ANALISIS KOMPARATIF HASIL BELAJAR SISWA PESERTA DAN NON-PESERTA KLUB OLIMPIADE BIOLOGI
DOI:
https://doi.org/10.32502/didaktikabiologi.v9i1.475Keywords:
Klub Olimpiade, Biologi, Hasil BelajarAbstract
Pendidikan merupakan kegiatan penting dalam mempersiapkan anak untuk menghadapi masa depan, bahkan telah ada sejak awal peradaban manusia meskipun dalam bentuk sederhana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang mengikuti dan tidak mengikuti Klub Olimpiade Biologi di MAN Insan Cendekia OKI. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan tes tertulis, dan data dianalisis menggunakan independent sample t-test melalui aplikasi SPSS. Data diambil dari nilai Asesmen Sumatif Akhir Semester (ASAS) semester ganjil tahun pelajaran 2024–2025. Sampel penelitian meliputi seluruh siswa kelas X, berjumlah 141 orang, terdiri dari 18 peserta klub olimpiade dan 123 non-peserta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata peserta klub adalah 69,06, sedangkan non-peserta sebesar 56,67. Uji normalitas menunjukkan data terdistribusi normal, dan nilai signifikansi 0,01 < 0,05 menunjukkan perbedaan yang signifikan. Perbedaan ini dapat disebabkan oleh tingginya motivasi, minat, dan kepercayaan diri peserta dalam mata pelajaran biologi, serta lingkungan klub yang mendukung terbentuknya pola pikir positif.
References
Ali, M. (2016). Membedah Tujuan Pendidikan Muhammadiyah. PROFETIKA: Jurnal Studi Islam, 17(1), 43-56. https://doi.org/10.23917/profetika.v17i01.2099
Darmawan, D., et al. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif. Bojongsari-Purbalingga: Penerbit Eureka Media Aksara.
Diantoro, F., Purwati, E., & Lisdiawati, E. (2021). Upaya Pencapaian Tujuan pendidikan Islam Dalam pendidikan Nasional di Masa Pandemi Covid-19. MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 22-33. https://doi.org/10.21154/maalim.v2i01.3035
Ilma, N. (2015). Peran Pendidikan sebagai Modal Utama Membangun Karakter Bangsa. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 82-87. Retrieved from http://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi
Irsalulloh, D. B., & Maunah, B. (2023). Peran Lembaga Pendidikan dalam Sistem Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan sekolah Dasar, 4(2), 17-26. https://doi.org/10.56842/pendikdas.v4i2.164
Komara, I. B. (2016). Hubungan Antara Kepercayaan Diri dengan Prestasi Belajar dan Perencanaan Karir Siswa. Jurnal Psikopedagogia, 5(1), 33-42. https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v5i1.4474
Mulya, G., & Lengkana, A. S. (2020). Pengaruh Kepercayaan diri, Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani. Competitor, 12(2), 83-94. https://doi.org/10.26858/cjpko.v12i2.13781
Noviati, R., Misdar, M., & Adib, H. S. (2019). Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MAN 2 Palembang. Jurnal PAI Raden Fatah, 1(1), 1-20. Retrieved from https://www.neliti.com/id/publications/279677/pengaruh-lingkungan-belajar-terhadap-tingkat-konsentrasi-belajar-siswa-pada-mata
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 3(1), 171-187. https://doi.org/10.33511/misykat.v3i1.52
Pasaribu, A. (2017). Implementasi Manajemen Berbasis sekolah dalam Pencapaian Tujuan Pendidikan Nasional di Madrasah. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(1), 12-34. https://doi.org/10.30596/edutech.v3i1.984
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498
Puspito, G. W., Swandari, T., & Rokhman, M. (2021). Manajemen Strategi Pengembangan Pendidikan Non Formal. CHALIM: Journal of Teaching and Learning, 1(1), 85-98. https://doi.org/10.31538/cjotl.v1i1.88
Putri, D. T. N., & Isnani, G. (2015). Pengaruh Minat dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran. JPBM: Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen, 1(2), 118-124. Retrieved from https://journal2.um.ac.id/index.php/jpbm/article/view/1673
Rozaini, N., & Anti, S. D. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kepercayaan Diri Siswa Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Niagawan, 6(2), 54-59. Retrieved from https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/niagawan/article/view/8335
Simanjorang, R. R., & Naibaho, D. (2023). Fungsi Sekolah. Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 2(4), 12706–12715. Retrieved from https://publisherqu.com/index.php/pediaqu/article/view/698
Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. FORMATIF: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 35-43. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.750
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Suranto, D. I., Annur, S., Ibrahim, I., Alfiyanto, A. (2022). Pentingnya Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(2), 59-66. http://dx.doi.org/10.33578/kpd.v1i2.26
Wafa, H., Jannah, F., Andayani, S., Tjahyadi, I., & Sutrisno, A. (2023). Pemanfaatan Metode Kompetisi Dalam Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Inggris Siswa Pendidikan Anak Usia Dini. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 4430-4434. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15949