PENERAPAN GAME MATHEMATICS PADA PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK

Authors

  • Dewi Wahyuni Dewi Universitas PGRI Palembang
  • Alvini Agustin Universitas PGRI Palembang
  • Aini Azkiyatu Ulfah Universitas PGRI Palembang
  • Sri Muliani Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.32502/differential.v2i1.138

Keywords:

game mathematics tournament, keaktifan belajar

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik kelas XI.6 SMA Negeri 6 Palembang menggunakan game mathematics pada Pembelajaran Berbasis Masalah. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif dengan dua siklus menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari empat tahapan pada setiap siklusnya yaitu rencana, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas XI.6 SMA Negeri 6 Palembang berjumlah 35 orang dan objek penelitian adalah keaktifan belajar peserta didik. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil observasi, skor rata-rata keaktifan belajar peserta didik dari hasil observasi pada siklus I diperoleh 45,61% terkategori rendah dan meningkat pada siklus II menjadi 77% terkategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa game mathematics dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik kelas XI.6 SMA Negeri 6 Palembang pada pembelajaran matematika.

References

Ahdelia, I., Nurhayati, B., & Mardiah, S. (2023). Efekivitas Model Discovery Learning Berbantu Media Wordwall dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Peseta Didik Kelas VII A3 SMP Negeri 5 Makassar. Jurnal Pemikiran dan Pengembagan Pembelajaran, 5(2), 304-310.

Arikunto, S. (2021). Penelitian Tindakan Kelas : Edisi Revisi. Bumi Aksara.

Ate, D. & Lede, Y. K. (2022). Analisis Kemampuan Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Literasi Numerasi. Jurnal Cendekia, 6(1), 472-483.

Az-Zahra, A., Abdullah, V., & Marini, A. (2023). Studi Literatur : Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT). Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 2(8), 985-996.

Fatmawati, Wulandari, A., Putri, S. D., Hasibuan, A. M., & Yusrizal. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Journal on Teacher Education, 5(3), 18-28.

Hidayati, A. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning dan Team Games Tournment untuk Keaktifan Peserta Didik. SOSEARCH, 1(1), 39-45.

Mahayasa, I. D. M. (2023). Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament. Indonesia Journal of Instruction, 4(2), 85-92.

Maloring, B. D. C., Sandu, A., Soesanto, R. H., & Seleky, J. S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Matematika. Polyglot : Jurnal Ilmiah, 16(2), 282-301.

Nurhaliza, A. F. & Sagala, P. N. (2023). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) di SMP Negeri 14 Binjai. Journal of Student Research, 1(3), 216-229.

Nurmahalah, L. (2020). Pendidikan Abad 21 : Siswa dan Guru Harus Menjadi Pembelajar Aktif. Jurnal Sudut Pandang, 1(1), 12-14.

Nurwidia, A., Haryanto, S., & Mulyoto. (2021). Keefektifan Teams Games Tournament dan Make A Macth dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Annals of Mathematical Modeling, 1(1), 8-15.

Parhusip, G. D., Kristanto, Y. D., & Partini. (2023). Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT). Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 11(2), 293-306.

Utami, M. D., Subroto, W. T., & Hendratno. (2023). Peningkatan Keaktifan Belajar Peserta Didik Melalui Media Quiziz dalam Pembelajaran IPS Kelas V. Journal of Education Research, 4(4), 2420-2425.

Wibowo, S. A., Murtono, Santoso, & Utaminingsih, S. (2021). Efektifitas Pengembangan Buku Ajar Berbasis Nilai-Nilai Karakter Multikultural Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. SCHOLARIA : Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 11(1), 54-62.

Downloads

Published

2024-07-09