KELAYAKAN E-MODUL PADA SUBMATERI PEMANFAATAN KEANEKARAGAMAN HAYATI BERBASIS TUMBUHAN PEWARNA ALAMI
Keywords:
Tumbuhan, Pewarna alami, kelayakan e-modul.Abstract
Masyarakat Dayak Kanayant di Desa Caokng Kabupaten Landak memanfaatkan tumbuhan untuk kebutuhan sehari-hari salah satunya yaitu sebagai pewarna alami. Informasi tentang tanaman yang digunakan sebagai pewarna alami oleh masyaratakat Dayak Kanayant di Desa Caokng dapat memperkaya informasi pada submateri pemanfaatan keanekaragaman hayati dalam bahan ajar e-modul. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan e-modul sebagai bahan ajar dalam submateri pemanfaatan Keanekaragaman Hayati SMA kelas X. Metode dalam Penelitian yang dilakukan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D), menggunakan model Borg & Gall yang dibatasi dalam 5 tahapan (tahap penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan produk, validasi, dan revisi). Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi yang berisi aspek penilaian: penyajian, isi materi, kebahasaan, dan keefektifan dengan jumlah 12 kriteria. Validator e-modul yaitu 2 dosen Pendidikan Biologi dan 3 guru Biologi SMA. Hasil analisis data validitas berdasarkan teori Lawshe (1975) menunjukan nilai CVI sebesar 1,00, sehingga e-modul dinyatakan layak untuk digunakan sebagai bahan ajar.
References
Adinata, K. J., & Yasa, N. N. K. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Harga, Dan Sikap Terhadap Niat Beli Kembali Di Situs Lazada. E- Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(8), 4153-4180. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2018.v07.i08.p05
Alloy, S. (2017). Mozaik Dayak Keberagaman Subsuku Dan Bahasa Dayak Di Kalimantan Barat. Samarinda: Institut Dayakologi.
Arsyad, A. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Badriyah, B. (2015). Efektivitas Proses Pembelajaran dengan Pemanfaatan Media Pembelajaran. Jurnal Lentera Komunikasi, 1(1). Diakses dari http://plj.ac.id/ojs/index.php/jrksi/article/view/127
Diartono, D. A. (2008). Media Pembelajaran Desain Grafis Menggunakan Photoshop Berbasis Multimedia. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, 13(2), 155-167. Diakses dari https://www.neliti.com/id/publications/245777/media-pembelajaran-desain-grafis-menggunakan-photoshop-berbasis-multimedia#cite
Emzir. (2013). Metodologi penelitian pendidikan: Kuantitatif dan kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Faramita, G., Daningsih, E., dan Yokhebed. (2018). Kelayakan Film Dokumenter Pembuatan Bingka Pepaya Submateri Peran Tumbuhan di Bidang Ekonomi. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 16(2), 267-280. http://dx.doi.org/10.31571/edukasi.v16i2.1025
Hamidah. (2015). Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Pembelajaran IPS Kelas V di MIN Rumpiang Kecamatan Beruntung Baru Kabupaten Banjar. Skripsi. Diakses dari https://idr.uin-antasari.ac.id/302/
Hayati, Syamswisna, & Titin. (2014). Etnobotani di Desa Beringin dan Implementasinya Dalam Pembuatan Film Dokumenter Manfaat Keanekaragaman Hayati. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(11). https://doi.org/10.26418/jppk.v3i11.7655
Januszewski, A., & Molenda, M. (2008). Educational Technology: A Definition With Commentary. New York: Routledge.
Lawshe, C. H. (1975). A Quantitive Approach to Content Validity. Purdue University: Personnel Psychology, Inc.
Megadani, T. Y., Lukitasari, M., & Yuhanna, W. L. (2018). Pengembangan Modul Biologi pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Berbasis Metakognisi. Prosiding Seminar Nasional SIMBIOSIS yang diselenggarakan oleh FKIP Universitas PGRI Madiun, 3, 302-311. Diakses dari https://prosiding.unipma.ac.id/index.php/simbiosis/article/view/674
Mustakim, Z., & Miranto, S. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Flash Flip Book Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Konsep Sistem Pernapasan (Kuasi Eksperimen di SMA Negeri 1 Pebayuran). Skripsi. Diakses dari https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/31719
Pangestu, B. A. (2017). Pemanfaatan Media Pembelajaran dalam Pendidikan. Seminar Nasional Pendidikan, 121-126. Malang: Pendidikan IPS Universitas Negeri Malang.
Prastowo, A. (2011). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Pribadi, B. A. (2017). Media dan Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Sadiman, A., Rahardjo, R., Haryono, A., & Rahardjito. (2012). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Press
Sunarmi. (2014). Melestarikan Keanekaragaman Hayati Melalui Pembelajaran Di Luar Kelas Dan Tugas Menantang. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(1), 38-49. Diakses dari https://journal.um.ac.id/index.php/jpb/article/view/7824
Wulansari, E. W., Kantun, S., & Suharso, P. (2018). Pengembangan E- Modul Pembelajaran Ekonomi Materi Pasar Modal Untuk Siswa Kelas XI IPS MAN 1 Jember Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial, 12(1), 1-7. https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.6463