PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI BERBASIS CURRICULUM COMPACTING PADA PEMBELAJARAN KEANEKARAGAMAN HAYATI YANG BERDIFERENSIASI

Authors

  • Jundi Awaludin Universitas Negeri Jakarta
  • Fransisca Wiwik Martasari Universitas Negeri Jakarta
  • Nur Muhammad Wicaksono Universitas Negeri Jakarta
  • Rizhal Hendi Ristanto Universitas Negeri Jakarta
  • Hanum Isfaeni Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.32502/didaktikabiologi.v8i2.79

Keywords:

curriculum compacting, diferensiasi, instrumen evaluasi, keanekaragaman hayati

Abstract

Salah satu kurikulum yang tengah dikembangkan di Indonesia adalah kurikulum pemadatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen evaluasi pembelajaran mengenai keanekaragaman hayati yang disesuaikan dengan kurikulum pemadatan (curriculum compacting). Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D) menggunakan model 4D dari Thiagarajan. Sebanyak 30 siswa kelas X dijadikan sebagai subjek penelitian, dan dua validator, yaitu seorang guru sekolah menengah atas dan seorang dosen dengan pengalaman luas dalam penilaian pengajaran biologi, turut serta dalam validasi instrumen. Data yang dikumpulkan bersifat kualitatif dan kuantitatif. Validasi ahli menghasilkan data yang menunjukkan kegunaan instrumen. Dari 20 soal yang diajukan sebelum uji empiris, 10 soal dinyatakan valid dan 10 soal lainnya tidak valid. Nilai reliabilitas sebesar 5,7 menunjukkan kriteria cukup. Dalam uji tingkat kesukaran, 7 soal termasuk kategori cukup, sementara 13 soal dianggap mudah. Uji daya pembeda menunjukkan bahwa 5 soal berada pada kategori buruk, 10 soal cukup, 4 soal baik, dan 1 soal sangat baik. Kesimpulannya, instrumen ini dapat digunakan untuk pembelajaran tentang keanekaragaman hayati.

References

Aftab, J. (2015). Teachers' Beliefs about Differentiated Instructions in Mixed Ability Classrooms: A Case of Time Limitation. Journal of Education and Educational Development, 2(2), 94-114. Diakses dari https://eric.ed.gov/?id=EJ1161474

Alti, R.P., Lufri, L., Helendra, H., Yogica, R (2021). Instrumen Asesmen Berbasis Literasi Sains Tentang Materi Keanekaragaman Hayati. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 53-58. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.34270

Apriani, S. P., Zuhro, M. V., Siregar, N., Ristanto, R. H., & Isfaeni, H. (2023). Diferensiasi Pembelajaran Virus Sebuah Pengembangan Instrumen Higher Order Thinking Skill (HOTS). Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 7(2), 197-211. http://dx.doi.org/10.33369/diklabio.7.2.197-211

Arifin, Z. 2017. Mengembangkan Instrumen Pengukur Critical Thinking Skills Siswa pada Pembelajaran Matematika Abad 21. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(2): 92–100. http://dx.doi.org/10.31949/th.v1i2.383

Arikunto, S. 1999. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Barahona, A. D., Llano, C. L., Diaz Isenrath, G. B., Rojas, L., Pampillón González, M. C., Nudelman, L. R., & Campos, C. M. (2023). Biodiversity education: resources and sources used by school teachers and rangers in Mendoza (Argentina). Multequina, 30(1). Diakses daari https://www.scielo.org.ar/scielo.php?script=sci_arttext&pid=S1852-73292021000100005&lng=en&nrm=iso&tlng=en

BNSP. (2006). Instrumen Penilaian Tahap II. Buku Teks Pelajaran Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.

