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan E-modul berbasis 3D pageflip professional dengan model discovery learning (A useful learning E-modul based 3D pageflip professional with use discovery learning model). Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Pendidikan, 1(1), 59–70. https://doi.org/10.17977/um066v1i12021p59-70
Asphar, F. Q., Hidayat, S., & Suryana, Y. (2021). Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Higher Order Thinking Skills di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2635–2643. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1276
Asri, A. S. T., & Dwiningsih, K. (2022). Validitas E-Modul Interaktif sebagai Media Pembelajaran untuk Melatih Kecerdasan Visual Spasial pada Materi Ikatan Kovalen. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 465–473. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.2.465-473
Ataji, H. M. K., Sujarwanta, A., & Muhfahroyin, M. (2022). Pengembangan Modul Materi Virus Terintegrasi Nilai-Nilai Islam Berbasis E-Learning dan QR Code. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 166–183. https://doi.org/10.37058/bioed.v6i2.2985
Ayuadia, Suryanto, E., & Waluyo, B. (2016). Analisis Kesalahan Penggunaan Bahasa Indonesia Dalam Laporan Hasil Observasi Pada Siswa SMP. BASASTRA: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 4(1), 34-49. Diakses dari https://media.neliti.com/media/publications/53972-ID-analisis-kesalahan-penggunaan-bahasa-ind.pdf
Citra, D., & Afnita, A. (2019). Kontribusi Penguasaan Kalimat Efektif Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(3), 78-83. https://doi.org/10.24036/107463-019883
Dewi, N. N. E., Santoso, H., & Lepiyanto, A. (2020). Pengembangan Modul Biologi Metode POE (Predict, Observe, Explain) Disertai Nilai Karakter Materi Sistem Respirasi. Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi, 12(2), 211-217. https://doi.org/10.25134/quagga.v12i2.2898
Dimyati & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Dinata, M., & Mulyo, P. A. (2019). Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Penguasaan Konsep Dan Habits Of Mind Pada Materi Sistem Eksresi Manusia. Bio-Lectura, 6(2), 118–127. https://doi.org/10.31849/bl.v6i2.3567
Erniwati, E., Sudding, S., & Anwar, M. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook dalam Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik (Studi pada Materi Pokok Laju Reaksi). Chemistry Education Review (CER), 6(1), 58-71. https://doi.org/10.26858/cer.v6i1.39490
Hakim, L. N., Wedi, A., & Praherdhiono, H. (2020). Electronic Module (E-Module) Untuk Memfasilitasi Siswa Belajar Materi Cahaya Dan Alat Optik di Rumah. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(3), 239-250. http://dx.doi.org/10.17977/um038v3i32020p239
Harahap, T. H., Mushlihuddin, R., & Afifah, N. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 8(1), 1-9. https://doi.org/10.30596/edutech.v7i2.7063
Hendrastomo, G., & Januarti, N. E. (2018). Metode Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Teknologi Informasi bagi Guru Sosiologi Kabupaten Purworejo (Aplikasi Game HTML 5 dengan Costruct 2). Habitus : Jurnal Pendidikan, Sosiologi dan Antropologi, 2(1), 92-104 https://doi.org/10.20961/habitus.v2i1.20234
Arimbawa, I. G. P. A. (2021). Penerapan Word Wall Game Quis Berpadukan Classroom Untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Biologi. Indonesian Journal of Educational Development, 2(2), 324-332. https://doi.org/10.5281/ZENODO.5244716
Irfan, M. K., Yelianti, U., & Muhaimin. (2019). Pengembangan E-modul Pembelajaran Biologi Berbasis 3D Pageflip pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup untuk Siswa Kelas VII SMP. Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika daan Ilmu Pengetahuan Alam, 8(1), 9-16. https//doi.org/10.22437/jmpmipa.v8i1.8891
Izza, F. R., Retnoningsih, A., & Pukan, K. K. (2018). Pengembangan Kunci Determinasi Tumbuhan Hasil Eksplorasi Hutan Wisata Guci Kabupaten Tegal Untuk Sekolah Menengah Atas. Indonesian Journal of Conservation, 7(2), 119-130. https://doi.org/10.15294/ijc.v7i2.19008
Munandar, R. R., Cahyani, R., & Fadilah, E. (2021). Pengembangan E-Modul Sigil Software Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19: (Development of Sigil Software E-Modules to Improve Student Learning Outcomes During The Covid-19 Pandemic). BIODIK, 7(4), 191–202. https://doi.org/10.22437/bio.v7i4.15204
Nisa, U. M. (2017). Metode Praktikum untuk Meningkatkan Pemahaman dan Hasil Belajar Siswa Kelas V MI YPPI 1945 Babat pada Materi Zat Tunggal dan Campuran. Proceeding Biology Education Conference, 15(1), 62-68. Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Indonesia. Diakses dari https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/27684
Oktaviani, M., & Yanti, P. G. (2022). Mengembangkan Media Pembelajaran Permainan Anagram (Wordwall) untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Peserta Didik. Belajar Bahasa, 7(2), 275-284. Diakses dari http://ejurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/BB/article/view/97
Patrianingsih, E. A., & Kaseng, E. S. (2016). Model Pembelajaran Discovery Learning, Pemahaman Konsep dan Sikap Ilmiah Peserta Didik. Indonesian Journal of Educational Studiees, 19(2), 74-86. https://doi.org/10.26858/ijes.v19i2.3588
Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta : Diva Press.
