PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENGATASI PERBEDAAN KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Authors

  • Srimuliani Muliani Universitas PGRI Palembang
  • Jumroh Jumroh Universitas PGRI Palembang
  • Heny Yuliani SMA Negeri 6 Palembang

DOI:

https://doi.org/10.32502/differential.v2i1.136

Keywords:

pembelajaran berdiferensiasi, karakteristik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan karakter peserta didik yang bervariasi pada mata pelajaran matematika materi Turunan Fungsi Aljabar. Penelitian ini menggunakan pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dibagi menjadi dua siklus dan diawali dengan prasiklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, obeservasi, evaluasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas XI.2 semester genap di SMA Negeri 6 Palembang Tahun Pelajaran 2023/2024. Hasil penelitian yang dilaksanakan pada 37 orang siswa, pada kegiatan pra siklus jumlah siswa yang tuntas adalah 7 siswa (18,9 %), sedangkan siswa yang belum tuntas 30 siswa (81%), dengan nilai rata-rata 63. Pada siklus I siswa mengalami peningkatan jumlah siswa yang tuntas 12 siswa (32,4%) sedangkan siswa yang belum tuntas berjumlah 25 siswa (67,5%) dengan nilai rata-rata 66,55. Kemudian pada siklus II ini mengalami peningkatan yang sangat tinggi dibandingkan dengan siklus sebelumnya yaitu siswa yang sudah mencapai KKM berjumlah 28 siswa (75,6%), sedangkan siswa yang belum tuntas berjumlah 9 siswa (24,3%) dengan nilai rata-rata 81,3. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi Turunan Fungsi Aljabar pada siswa kelas XI.2 semester genap di SMA Negeri 6 Palembang Tahun Pelajaran 2023/2024.

References

Alhafiz, N. (2022). Analisis Profil Gaya Belajar Siswa untuk Pembelajaran Berdiferensiasi di SMP Negeri 23 Pekanbaru. J-Abdi, 1(8), 1913-1922.

Aprima, D. & Sari, S. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pelajaran Matematika SD. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 95-101.

Astria, R. & Kusuma, A. B. (2023). Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Proximal, 6(2), 112-119.

Bambang, L., Husain, S. N., & Rede, A. (2015). Penerapan Pembelajaran Media Audio Visual untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Biologi di Kelas VIII A SMP GKST Imanuel Palu. Jurnal Sains dan Teknologi Tadulako, 4(1), 23-28.

Farid, I., Yulianti, R., Hasan, A., & Hilaiyah, T. (2022). Strategi Pembelajaran Diferensiasi dalam Memenuhi Kebutuhan Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 11177-11182.

Gusteti, M. U. & Neviyarni. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pembelajaran Matematika di Kurikulum Merdeka. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika, dan Statistika, 3(3), 636-646.

Hafshah, D. R. & Nugraheni, N. (2024). Dinamika Kesetaraan Pendidikan Sebagai Fondasi SDGS. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI), 1(3), 142-150.

Hanifah, H., Susanti, S., & Adji, A. S. (2020). Perilaku dan Karakteristik Peserta Didik Berdasarkan Tujuan Pembelajaran. Manazhim, 2(1), 105-117.

Marlina. (2019). Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. PLB FIP Universitas Negeri Padang.

Mustajab, Baharun, H., & Litiqoiyah, L. (2021). Manajemen Pembelajaran Melalui Pendekatan BCCT dalam Meningkatkan Multiple Intelligences Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1368-1381.

Pane, R. N., Lumbantoruan, S., & Simanjuntak, S. D.. (2022). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. BULLET : Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(3), 173-180.

Rahmawati, L., Suharni, Ambulani, N., Febrian, W. D., Widyatiningtyas, R., & Rita, R. S. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Canva dalam Penyusunan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 129-136.

Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D. (2022). Penelitian Tindakan Kelas. Media Nusa Creative (MNC Publishing).

Suwartiningsih. (2021). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia, 1(2), 80-94.

Widyawati, R. & Rachmadyanti, P. (2023). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Materi IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 365-379.

Wisnawati, R. D., Sayekti, I. C., & Rahayu, S. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantu Roda Berputar pada Materi Kalimat Tanya Kelas V Sekolah Dasar. Educatif : Journal of Education Research, 4(3), 195-203.

Downloads

Published

2024-07-11