Caena, F., & Redecker, C. (2019). Aligning teacher competence frameworks to 21st century challenges: The case for the European Digital Competence Framework for Educators (Digcompedu). European journal of education, 54(3), 356-369. https://doi.org/10.1111/ejed.12345

Campbell, S. (2020). Education and curriculum reform: The impact they have on learning. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 3(2), 1074-1082. http://dx.doi.org/10.33258/birle.v3i2.1036

Defitriani, E. (2019). Differentiated Instruction: Apa, Mengapa dan Bagaimana Penerapannya. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 111-120. http://dx.doi.org/10.33087/phi.v2i2.38

Departemen Pendidikan Nasional. (2004). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Diakses dari https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/UU_tahun2003_nomor020.pdf

Fadillah, E. N. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Untuk Mengukur Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 1(2), 123–134. https://doi.org/https://doi.org/10.32502/dikbio.v1i2.770

Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2020). Konsep Merdeka Belajar Pendidikan Indonesia Dalam Perspektif Filsafat Progresivisme Konstruktivisme. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 12(2), 155-164. https://doi.org/10.35457/konstruk.v12i2.973

Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846-2853. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2504

Fauth, B., Decristan, J., Decker, A. T., Büttner, G., Hardy, I., Klieme, E., & Kunter, M. (2019). The effects of teacher competence on student outcomes in elementary science education: The mediating role of teaching quality. Teaching and teacher education, 86, 102882. https://doi.org/10.1016/j.tate.2019.102882

Fitra, D. K. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Pada Materi Tata Surya Di Kelas VII SMP. Unjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 5(2), 278-290. http://dx.doi.org/10.31258/jta.v5i2.278-290

Garnasih, T. (2018). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Di Lingkungan Sekolah Pada Materi Keanekaragaman Hayati Di Kelas X-MIA Mas Ar-Rosyidiyah. Jurnal BIOEDUIN: Program Studi Pendidikan Biologi, 8(1), 48-53. https://doi.org/10.15575/bioeduin.v8i1.2926

Gushendra, L. (2021) Pengembangan Instrumen Penilaian Biologi Mengacu Pada Asassmen Penalaran untuk Meningkatkan Habits of Mind Pada Siswa SMA KELAS X SMA Materi Keanekaragaman Hayati. Prosiding SEMNAS BIO, 1(1), 1044-1049. https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol1/130

Hall, T. (2002). Differentiated Instruction. Effective Classroom Practices Report. National Center on Accessing the General Curriculum. Washington DC: Office of Special Education Programs, U.S. Department of Education.

Haryati, S., Albeta, S.W., Futra, D., & Siregar, A.D. (2021). The development of evaluation instruments in online learning using the quizizz application : during covid-19 pandemic. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 13(1):364–373. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i1.383

Herwina, W. (2021). Optimalisasi kebutuhan murid dan hasil belajar dengan pembelajaran berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175-182. https://dx.doi.org/10.21009/PIP.352.10

Ismajli, H., & Imami-Morina, I. (2018). Differentiated instruction: Understanding and applying interactive strategies to meet the needs of all the students. International journal of Instruction, 11(3), 207-218. Diakses dari https://eric.ed.gov/?id=EJ1183415

James, A. L. (2018). What are the Effects of Curriculum Compacting on Students' Ability to Use Higher-Order Thinking? Doctoral dissertation, University of South Carolina). Diakses dari https://scholarcommons.sc.edu/etd/4924/

Joli, N. S., Kamarulzaman, M. H., Rashid, S. A., Hazir, N. M., Simin, N., & Hissam, F. A. B. (2020). Curriculum compacting: Differentiating statistics syllabus according to the readiness levels of gifted students. International Journal of Education and Pedagogy, 2(4), 359-367. Diakses dari https://myjms.mohe.gov.my/index.php/ijeap/article/download/11898/5794

Kurniawati, R. P., & Hadi, F. R. (2021). Pelatihan pengembangan instrumen evaluasi berbasis HOTS untuk guru sekolah dasar. Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 267-276. https://doi.org/10.25008/altifani.v1i4.182

Landrum, T. J., & McDuffie, K. A. (2010). Learning styles in the age of differentiated instruction. Exceptionality, 18(1), 6-17. https://doi.org/10.1080/09362830903462441

Listyani, N. A., & Munzil, M. (2023). Pengembangan Instrumen Soal Literasi Sains Pada Materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati untuk Mengukur Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP kelas VII. Proceedings of Life and Applied Sciences, 1.

