ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMA KOTA SUNGAI PENUH PADA KONTEN BIOLOGI
DOI:
https://doi.org/10.32502/didaktikabiologi.v8i2.86Keywords:
literasi sains, biologi, siswa SMAAbstract
Keahlian literasi sains sangat penting bagi siswa untuk menilai sejauh mana penerapan konsep ilmiah dalam materi Biologi. Pemahaman yang mendalam tentang konten Biologi akan memberikan wawasan mengenai efektivitas pembelajaran biologi dan memungkinkan pengembangan strategi pembelajaran yang lebih sesuai dengan kebutuhan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi sains siswa dalam konteks pembelajaran biologi. Instrumen yang digunakan adalah angket yang berfokus pada isu literasi sains khususnya dalam mata pelajaran biologi yang dikembangkan oleh Laugksch. Metode yang diterapkan adalah Kuantitatif Deskriptif, dengan pengolahan data menggunakan aplikasi JASP. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa SMA di Kota Sungai Penuh, dengan 230 siswa sebagai sampel yang terlibat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 76,96% siswa memiliki kemampuan literasi sains yang tinggi, 22,61% memiliki kemampuan sedang, dan hanya 0,43% yang menunjukkan kemampuan rendah. Siswa laki-laki memperoleh nilai minimum 42 dan maksimum 96, sementara siswa perempuan memiliki nilai minimum 23 dan maksimum 100. Secara keseluruhan, mayoritas siswa SMA di Kota Sungai Penuh menunjukkan kemampuan literasi sains yang tinggi berdasarkan data yang dikumpulkan melalui soal yang disebarkan di dua SMA di kota tersebut. Oleh karena itu, metode pengajaran perlu ditingkatkan agar dapat lebih mendukung literasi sains siswa secara optimal.
References
Afriana, J., Permanasari, A., & Fitriani, A. (2016). Penerapan Project Based Learning Terintegrasi STEM untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Ditinjau Dari Gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 202–212. 10.21831/jipi.v2i2.8561
Angraini, G. (2014). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa SMA Kelas X di Kota Solok. Prosiding Mathematics and Sciences Forum 2014 yang Diselenggarakan Oleh Universitas PGRI Semarang, 24 – 25 Januari 2015. Semarang: Universitas PGRI Semarang.
Arikunto, S. (2021). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3. Jakarta: Bumi Aksara.
Ferdyan, R., & Arsih, F. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Terhadap Covid-19 Berdasarkan Materi yang Relevan dalam Pembelajaran Biologi. Bio-Lectura: Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), 106–118. https://doi.org/10.31849/bl.v8i2.7626
Hasan, E. N., Rusilowati, A., & Astuti, B. (2018). Analysis of students science literacy skills in full day junior high school. Journal of Innovative Science Education, 7(2), 237–244. 0.15294/JISE.V7I2.25825
Laugksch, R. C. (1999). Scientific Literacy: A Conceptual Overview. Science Education, 84(1), 71-94. http://dx.doi.org/10.1002/(SICI)1098-237X(200001)84:13.0.CO;2-C
Mahtari, S., Misbah, M., & Suryati, S. (2019). Analysis of the Ability of High School Students in Solving Science Literacy Questions Based on the Rasch Model. Kasuari: Physics Education Journal, 2(1), 11–16. https://doi.org/10.37891/kpej.v2i1.61
Mellyzar, M., Zahara, S. R., & Alvina, S. (2022). Literasi sains Dalam Pembelajaran Sains Siswa SMP. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 5(2), 119–124. https://doi.org/10.31764/pendekar.v5i2.10097
Mulyani, R., Fadlika, R.H., & Dewi, T.N.S. (2020). Profil Kemampuan Literasi Sains Berdasarkan Gender di Kelas X. Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi, 12(2), 104-109. 10.25134/quagga.v12i2.2326.
Narut, Y. F., & Supardi, K. (2019). Literasi Sains Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA di Indonesia. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 3(1), 61–69. https://doi.org/10.36928/jipd.v3i1.214
Nofiana, M. (2017). Profil Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP di Kota Purwokerto Ditinjau Dari Aspek Konten, Proses, dan Konteks Sains. JSSH (Jurnal Sains Sosial Dan Humaniora), 1(2), 77–84. 10.30595/jssh.v1i2.1682
Nurazizah, S., Suhendar, S., & Nuranti, G. (2022). Profil Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP Berdasarkan Gender Menggunakan Model STEM. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 8(4), 207–214. https://doi.org/10.22437/bio.v8i4.19152
Putri, A. L., Pranata, O. D., & Sastria, E. (2024). Students Perception of Science and Technology in Science Learning: A Gender Comparative Study. Jurnal Pijar MIPA, 19(1), 44–50. https://doi.org/10.29303/jpm.v19i1.6153
Rahman, M. H., Latif, S., & Haerullah, A. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa Menggunakan Model Discovery Learning. Edukasi, 20(2), 218–230. https://doi.org/10.33387/j.edu.v20i2.5494
Saparuddin., Jihani, N., & Muis, A. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa Pembelajaran Biologi Pada SMAN di Kabupaten Bone. Jurnal Biogenerasi, 8(1), 441–445. https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v8i1.2321
Sholikah, L., & Pertiwi, F. N. (2021). Analysis of Science Literacy Ability of Junior High School Students Based On Programme for International Student Assessement (PISA). INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 2(1), 95–104. https://doi.org/10.21154/insecta.v2i1.2922
Suryaningsih, I., Roshayanti, F., & Dewi, E. R. S. (2021). Studi Komparatif Literasi Sains Siswa Berdasarkan Gender dan Tempat Tinggal di MTs NU Jogoloyo. Jurnal Kualita Pendidikan, 2(2), 90–95. https://doi.org/10.51651/jkp.v2i2.39
Tilamsari, B. Y., Komarayanti, S., & Purwaningsih, S. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Melalui PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas X.3 SMAN Rambipuji. ScienceEdu Jurnal Pendidikan IPA, 6(1), 48–54. https://doi.org/10.19184/se.v6i1.40001
Toharudin, U., Hendrawati, S., & Rustaman, A. (2011). Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humaniora.
Tuttle, M. J., Cejas, D., Kang, D., Muchaamba, F., Goncarovs, B., Ozakman, Y., Aziz, F., & Orelle, A. (2023). Promoting Science Literacy and Awareness Across The Globe: The Role of Scientists as Science Ambassadors. Journal of Microbiology & Biology Education, 24(2). https://doi.org/10.1128/jmbe.00041-23
Utami, D. D. (2018). Upaya Peningkatan Literasi Sains Siswa dalam Pembelajaran IPA. Prosiding Seminar Nasional MIPA IV yang Diselenggarakan oleh MIPA Universitas Syiah Kuala, 30 Oktober 2018. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala.
Zulyusri, Z., Sumarmin, R., & Miswati, M. (2017). Pengembangan Soal Biologi Berbasis Literasi Sains untuk Siswa SMA Kelas X Semester 1. Bioeducation Journal, 1(1), 88–94. Diakses dari https://ejournal.unp.ac.id/index.php/bioeducation/article/view/7158