Putri, N., Sugihartini, N., Wirawan, M. A., & Sunarya, I. M. G. (2015). Pengembangan E-Modul Mata Pelajaran Komposisi Foto Digital (Paket Keahlian Multimedia) Dengan Model Pembelajaran Task Based Learning Pada Kelas XI Di SMK 3 Mataram. KARMAPATI, 4(5). Diakses dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/KP/article/view/6620
Rakhmadani, P. A., Sudarti., & Mahardika, I. K. (2015). Pengaruh Model Discovery Learning Disertai Media Audiovisual terhadap Kemandirian dan Hasil Belajar IPA Siswa di SMPN 11 Jember. Artikel Ilmiah Mahasiswa, 2(1), 1-4.
Retnowati, T. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Tipe Mind Mapping Untuk Meningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Biologi Tentang Sistem Regulasi Di Kelas XI IPA C SMA Negeri 5 Bogor. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 3(1), 1. https://doi.org/10.32832/educate.v3i1.992
Rosyada, D. (2008). Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Press.
Sari, P. M., & Yarza, H. N. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Quizizz Dan Wordwall Pada Pembelajaran IPA Bagi Guru-Guru SDIT Al-Kahfi. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 195. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.4112
Seruni, R., Munawaoh, S., Kurniadewi, F., & Nurjayadi, M. (2019). Pengembangan Modul Elektronik (E-Module) Biokimia Pada Materi Metabolisme Lipid Menggunakan Flip Pdf Professional. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 4(1), 48–56. https://doi.org/10.15575/jtk.v4i1.4672
Setiadi, T., & Zainul, R. (2019). Pengembangan e-modul asam basa berbasis discovery learning untuk kelas XI SMA/MA. 1-9. https://doi.org/10.31227/osf.io/ugcrk
Siahaan, S. (2006). Bagaimana Peserta Didik Mempelajari Modul? Jurnal Teknodik, 10(18), 89-118. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.549
Sopian, A. (2016). Tugas, Peran, Dan Fungsi Guru Dalam Pendidikan. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 1(1), 88–97. https://doi.org/10.48094/raudhah.v1i1.10
Suryaningsih, Y. (2017). Pembelajaran Berbasis Praktikum Sebagai Sarana Siswa Untuk Berlatih Menerapkan Keterampilan Proses Sains Dalam Materi Biologi. Jurnal Bio Educatio, 2(2), 49-57. Diakses dari https://media.neliti.com/media/publications/279492-pembelajaran-berbasis-praktikum-sebagai-ac45c5cf.pdf
Wahjudi, E. (2015). Penerapan Discovery Learning Dalam Pembelajaran Ipa Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX-I di SMP Negeri 1 Kalianget. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24929/lensa.v5i1.
Widyastuti, N., Riswandi, & Fitriawan, H. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Advance Organizer Pada Materi Ikatan Kimia. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 15(1), 53-63. https://doi.org/10.24905/cakrawala.v15i1.11
Wijaya, N., Putra, A. I., Delfita, R., & Fajar, N. (2021). Pengembangan E-Modul Biologi Berbasis Kvisoft Flipbook Maker Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VII SMP Islam Raudhatul Jannah Payakumbuh. Edusainstika: Jurnal Pembelajaran MIPA, 1(2), 89. https://doi.org/10.31958/je.v1i2.4487
Wijaya, I. B. D. M., Arnyana, I. B. P., & Citrawathi, D. M. (2022). Pengembangan E-modul Biologi Berbasis Guided Discovery Learning pada Topik Ekosistem dan Lingkungan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA. Wahana Matematika dan Sains: Jurnal Matematika, Sains dan Pembelajarannya, 16(1), 29-39. Diakses dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPM/article/view/42749/pdf
Winarko, A. S., Sunarno, W., & Masykuri, M. (2013). Pengembangan Modul Elektronik Berbasis POEI (Prediksi, Observasi, Eksperimen, Interpretasi) Pada Materi Sistem Indera Kelas XI SMA Negeri 3 Ponorogo. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 58-75. https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v6i2.2652
Winatha, K. R. (2018). Pengembangan E-modul Interaktif Berbasis Proyek Mata Pelajaran Simulasi Digital. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 15(2), 188-199. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14021
Yanindah, A., & Ratu, N. (2021). Pengembangan E-Modul SUGAR Berbasis Android. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 607-622. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.445
Yuliani, M., Keliat, N. R., Sastrodihardjo, S., & Kurniawati, D. (2017). Pembelajaran Model Discovery Learning dan Strategi Bowling Kampus untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dan Motivasi Belajar IPA.BIOEDUKASI: Jurnal Pendidikan Biologi, 10(1), 23-32. https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v10i1.8780