PENGEMBANGAN BUKU SAKU ETNOBOTANI JAMU PASCA MELAHIRKAN PADA MASYARAKAT MELAYU KETAPANG SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI
DOI:
https://doi.org/10.32502/didaktikabiologi.v9i1.451Keywords:
buku saku, etnobotani, jamu pasca melahirkan, pengembanganAbstract
Selama bertahun-tahun, masyarakat Melayu Ketapang telah memanfaatkan jamu yang terbuat dari berbagai jenis tumbuhan untuk mempercepat pemulihan setelah melahirkan. Sebagai upaya untuk mengenalkan dan memperkenalkan tradisi tersebut, proses edukasi dilakukan melalui media buku saku. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kevalidan dan menilai respons siswa terhadap media buku saku yang dikembangkan. Analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation) merupakan lima langkah yang membentuk model ADDIE yang digunakan dalam Research and Development (R&D). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 5 Simpang Hilir. Dengan menggunakan skala Likert dengan rentang 1-5, analisis deskriptif digunakan untuk memeriksa hasil penelitian dengan melihat skor lembar validasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kevalidan materi mencapai 91,95% dengan kategori sangat layak, kevalidan bahasa 92,22% juga termasuk dalam kategori sangat layak, dan kevalidan media 97,33% dinilai sangat layak. Uji coba skala kecil menunjukkan respons sebesar 84,25%, sementara uji coba skala besar mencatatkan angka 87,75%. Berdasarkan temuan yang sangat positif ini, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran tersebut layak digunakan oleh pendidik dan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran.
References
Afifah, L., Murtono, & Santoso. (2020). Pengembangan Buku Saku Berbasis Literasi Sains Untuk Meningkatkan Minat Belajar Tema Organ Gerak Hewan dan Manusia pada Siswa Sekolah Dasar. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(3), 448–453. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jlls.v3i3.29774
Bintiningtiyas, N., dan Lutfi, A. (2016). Pengembangan Permainan Varmintz Chemistry Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Sistem Perioodik Unsur. Unesa Journal of Chemical Education, 5(2), 302-308. https://doi.org/10.26740/ujced.v5n2.p%25p
Dick, W. and Carey, L. (1990). The Systematic Design of Instruction. (Third ed.). United States of America: Harper Collins Publishers.
Ernawati, I. (2017). Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Server. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(2), 204–210. https://doi.org/10.21831/elinvo.v2i2.17315
Fadhila, N. A., Setyaningsih, N. W., Gatta, R. R., & Handziko, R. C. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Model ADDIE Pada Materi Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan SMA Kurikulum 2013. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 13(1), 1-8. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v13i1.5298
Faryanti, H., Panjaitan, R. G. P., & Yokhebed. (2016). Respon Siswa Terhadap Film Animasi Zat Aditif. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 5(3), 1–14. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/14225
Fuadi, T. M. (2017). Etnobotani dan Identifikasi Tumbuhan Obat Bagi Ibu Pasca Melahirkan di Desa Krueng Kluet Kecamatan Kluet Utara Aceh Selatan. Prosiding, Seminar Nasional Biotik 2017, 280–288. https://doi.org/10.13057/psnmbi/m050305
Jannah, M., & Hasanah, F. N. (2021). Pengembangan Buku Saku Digital Berbasis Android pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar di Kelas X SMK Yapalis Krian. Joutica, 6(2), 461-466. https://doi.org/10.30736/jti.v6i2.668
Khairunnufus, U., Laksmiwati, D., Hadisaputra, S., & Siahaan, J. (2019). Development of Chemistry Practicum Module Based on Problem Based Learning for Class XI SMA. Chemistry Education Practice, 1(2), 36-41. https://doi.org/10.29303/cep.v1i2.981.
Komalayanti, W. W. (2018). Pengembangan Media Buku Saku Untuk Pembelajaran Ekstrakurikuler Di SMP Negeri 1 Jetis Bantul. Pend. Seni Rupa-S1 (SERUPA), 7(6), 523-533.
