PENINGKATAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK SMA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS KEARIFAN LOKAL
DOI:
https://doi.org/10.32502/differential.v1i2.113Keywords:
minat belajar, PBL, kearifan lokalAbstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar peserta didik kelas X.4 SMA PGRI 2 Palembang menggunakan model Problem Based Learning berbasis kearifan lokal pada pembelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif dengan dua siklus menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat tahapan pada setiap siklusnya yaitu rencana, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas X.4 SMA PGRI 2 Palembang berjumlah 33 orang dan objek penelitian adalah minat belajar peserta didik. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Didapat minat belajar peserta didik dari hasil observasi pra penelitian 45,44% terkategori kurang baik dan pada siklus I diperoleh 60,48% terkategori cukup baik dan meningkat pada siklus II menjadi 80% terkategori baik. Berdasarkan hasil angket minat belajar peserta didik, skor rata-rata pada siklus I sebesar 69,79 terkategori cukup baik meningkat pada siklus II menjadi 78,39 terkategori baik. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model Problem Based Learning berbasis kearifan lokal dapat meningkatkan minat belajar peserta didik kelas X.4 SMA PGRI 2 Palembang pada pembelajaran matematika.
References
Anita, N. (2019). Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Project Based Learning Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII. 2 SMP Negeri 2 Suppa Kabupaten Pinrang. Skripsi. IAIN Parepare.
Anwar, Z., Budiarti, M. I. E., & Rahajaan, W. (2022). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Etnomatematika dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTs An-Nur Yapis Kota Sorong. Laporan Penelitian. Universitas Muhammadiyah Sorong.
Astindari, T., Puspitasari, Y., & Tuljannah, N. (2022). Pengaruh Ice Breaking dan Mathmagic Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Materi Trigonometri Kelas X IPA 1 Di MAN 2 Situbondo Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(3), 2318-2323.
Budiarti, I. & Airlanda, G. S. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (Jartika), 2(1), 167-183.
Gazali, R. Y. (2016). Pembelajaran matematika yang bermakna. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 181-190.
Hartatik, S. (2022). Penerapan Problem Based Learning dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Sesuai Kurikulum Merdeka. Vocational: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 2(4), 335-346.
Herlambang, S., Anafiah, S., & Barozi, S. M. (2021). Peningkatan Minat Aktivitas Belajar Menggunakan Problem Based Learning Berbasis Kearifan Lokal Siswa Kelas IV. Jurnal Ilmiah Profesi Guru (JIPG), 2(2), 73-81.
Nadiyah, Mardiana, Iskandar, W., & Putri, F. A. (2022). Problem Based Learning (PBL) Berbasis Etnosains dan Etnomatematik. Al-Ihtirafiah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 275-284.
Khusni, M. F., Munadi, M., & Matin, A. (2022). Impelementasi Kurikulum Merdeka Belajar di MIN 1 Wonosobo. Jurnal Kependidikan Islam, 12(1), 60-71.
Lestari, V., Imansyah, F., & Fakhrudin, A. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Indonesian Research Journal on Education, 2(1), 423-431.
Mahmudah, I., Maemonah, M., & Rahmaniar, E. (2022). Implementasi Teori Belajar Kognitif Terhadap Minat Belajar Matematika. Edukasi: Jurnal Penelitian dan Artikel Pendidikan, 14(1), 35-46.
Mayasari, A., Arifudin, O., & Juliawati, E. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 3(2), 167-175.
Mayasari, N. (2022). Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning) Terhadap Kemampuan Literasi Matematika pada Pokok Bahasan Statistik Siswa Kelas XI TKR SMKN 3 Bojonegoro. Journal of Technology, Mathematics and Social Science, 1(2), 28-35.
Muliani, R. D. & Arusman, A. (2022). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Riset dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 133-139.
Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., & Hasna, S. (2022). Menerapkan Metode Pembelajaran Berorientasi Student Centered Menuju Masa Transisi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 8839-8848.
Prihantoro, A. & Hidayat, F. (2019). Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman, 9(1), 49-60.
Purwanto, W., RWW, E. T. D., & Hariyono, H. (2016). Penggunaan Model Problem Based Learning dengan Media Powerpoint untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(9), 1700-1705.
Rahimi, A., Darlis, A., Ammar, S. A., & Daulay, D. A. (2023). Sekolah Penggerak Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 692-697.
Sihombing, C. E., Lubis, R., & Ardiana, N. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Selama Pandemi Covid-19 Ditinjau dari Minat Belajar Siswa. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(2), 285-295.
Sinaga, S. J., Panggabean, P. M. T., & Hutauruk, A. J. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Kearifan Lokal terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Segiempat dan Segitiga Kelas VII SMP Swasta Putri Sion Yusmarsah. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 2734-2741.
Sukada, I. K., Sadia, W., & Yudana, M. (2013). Kontribusi Minat Belajar, Motivasi Berprestasi dan Kecerdasan Logis Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Negeri 1 Kintamani. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 4(1),
Torro, S. (2021). Implementasi Model Problem Based Learning Berbasis Kearifan Lokal dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 7(2), 197-202.