IMPLIKASI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CYCLE 5E TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA
DOI:
https://doi.org/10.32502/differential.v1i2.114Keywords:
cycle 5E, komunikasi matematisAbstract
Terdapat beberapa masalah dalam proses pembelajaran diantaranya sebagian besar siswa tidak dapat memaparkan gagasan-gagasan matematika ke dalam bentuk gambar, tabel, diagram, grafik, dan juga ekspresi aljabar, siswa belum bisa mengomunikasikan pendapatnya dengan baik, dan kemampuan komunikasi matematis sebagian besar siswa cenderung rendah. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui respon siswa, peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa, dan implikasi penerapan model pembelajaran cycle 5E terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen dengan desain quasi eksperimen. Pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TKR SMK ISDA Babakan yang berjumlah 5 kelas, dengan jumlah sampel sebanyak 2 kelas. Kelas X TKR 2 terdiri dari 35 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X TKR 5 terdiri dari 35 siswa sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat, uji t, dan N-Gain. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran cycle 5E memiliki kriteria cukup baik, adanya peningkatan terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa dalam penerapan model pembelajaran cycle 5E dan terdapat implikasi penerapan model pembelajaran cycle 5E terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.
References
Baroody, A. J. (1993). Problem Solving, Reasoning, and Communicating (K-8): Helping Kids Think Mathematically. New York, NY: Macmillan.
Greenes, C. & Schulman, L. (1996). Communication Processes in Mathematical Explorations and Investigations. Dalam Elliott and M.J. Kenney (Editor). 1996 Yearbook. Communication in Mathematics.
Hake, R, R. (1998). Interactive-Engagement Versus Traditional Methods: A Six-Thousand-Student Survey of Mechanics Test Data for Introductory Physics Courses. American Journal of Physics, 66(1), 64-74.
Hasanah, U. (2019). Pengaruh Model Learning Cycle 5E Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Pekanbaru. Skripsi. Universitas Islam Riau.
Hutagol, R. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write di Kelas VIII SMP Negeri 17 Medan TA 2015/2016. Skripsi. Universitas Negeri Medan.
Lestari, K. E. & Yudhanegara, M. R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Lorsbach, A. W. (2002). The Learning Cycle as a Tool for Planning Science Instruction. Illinois State University.
Maulyda, M. A. (2020). Paradigma Pembelajaran Matematika Berbasis NCTM. Malang : CV. IRDH.
National Council of Teachers of Mathematics. (2021). Principles and Standars for School Mathematics. https://www.nctm.org/Standards-and-Positions/Principles- and-Standards/
Ningsih, R. P. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Bukit Tinggi Tahun Pelajaran 2019/2020. JIMSA : Jurnal Ilmiah Mahasiswa STKIP Ahlussunnah, 1(2).
Octavia, S. A. (2020). Model-model Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
Shield, M. & Swinson, K. (1997). Encouraging Learning in Mathematics Through Writing. Australian Mathematics Teacher, 53(1), 4-8.
Sukmaliah, M. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Keaktifan Belajar Siswa SMP. Pasundan Journal of Mathematics Education (PJME), 5(1), 46-56.
Sumarni, Kartasasmita, B. G., Mulyana, T. (2016). Penerapan Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Sigma Didaktika, 4(2), 107-117.
Yuniarti, N. & Murnaka, N. P. (2018). Efektifitas Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII. Kreano Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(1), 28-37.