Livers, S. D., Paxton, M., O'Grady, N., & Tontillo, M. (2018). Embracing Curriculum Compacting: Teacher Candidates Supporting Differentiated Instruction in Elementary Mathematics. School-University Partnerships, 11(1), 19-25. Diakses dari https://eric.ed.gov/?id=EJ1179969

Mahfudz, M. S. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi dan Penerapannya. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(2), 533-543. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i2.534

Melesse, T. (2015). Differentiated instruction: Perceptions, practices and challenges of primary school teachers. Science, Technology and Arts Research Journal, 4(3), 253-264. http://dx.doi.org/10.4314/star.v4i3.37

Murtianto, Y. H. (2013). Pengembangan Kurikulum Berdiferensiasi Mata Pelajaran Matematika SMA untuk Siswa Cerdas Istimewa dan Berbakat Istimewa di Kelas Akselerasi. Jurnal Pembelajaran Matematika, 1(1), 58-70. Diakses dari https://jurnal.uns.ac.id/jpm/article/view/10224

Reis, S. M., & Renzulli, J. S. (1995). Curriculum compacting: A systematic procedure for modifying the curriculum for above average ability students. The Journal of the California Association for the Gifted, 26(2), 27-32. Diakses dari https://gifted.uconn.edu/wp-content/uploads/sites/961/2022/06/Curriculum_Compacting.pdf

Reis, S. M., Westberg, K. L., Kulikowich, J. M., & Purcell, J. H. (1998). Curriculum Compacting and Achievement Test Scores: What Does the Research Say? Gifted Child Quarterly, 42(2), 271-284. https://doi.org/10.1177/001698629804200206

Renzulli, J. S., & Reis, S. M. (2021). The schoolwide enrichment model: A how-to guide for talent development. Newyork: Routledge. https://doi.org/10.4324/9781003238904

Riduwan & Sunarto. (2013). Pengantar Statistika: Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Bandung: Alfabeta

Rudyatmi, E., & Rusilowati, A. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Semarang: UNNES Press.

Safarati, N., & Zuhra, F. (2023). Literature Review: Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Menengah. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14(1). Diakses dari https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/3231071

Saputra, S. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Keanekaragaman Hayati. Jurnal Edukasi dan Sains Biologi, 5(2), 34-39. Diakses dari https://www.neliti.com/publications/77036/pengaruh-model-pembelajaran-discovery-learning-berbasis-lingkungan-sekolah-terha

Setyaningsih, E., Sunandar. A., & Setiadi, A. E. (2019). Pengembangan Media Booklet Berbasis Potensi Lokal Kalimantan Barat Pada Materi Keanekaragaman Hayati Pada Siswa Kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Pontianak. J. Pedagogi Hayati, 3(1). https://doi.org/10.31629/ph.v3i1.1068

Shin, N., Choi, S. Y., Stevens, S. Y., & Krajcik, J. S. (2019). The impact of using coherent curriculum on students’ understanding of core ideas in chemistry. International Journal of Science and Mathematics Education, 17, 295-315. Diakses dari https://link.springer.com/article/10.1007/s10763-017-9861-z

Struyven, K., Dochy, F., & Janssens, S. (2005). Students’ perceptions about evaluation and assessment in higher education: A review. Assessment & evaluation in higher education, 30(4), 325-341. https://psycnet.apa.org/doi/10.1080/02602930500099102

Subban, P. (2006). Differentiated instruction: A research basis. International education journal, 7(7), 935-947. Diakses dari https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ854351.pdf

Sugiyono. 2001. Metode Penelitian dan pengembangan research and development. Bandung: CV. Alfabeta

Suhaeri & Daud, F. (2022) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Diferensiasi dalam Pembelajaran Biologi Pada Kelas X SMA Negeri 16 Bone. UNM Journal of Biological Education, 5(2), 1-11,. https://doi.org/10.35580/ujbe.v5i2.34177

Sunarmi, S. (2017). Melestarikan Keanekaragaman Hayati Melalui Pembelajaran Di Luar Kelas Dan Tugas Yang Menantang. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(1), 38-49. Diakses dari https://media.neliti.com/media/publications/117974-ID-melestarikan-keanekaragaman-hayati-melal.pdf

