KEMAMPUAN VISUAL SPASIAL SISWA SMP PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI JENIS KELAMIN

Authors

  • Maryatul Kifthiyyah Universitas PGRI Banyuwangi
  • Rachmaniah M Hariastuti Universitas PGRI Banyuwangi
  • Eko Listiwikono Universitas PGRI Banyuwangi

DOI:

https://doi.org/10.32502/differential.v1i2.102

Keywords:

visual-spasial, jenis kelamin, balok

Abstract

Kemampuan visual spasial adalah kemampuan seseorang untuk membayangkan, menentukan, dan membangun dalam konteks keruangan. Pembelajaran matematika khususnya geometri membutuhkan kemampuan visual spasial untuk dapat memahami konsep-konsep keruangan. Salah satu hal yang mempengaruhi kemampuan visual spasial siswa adalah perbedaan jenis kelamin. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan visual spasial siswa berdasarkan jenis kelamin di kelas VIII SMP Al-Irsyad Banyuwangi pada materi bangun ruang sisi datar balok. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif. Subjek penelitian adalah satu siswa perempuan dan satu siswa laki-laki kelas VIII yang memiliki nilai tes tertinggi dan komunikatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan wawancara, yang hasilnya ditriangulasikan berdasarkan indikator kemampuan visual spasial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek perempuan mampu memenuhi 4 dari 5 indikator yang ditentukan. Sedangkan subjek laki-laki mampu memenuhi semua indikator yang ditentukan. Subjek perempuan belum maksimal karena kurang dapat berimajinasi tentang bidang diagonal pada balok. Penelitian ini dapat dikembangkan dengan subjek berkemampuan sedang dan rendah, atau pada subjek di tingkatan lainnya.

References

Anita, I. W. (2015). Pengaruh Motivasi Belajar Ditinjau dari Jenis Kelamin Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Mahasiswa. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 2(2), 246-251.

Asis, M., Arsyad, N., & Alimuddin. (2015). Profil Kemampuan Spasial dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Siswa yang Memiliki Kecerdasan Logis Matematis Tinggi Ditinjau dari Perbedaan Gender (Studi Kasus di kelas XI SMAN 17 Makassar). Jurnal Daya Matematis, 2(1), 78-87.

Buyung. (2021). Analisis Kemampuan Spasial Ditinjau dari Konsentrasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP. MAJU, 8(2), 455-465.

Ismi, K. (2021). Analisis Kemampuan Spasial Matematis Siswa Ditinjau dari Perbedaan Gender. Universitas Islam Negeri Mataram.

Jelatu, S., Mandur, K., Jundu, R., & Kurniawan, Y. (2018). Relasi Antara Visualisasi Spasial dan Orientasi Spasial terhadap Pemahaman Konsep Geometri Ruang. Journal Of Songke MatH, 1(1), 47-59.

Kalsum, U. & Ismaimuza, D. (2021). Profil Penyelesaian Soal Geometri Siswa yang Memiliki Kecerdasan Logis Matematis Dominan Ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 9(2), 194-207.

Latifah, M. & Khabibah, S. (2017). Profil Pemecahan Masalah Geometri Siswa SMA Ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin dan Kemampuan Spasial. MATHEdunesa, Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(6), 37-46.

Lestari, K. E. & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. PT. Refika Aditama.

Librianti, V. D. (2015). Kecerdasan Visual Spasial dan Logis Matematis dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 10 Jember. Universitas Jember.

Murdani, Johar, R., & Turmudi. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Realistik untuk Meningkatkan Geometri Spasial Siswa di SMP Negeri Arun Lhokseumawe. Jurnal Peluang, 1(3), 36-47.

Narpila, S. D. (2019). Perbedaan Kecerdasan Spasial Antara Siswa Laki-laki dan Siswa Perempuan Kelas X SMA YPK Medan pada Materi Geometri. Jurnal Prinsip Pendidikan Matematika, 2(1), 34-41. https://doi.org/10.33578/prinsip.v2i1.39

Novita, R., Charista, R., Fajri, N., & Putra, M. (2018). Penyebab Kesulitan Belajar Geometri Dimensi Tiga. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(1), 18-29.

Patricia, F. A. (2017). Analisis Kesalahan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika IKIP Budi Utomo Malang Berdasarkan Gender dalam Menyelesaikan Himpunan. APOTEMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 3(2), 45-52.

Purborini, S. D. & Hastari, R. C. (2018). Analisis Kemampuan Spasial pada Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Derivat, 5(1), 49-58.

Ristontowi. (2013). Kemampuan Spasial Siswa Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia dengan Media Geogebra. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA Universita Negeri Yogyakarta, 499-504.

Setyawati, D. U., Febrilia, B. R. A., & Nissa, I. C. (2020). Profil Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Jenis Kelamin. Jurnal Didaktik Matematika, 7(1), 90-104. https://doi.org/10.24815/jdm.v7i1.15709

Syafiqah, A., Ruslan, & Darwis. (2020). Deskripsi Kecerdasan Visual Spasial Siswa dalam Memecahkan Masalah Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau Berdasarkan Tingkat Kemampuan Awal Geometri pada Siswa Kelas VII SMP. Issues in Mathematics Education, 4(1), 68-82.

Wijayanti, R. W., Sujadi, I., & Subanti, S. (2016). Profil Kecerdasan Visual-Spasial pada Siswa. Prosiding Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika, 547-556.

Downloads

Published

2024-03-10