KELAYAKAN E-MODUL PADA SUBMATERI PEMANFAATAN KEANEKARAGAMAN HAYATI BERBASIS TUMBUHAN PEWARNA ALAMI

Authors

  • Kesiya Yopita universitas Tanjungpura
  • Syamswisna Syamswisna Universitas Tanjungpura
  • Hayatul Fajri Universitas Tanjungpura

Keywords:

Tumbuhan, Pewarna alami, kelayakan e-modul.

Abstract

Masyarakat Dayak Kanayant di Desa Caokng Kabupaten Landak memanfaatkan tumbuhan untuk kebutuhan sehari-hari salah satunya yaitu sebagai pewarna alami. Informasi tentang tanaman yang digunakan sebagai pewarna alami oleh masyaratakat Dayak Kanayant di Desa Caokng dapat memperkaya informasi pada submateri pemanfaatan keanekaragaman hayati dalam bahan ajar e-modul. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan e-modul sebagai bahan ajar dalam submateri pemanfaatan Keanekaragaman Hayati SMA kelas X. Metode dalam Penelitian yang dilakukan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D), menggunakan model Borg & Gall yang dibatasi dalam 5 tahapan (tahap penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan produk, validasi, dan revisi). Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi yang berisi aspek penilaian: penyajian, isi materi, kebahasaan dan keefektifan dengan jumlah 12 kriteria. Validator e-modul yaitu 2 dosen Pendidikan Biologi dan 3 guru Biologi SMA. Hasil analisis data validitas berdasarkan teori Lawshe (1975) menunjukan nilai CVI sebesar 1,00, sehingga e-modul dinyatakan valid, e-modul dinyatakan layak untuk digunakan sebagai bahan ajar.

Published

2024-09-28

How to Cite

Yopita, K., Syamswisna, S., & Fajri, H. (2024). KELAYAKAN E-MODUL PADA SUBMATERI PEMANFAATAN KEANEKARAGAMAN HAYATI BERBASIS TUMBUHAN PEWARNA ALAMI. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi , 8(2). Retrieved from https://ojs.um-palembang.ac.id/index.php/didaktikabiologi/article/view/77