PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN RESILIENSI MATEMATIS SISWA SMP

Authors

DOI:

https://doi.org/10.32502/differential.v3i1.557

Keywords:

pemecahan masalah, resiliensi matematis, CTL

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan resiliensi matematis siswa SMP melalui model Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi aritmatika sosial. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian quasi experiment dengan desain non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di salah satu SMP Negeri di Kota Bandung tahun ajaran 2023/2024 dan teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling, diambil dua kelas yang digunakan sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol, masing-masing kelas terdiri dari 31 siswa. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berupa soal kemampuan pemecahan masalah matematis dan instrumen non-tes berupa angket resiliensi matematis. Setelah dilakukan analisis data tes dan non-tes, diperoleh kesimpulan bahwa: 1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapatkan model CTL lebih tinggi secara signifikan daripada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran langsung; (2) resiliensi matematis siswa setelah mendapatkan model CTL lebih tinggi secara signifikan daripada resiliensi matematis siswa sebelum mendapatkan model CTL. Oleh karena itu, model pembelajaran CTL dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan resiliensi matematis siswa.

References

Adhyan, A. R., Sutirna, S., & Sopiany, H. N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran CTL terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(6), 1749-1760.

Alvira, L. D. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Resiliensi Siswa SMP Gajah Mada Medan (Doctoral dissertation, UNIMED).

Arafani, E. L., Herlina, E., & Zanthy, L. S. (2019). Peningkatan Kemampuan Memecahkan Masalah Matematik Siswa SMP dengan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 323-332.

Azizah, R. N. & Abadi, A. P. (2022). Kajian Pustaka: Resiliensi dalam Pembelajaran Matematika. Didactical Mathematics, 4(1), 104-110.

Harahap, I. H. & Manurung, A. A. (2022). Analisis Pengaruh Resilensi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dI MTs Ruhul Islam Sialambue. Jurnal EduTech Vol, 8(1).

Hasudungan, A. N. (2022). Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) Pada Masa Pandemi COVID-19: Sebuah Tinjauan. Jurnal Dinamika, 3(2), 112-126.

Hutauruk, A. J. (2019). Perilaku Resiliensi Matematis Mahasiswa Melalui Model Problem-Based Learning dengan Pendekatan Metakognitif. Sepren, 1(01), 7-16.

Johnson, E. B. (2002). Contextual Teaching and Learning: What It is and Why It’s Here to Stay. Thousand Oaks, CA: Corwin Press.

Johnson-Wilder, S. & Lee, C. (2010). Mathematical Resilience. Mathematics Teaching: 218 (38-41).

Ketaren, D. R. (2021). Analisis Pengaruh Resiliensi Matematis terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa di SMP IT Ar-Rasyid (Doctoral dissertation, UNIMED).

Kurniawan, M. R. & Agoestanto, A. (2023). Systematic Literature Review: Identifikasi Kemampuan Berpikir Aljabar dan Resiliensi Matematis pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2208-2221.

NCTM. (2000). Curriculum and Evaluation Standards for School Mathematics. USA: The National Council of Teacher Mathematics inc.

Novianti, D. A. (2021). Perbedaan Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Resiliensi Matematis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Jigsaw pada Siswa SMP (Doctoral dissertation, Unimed).

Primayana, K. H., Lasmawan, I. W., & Adnyana, P. B. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Lingkungan terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau dari Minat Outdoor pada Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 9(2), 72-79.

Purba, A. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XI SMK Melalui Pembelajaran Kontekstual. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 5(1), 42-50. https://doi.org/10.30743/mes.v5i1.1932

Sagala, Z. U., Simamora, Y., & Maharani, I. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik. FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(2), 11-19.

Setiyawan, E. (2010). Pembelajaran Kitab Kuning dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning di MTs Manahijul Huda Ngagel-Dukuhseti-Pati. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Walisongo. Semarang: Magister UIN Walisongo.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sundayana, R. (2018). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

UI, Psikologi. (2021). Resiliensi Orang Indonesia Cenderung Rendah. [Online] Diakses dari https://psikologi.ui.ac.id/2021/07/12/riset-f-psi-ui-resiliensi-orang-indonesia-cenderung-rendah/

Downloads

Published

2025-06-26