PENGARUH DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN BERDIFERENSIASI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMA NEGERI 9 MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.32502/didaktikabiologi.v9i1.81Keywords:
Discovery Learning, Pembelajaran berdiferensiasi, hasil belajar biologiAbstract
Pembelajaran abad-21 tidak hanya berfokus pada penguasaan konsep, namun lebih pada penumbuhan kecakapan-kecakapan yang dibutuhkan pada Peserta didik. Harapan tersebut masih terus diupayakan melalui pembiasaan peserta didik mengkonstruksi pemahamannya secara mandiri melalui kegiatan penemuan pada proses pembelajaran, salah satu praktik yang dapat dilihat pengaruhnya dengan penerapan model Discovery learning dengan memperhitungkan kebutuhan dari target belajar dengan pendekatan berdiferensiasi pada pembelajaran biologi. Penelitian ini ditujukan guna mengetahui pengaruh Discovery learning dengan pendekatan berdiferensiasi terhadap hasil belajar biologi peserta didik kelas X SMAN 9 Makassar. enelitian ini berjenis Quasi experiment dengan bentuk Pretest-postest control group design. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis dengan membandingkan rata-rata skor pretest dan posttest yang diperoleh kedua kelompok, melalui uji inferensial dengan memperhatikan presentase perbandingan rerata nilai hasil belajar pada kedua kelompok tersebut pada uji Wilcoxon dan Mann Whitney. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,0. Sehingga disimpulkan bahwa penerapan Discovery Learning dengan pendekatan berdiferensiasi berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa SMA kelas X.
References
Adnan. (2015). Model Pembelajaran Biologi Konstruktivistik Berbasis TIK. Journal of EST, 1(1), 1–11. https://doi.org/ISSN:2460-1497
Anitasari, S. D. (2017). Implementasi Metode Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 1(1), 62-68. Retrieved from https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/ej/article/view/83/99.
Fitra, D. K. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Perspektif Progresivisme pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(3), 250–258. http://dx.doi.org/10.23887/jfi.v5i3.41249https://doi.org/10.23887/jfi.v5i3.41249
Fitri, Y., & Erita, Y. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipas Siswa Dengan Menggunakan Model Discovery Learning Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi Di Kelas Iv Sdn 11 Gadut. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 2707–2716. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8006
Hafidzah, N., Adnan, & Petiwi, E. A. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning Terintegrasi Media Pembelajaran Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Sel Kelas XI Di SMA Negeri 9 Makassar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(2), 157–161. https://doi.org/https://doi.org/10.31970/pendidikan.v5i3.965
Halim, A., Adnan, & Nur, E. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Problem Based Learning. Profesi Kependidikan, 3(2), 177–184. Retrieved from https://eprints-unm-ac-id.webpkgcache.com/doc/-/s/eprints.unm.ac.id/25549/1/Peningkatan%20Hasil%20Belajar%20Peserta%20Didik%20Melalui%20Penerapan%20Model%20Problem%20Based%20Learning.pdf
Helyati, & Wardhani, S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning pada Materi Sel. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 3(2), 89–95. https://doi.org/10.32502/dikbio.v2i2.1900
Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Siswa Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. PERSPEKTIF Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182. https://doi.org/10.21009/PIP.352.10
Indriani, C., Hidayat, S., & Astriani, M. (2023). Peningkatan Sikap Ilmiah Peserta Didik Melalui Model Discovery Learning Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 7(1), 1–7. https://doi.org/10.32502/dikbio.v7i1.4479.
Laumarang, S. N., Odja, A. H., & Supartin. (2023). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Konsep Pemanasan Global. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 3(3), 315–326. https://doi.org/DOI:10.21154/jtii.v3i3.2337
Mahfudz, M. (2023). Pembelajaran Berdiferesiasi Dan Penerapannya. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(2), 533–543. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i2.534
Manalu, A., Sitorus, P., & Harita, T. H. (2023). Efek Model PBL dengan Stategi Pembelajaran Diferensiasi terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Volume, 5(1), 159–172. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4630
Nurhalimah, & Melinda. (2023). Upaya Peningkatan Keaktifan Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Strategi Berdiferensiasi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 563–568. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.624
Palennari, M., Adnan, & Fajrianti, N. (2018). Pembelajaran sistem reproduksi manusia menggunakan blended learning terintegrasi discovery learning. Jurnal Sainsmat, VII(1), 47–56. https://doi.org/10.35580/sainsmat7164762018
Rahayu, F. F., Shafira, I., Avivi, A. A., Saptariana, M., Purnama, A., & Sultan. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran Biologi Materi Ekosistem Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora, 3(3), 244–250. Retrieved from https://ejournal.penerbitjurnal.com/index.php/humaniora/article/view/315
Yusro, A. C., & Ardania, R (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Model PjBL dengan Media Kartu. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.37729/jips.v4i1.3109
Sirih, M., Ibrahim, N., & Priyono. (2020). Comparison Of Project-Based Learning And Discovery Learning On Biology Learning Outcomes By Controlling Students ’ Initial Knowledge. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 4(2), 59–66. https://doi.org/https://doi.org/10.32502/dikbio.v4i2.2689
Sundari, S. G. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Biologi dengan Model Discovery Learning. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 1(2), 143–154. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v1i2.449