Kurnia, I., Syamswisna, S., & Marlina, R. (2017). Kelayakan Buku Saku Sebagai Media Sub Materi Manfaat Keanekaragaman Hayati Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 6(12), 1–10. https://doi.org/10.26418/jppk.v6i12.23047
Muhammad, N. N., Taiyeb, A. M., & Azis, A. A. (2015). Pengembangan Buku Saku Pada Materi Sistem Respirasi untuk SMA Kelas XI. Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning, 12(1), 162–167. https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/download/6714/6052
Muruganantham, G. (2015). Developing of E-Content Package by Using ADDIE Model. International Journal of Applied Research, 1(3), 52–54. Retrieved from http://www.allresearchjournal.com/vol1issue3/PartB/pdf/67.1.pdf
Prayitno, T. A. (2017). Pengembangan Petunjuk Praktikum Mikrobiologi Program Studi Pendidikan Biologi. Jurnal Biota, 3(1), 31–37. https://doi.org/10.19109/Biota.v3i1.1041
Rachma, A., Iriani, T., & Handoyo, S. S. (2023). Penerapan Model ADDIE Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Simulasi Mengajar Keterampilan Memberikan Reinforcement. Jurnal Pendidikan West Science, 1(08), 506–516. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i08.554
Rachman, A., Yochanan, E., Samanlangi, A. I., & Purnomo, H. (2024). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif Dan R&D. Karawang: CV Saba Jaya Publisher.
Rawe, T. (2021). Penerapan Model Addie Dan Self-Directed Learning Pada Program English Study At Home Berbasis E-Learning Di Eye Level Citra Gran Cibubur. Instruksional, 3(2), 164–172. Retrieved from https://jurnal.umj.ac.id/index.php/instruksional/article/view/12503
Rizaldi, R., & Syahlan, S. (2020). Analisis Materi dan Tujuan Pembelajaran pada Materi Listrik Dinamis. Jurnal Pendidikan MIPA, 10(2), 1–5. https://doi.org/10.37630/jpm.v10i2.340
Rusmayana, T. (2021). Model Pembelajaran ADDIE: Integrasi Pedati Di SMK PGRI Karisma Bangsa sebagai Pengganti Praktek Kerja Lapangan di Masa Pendemi Covid-19. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung. Retrieved from https://repository.penerbitwidina.com/media/publications/351939-model-pembelajaran-addie-integrasi-pedat-3b3616a8.pdf
Sabdarini, C., Egok, A. S., & Aswarliansyah, A. (2021). Pengembangan LKS Tematik Berbasis Kearifan Lokal pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3765-3777. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1393
Safari, F. R. N., & Sinaga, E. B. (2022). Pemanfaatan Pilis Wangi Dan Jamu Pasca Melahirkan Sebagai Terapi Tradisional Perawatan Nifas Di Wilayah Kerja Klinik Anugrah Binjai Tahun 2022. Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA), 4(2), 39-45. https://doi.org/10.51933/jpma.v4i2.825
Sari, N. T., Sutarto, S., & Subiki, S. (2017). Pengembangan Modul Berbasis Gambar Kejadian Riil untuk Pembelajaran Fisika SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Jember, 6(1), 8-15. Retrieved from https://jpf.jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/4642
Setiyaningrum, S., & Suratman, B. (2020). Pengembangan Buku Saku Sebagai Bahan Ajar Kearsipan Kelas X OTKP SMK Negeri 1 Jombang. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(2), 305–317. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n2.p305-317
Sugiyono, S. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulistyo, R. W., Margaretta, A., & Ayurachmawati, P. (2023). Pengembangan Buku Saku Berbasis Mind Mapping Pada Pembelajaran IPA Kelas IV SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 3908-3920. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8557
Surani, E., & Wiyatmo, Y. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Representasi Ganda Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(4), 353–360. https://doi.org/10.21831/jpf.v7i4.11252
Taufik, A. (2019). Analisis Karakteristik Peserta Didik. El-Ghiroh, 16(01), 1–13. Retrieved form https://media.neliti.com/media/publications/294823-analisis-karakteristik-peserta-didik-08bec5c4.pdf
Waruwu, M. (2024). Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D): Konsep, Jenis, Tahapan dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1220–1230. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2141
Wulan, S. K., Setiadi, A. E., & Sunandar, A. (2023). Ethnobotany of postnatal herbal medicine of the Malay community of Ketapang as a source of culture-based biology learning. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 7(1), 91-105. https://dx.doi.org/10.20527/bino.v7i1.21182