Usulan Desain Kemasan Songkok Recca Menggunakan Metode Kano
DOI:
https://doi.org/10.32502/integrasi.v10i1.497Keywords:
Desain Kemasan, Songkok Recca, KanoAbstract
Pertumbuhan UMKM setiap tahun mengalami peningkatan, baik dari skala jasa maupun manufaktur. Sehingga diperlukan inovasi suatu produk untuk menarik pelanggan. Produk ditentukan berdasarkan kebutuhan, kualitas, dan trend berdasarkan fungsi-fungsi produk yang lebih kompleks dalam memenuhi harapan dan kebutuhan pelanggan. XY merupakan UMKM yang memproduksi songkok recca khas daerah Bone Sulawesi Selatan dan terbuat dari serat pelapah daun lontar. XY memasarkan produknya secara offline dan online. Saat ini kemasan songkok recca hanya mengandalkan toples berbahan plastik maupun kardus tergantung dari jarak jauh pengiriman barang sehingga mengurangi nilai estetik dari kemasan produk tersebut. Selain itu, kemasan saat ini juga sering mendapatkan komplain dari pelanggan akibat produk yang diperoleh mengalami kerusakan atau kecacatan seperti songkok recca tidak transisi. Kemasan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembeli. Maka dari itu, penelitian ini akan dilakukan usulan desain kemasan songkok recca sesuai kebutuhan pelanggan dengan menggunakan metode Kano. Metode Kano merupakan teknik yang digunakan untuk pengklasifikasian atribut-atribut suatu produk jasa maupun manufaktur berdasarkan keinginan pelanggan agar dapat meningkat kualitas produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua atribut yang berada pada kategori one dimensional yaitu kemasan bisa dijadikan kotak penyimpanan (X5) dan kemasan memiliki warna menarik (X7). Kedua atribut tersebut memiliki dampak signifikan terhadap tingkat kepuasan pelanggan dalam mengembangkan desain kemasan songkok recca.
References
A. Nalhadi, B. Subentar, and S. Supriyadi, “Perancangan Kemasan Produk Kue Gipang Pangrih Menggunakan Metode Quality Function Deployment,” JiTEKH, vol. 10, no. 2, pp. 52–59, 2022.
S. Purnomo, N. Nurmalitasari, and N. Nurchim, “Digital transformation of MSMEs in Indonesia: A systematic literature review,” Journal of Management and Digital Business, vol. 4, no. 2, pp. 301–312, 2024.
M. Kashani, A. Amindoust, M. Karbasian, and A. Sheikh Aboumasoudi, “New product development based on non-functional requirements in renewable energy industries using hesitant fuzzy QFD-DFX approach,” Requir Eng, pp. 1–15, 2024.
R. Ginting, T. Y. Batubara, and W. Widodo, “Desain ulang produk tempat tissue multifungsi dengan menggunakan metode Quality Function Deployment,” Jurnal Sistem Teknik Industri, vol. 19, no. 2, pp. 1–9, 2017.
D. Kovačević and J. Bota, “Consumer satisfaction with packaging materials: Kano model analysis approach,” Tehnički vjesnik, vol. 28, no. 4, pp. 1203–1210, 2021.
M. Faishal, E. Mohamad, R. Jaafar, A. A. Rahman, O. Adiyanto, H. A. Jatmiko, and I. Novera, “Integrated approach to customer requirement using quality function deployment and Kansei engineering to improve packaging design,” Asia-Pacific J. Sci. Technol, vol. 26, no. 2, pp. 1–10, 2021.
I. B. Suryaningrat, N. S. Mahardika, and M. E. Firlanarosa, “Desain Kemasan Sekunder Pada Produk Prol Tape Dengan Metode Quality Function Deployment (Qfd),” Jurnal Agroteknologi Vol, vol. 15, no. 01, 2021.
N. Iffah, L. Lamatinulu, N. Rauf, A. Fole, and E. Erniyani, “Redesain Kemasan Produk Bolu Cukke Dengan Menggunakan Metode QFD (Quality Function Deployment) pada Bolu Cukke Berkah Makassar,” Journal of Industrial Engineering Innovation, vol. 2, no. 02, pp. 49–55, 2024.
