PENINGKATAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN CONNECTED PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X DI SMA KOTA PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.32502/didaktikabiologi.v8i2.93Keywords:
keanekaragaman hayati, literasi sains, pembelajaran connectedAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami peningkatan literasi sains peserta didik melalui soal Programme for International Student Assessment (PISA) dalam pembelajaran terkait materi keanekaragaman hayati pada tingkat sekolah menengah atas. Penelitian ini berjenis kuantitatif menggunakan metode kuasi eksperimen. Peserta didik kelas X SMA sebanyak 64 orang merupakan subjek dalam penelitian ini. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Posttest Non Equivalent Control Group Design, dengan pembelajaran terkait pada materi keanekaragaman hayati. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Data dianalisis menggunakan teknik uji normalitas, homogenitas, dan analisis N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata N-gain untuk kelas eksperimen (pembelajaran terkait) adalah sebesar 66,31% dan rata-rata N-gain kelas kontrol 30,27%. Kemampuan literasi sains siswa telah mengalami peningkatan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa peningkatan literasi sains dengan menerapkan pembelajaran terkait termasuk ke dalam kategori cukup efektif. Proses pembelajaran ini terkait dengan beberapa aspek literasi sains, seperti pengetahuan, kompetensi, dan pengaplikasian yang dapat mengoptimalkan kemampuan literasi sains peserta didik.
References
Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2017). Pembelajaran Literasi : Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.
Al-Humaira, A. ’Ula, & Nugraheni, A. S. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Connected Pada Materi Pantun Bertema Dalam Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V MI An-Nuur Cahaya Umat. Jurnal Pendidikan, 11(1), 21–31. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v11i1.2552
Ardianto, D., & Rubini, B. (2016). Literasi Sains Dan Aktivitas Siswa Pada Pembelajaran Ipa Terpadu Tipe Shared. USEJ - Unnes Science Education Journal, 5(1), 1167–1174. 10.15294/USEJ.V5I1.9650.
Asyhari, A. (2015). Profil Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran Saintifik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 4(2), 179–191. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v4i2.91.
El Islami, R. A. Z., Nahadi, N., & Permanasari, A. (2016). Membangun Literasi Sains Siswa Pada Konsep Asam Basa Melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 2(2), 110. https://doi.org/10.30870/jppi.v2i2.662
Fitriani, S., Binadja, A., & S, K. I. (2012). Penerapan Model Connected Bervisi Science Environment Technology Pada Pembelajaran. Unnes Science Education Journal, 1(2), 111–118. 10.15294/USEJ.V1I2.871.
Haidir, I., Azis, A., & Samad, A. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Terpadu Tipe Connected Dalam Rangka Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Smp Negeri 29 Satap Malaka Kab. Maros. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 8(3), 237–242. https://doi.org.10.35580/jspf.v8i3.918.
Hawang, S. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Melalui Model Pembelajaran Terpadu Tipe Connected Pada Siswa Kelas Xii Mipa 3 Sma Negeri 3 Bone. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 2(1), 9. https://doi.org/10.26858/jkp.v2i1.5387
Mellyzar, Zahara, S. R., & Alvina, S. (2023). Literasi Sains Dalam Pembelajaran Sains Siswa SMP. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 5(2), 119–124. https://doi.org/10.31764/pendekar.v5i2.10097.
Nata, A. (2016). Pendidikan dalam Perspektif Alqur'an. Jakarta: Prenadamedia Group.
Novelita, N., Fitria, Y., & Erita, Y. (2023). Implementasi Model Connected Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09(02), 3110–3119. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1181.
Palennari, M., Safitri, A. N., & Arifin, A. N. (2022). Profil Keterampilan Literasi Sains Peserta Didik di SMA Negeri Kabupaten Pinrang. Nalar Pendidikan, 10(1), 8–14. https://doi.org/10.26858/jnp.v10i1.
Putra, W. D., Syahruddin, & Widiana, I. W. (2014). Pengaruh Model pembelajaran Terpaduu Tipe Connected Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas V SD. Journal MIMBAR PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1). https://doi.org/10.238887/jjpgsd.v2i1.2534.
Rakhmawan, A., Setiabudi, A., Mudzakir, & Ahmad. (2015). Perancangan Pembelajaran Literasi Sains Berbasis Inkuiri. JPPI Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 1(1), 143–152. http://dx.doi.org/10.30870/jppi.v1i1.331.
Rusilowati, A., & Arista. (2019). Pengembangan Alat Evaluasi Berbasis Literasi Sains untuk Mengukur Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP/MTs Bertema Gejala Alam. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 8(2), 141–151. https://doi.org/10.15294/upej.v8i2.33321.
Sari, P. M., & Yarza, H. N. (2022). Pelatihan Penguatan Literasi Sains, Keterampilan Proses Sains dan Teknologi Bagi Guru-guru Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(1), 87–91. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i1.7175.
Sudarisman, S. (2011). Tugas Rumah Berbasis Home Science Process Skill (Hsps) Pada Pembelajaran Biologi Untuk Mengembangkan Literasi Sains Siswa. Proceeding Biology Education Conference, 253–260.