Suprayogi, M. N., Valcke, M., & Godwin, R. (2017). Teachers And Their Implementation Of Differentiated Instruction In The Classroom. Teaching and teacher education, 67, 291-301. https://doi.org/10.1016/j.tate.2017.06.020

Susilowati, D., & Wisanti, W. (2023). Pengembangan E-LKPD Keanekaragaman Hayati Berbasis Learning Cyle 5E (LC5E) untuk Melatih Berpikir Kritis. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 12(2), 343-355. https://doi.org/10.26740/bioedu.v12n2.p343-355

Sutopo, H. (2009). Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Berbasis Multimedia Dengan Flash, PHP, dan Mysql. Jurnal Informatika, 11(1), 1-7. https://doi.org/10.9744/informatika.11.1.1-7

Sutton, K. K. (2001). Curriculum compacting. Science Scope, 24(4), 22-33. Diakses dari https://www.researchgate.net/profile/Kimberly-Sutton-2/publication/234641033_Curriculum_Compacting/links/5a8358af45851504fb3a5b7c/Curriculum-Compacting.pdf

Thiagarajan, S., et al. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Expectional Children. A Sourse Book. Blomington: Central for Innovation on Teaching the Handicapped.

Tomlinson, C. A. (1999). Differentiated classroom. Alexandria, VA: Association for Supervision and Curriculum Development.

Van der Lans, R. M., Van de Grift, W. J., & Van Veen, K. (2018). Developing an instrument for teacher feedback: using the rasch model to explore teachers' development of effective teaching strategies and behaviors. The journal of experimental education, 86(2), 247-264. https://doi.org/10.1080/00220973.2016.1268086

Werdinigsih, D., Sunismi, S., Umamah, A., & Wahyuni, S. (2022). Indonesian Redesigned Curriculum: Teachers’ Recognition Profiles and Perception of Its Implementation and Impacts. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 9(1), 535-544. http://dx.doi.org/10.18415/ijmmu.v9i1.3401

Westbroek, H. B., van Rens, L., van den Berg, E., & Janssen, F. (2020). A practical approach to assessment for learning and differentiated instruction. International Journal of Science Education, 42(6), 955-976. https://doi.org/10.1080/09500693.2020.1744044

Widayati, T. U., Prayitno, B. A., & Ariyanto, J. (2015). Perbedaan kemampuan memecahkan masalah dan retensi menggunakan model pbl (problem based learning) dan ceramah bervariasi pada materi keanekaragaman hayati Indonesia siswa kelas X MIA SMA Negeri 2 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015. Bio-Pedagogi, 4(1), 53-58. https://doi.org/10.1080/09500693.2020.1744044

Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17–23. Diakses dari https://www.researchgate.net/publication/327699726_Uji_Validitas_dan_Reliabilitas_Instrumen_Penelitian_Kuantitatif/fulltext/5b9fb09ea6fdccd3cb5ed355/Uji-Validitas-dan-Reliabilitas-Instrumen-Penelitian-Kuantitatif.pdf

Zakaria, Z., Hadiarti, D., & Fadhilah, R. (2017). Pengembangan Instrumen Evaluasi Berbasis CBT dengan Software iSpring QuizMaker pada Materi Kesetimbangan Kimia. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 5(2), 178-183. Diakses dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jpms/article/view/16709

Zamzania, W. H., & Aristia, R. (2018). Jenis-Jenis Instrumen dalam Evaluasi Pembelajaran. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Diakses dari http://eprints.umsida.ac.id/4050/

Downloads

Published

2024-09-28

How to Cite

Awaludin, J., Martasari, F. W., Wicaksono, N. M., Ristanto, R. H., & Isfaeni, H. (2024). PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI BERBASIS CURRICULUM COMPACTING PADA PEMBELAJARAN KEANEKARAGAMAN HAYATI YANG BERDIFERENSIASI . Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi , 8(2), 95–104. https://doi.org/10.32502/didaktikabiologi.v8i2.79