H. Purnomo and F. Kurnia, “Design Of Lightbulb Replacement Tools Using Kano And Triz Model.,” Suranaree Journal of Science & Technology, vol. 29, no. 6, 2022.
R. W. Arini, R. S. Wahyuni, I. A. T. Munikhah, A. Y. Ramadhani, and A. Y. Pratama, “Perancangan Desain Kemasan Makanan Khas Daerah Keripik Tike Menggunakan Pendekatan Metode Kansei Engineering dan Model Kano,” Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, vol. 9, no. 1, pp. 42–52, 2023.
K. Nickita, “Synergizing Customer Satisfaction and Sustainable Innovation: Leveraging the Kano Model for Eco-Design in Product Development,” Tekmapro, vol. 19, no. 1, pp. 77–84, 2024.
N. Kłopotek, P. Dmowski, and A. Szkiel, “Directions of using the Kano Model to improve the quality of products and services,” Current trends in Quality Sciences–consumer behavior, logistic, product management. Part, vol. 2, 2021.
R. Agil and H. Purnomo, “Perancangan Ulang Desain Kursi Roda Untuk Penderita Stroke Dengan Menggunakan Metode Kano,” Jurnal Rekayasa Industri (JRI), vol. 6, no. 1, pp. 1–8, 2024.
A. W. Astuti, A. K. Hendrawan, and S. F. Wachidah, “Pengembangan Produk Kacang Sangrai UKM Surya Enjang Kacang Abadi Dengan Metode KANO DAN QFD,” Jurnal Optimasi Teknik Industri (JOTI), vol. 6, no. 2, pp. 58–68, 2024.
B. Musyahadah, N. L. Rokhmah, L. Muzaroh, Y. Astri, and R. B. Jakaria, “Merancang Kemasan Produk Macaroni Cuck Menggunakan Metode Kano,” Kohesi: Jurnal Sains dan Teknologi, vol. 4, no. 1, pp. 71–80, 2024.
A. Nurjannah and H. Purnomo, “Rancang desain produk setrika pegas menggunakan metode kano,” Teknik, vol. 39, no. 1, pp. 9–15, 2018.
Y. Maatita and V. O. Lawalata, “Penerapan kano model dalam proses pengambilan keputusan penyediaan fasilitas dan alternatif bisnis rumah kost (studi kasus: bisnis rumah kost di kawasan rumahtiga),” Arika, vol. 11, no. 2, pp. 97–108, 2017.
C. A. W. Purba, N. Trianasari, and D. P. Ramadhani, “Kualitas Layanan Fintech Dompet Digital Terhadap Kepuasan Pelanggan Menggunakan Model Kano Selama Covid-19 Tahun 2022 (Studi Kasus Pada Fintech Dompet Digital ShopeePay Dan GoPay Di Kota Bandung),” Jurnal Mirai Management, vol. 8, no. 1, pp. 138–155, 2023.
J. Jin, D. Jia, and K. Chen, “Mining online reviews with a Kansei-integrated Kano model for innovative product design,” Int J Prod Res, vol. 60, no. 22, pp. 6708–6727, 2022.
L. Slevitch, “Kano Model Categorization Methods: Typology and Systematic Critical Overview for Hospitality and Tourism Academics and Practitioners,” Journal of Hospitality & Tourism Research, p. 10963480241230956, 2024.
A. P. Hadi, S. Suryani, and M. C. Wibowo, “Pengaruh Desain Kemasan Terhadap Kepuasan Pelanggan Umkn Sakukata. Co Salatiga,” Pixel: Jurnal Ilmiah Komputer Grafis, vol. 14, no. 1, pp. 95–108, 2021.
M. F. Najib, A. Februadi, T. Djarnika, W. Rafdinal, C. M. Lasambouw, and N. Nuryati, “Inovasi desain kemasan (packaging) sebagai faktor peningkatan daya saing produk umkm di Desa Ciwarua, Kabupaten Bandung Barat,” Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 6, no. 1, pp. 56–64, 2022.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Integrasi: Jurnal Ilmiah Teknik Industri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.