PENERAPAN MODEL MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMA

Authors

  • Alvini Agustin Universitas PGRI Palembang
  • Jumroh Jumroh Universitas PGRI Palembang
  • Heny Yuliani SMA Negeri 6 Palembang

DOI:

https://doi.org/10.32502/differential.v2i1.139

Keywords:

Make A Match, keaktifan belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa kelas XI.10 SMA Negeri 6 Palembang menggunakan model Make A Match. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) melalui tahapan 2 siklus kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Make A Match. Data dikumpulkan melalui observasi dan dianalisis secara persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match telah dilaksanakan dengan sangat baik. Keaktifan belajar siswa yang diperoleh dari hasil observasi berada pada kategori tinggi dengan persentase 80,00% yang telah mencapai target penelitian. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Make A Match terbukti mampu dan efektif dalam proses meningkatkan keaktifan belajar siswa.

References

Ariawan, R. & Nufus, H. (2017). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics ), 1(2), 82-91.

Azizudin, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas V MSI 12 Pabean Pekalongan. Skripsi. Universitas Islam Negeri KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

Dewi, S. S., Uswatun, D. A, & Sutisnawati, A. (2020). Penerapan Model Inside Outside Circle untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa dalam Pembelajaran IPA di Kelas Tinggi. Utile : Jurnal Kependidikan, 6(1), 86-91.

Diana, P. I. M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VIII MTs Nur As-Sholihat. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Fauhah, H. & Rosy, B. (2021). Analisis Model Pembelajaran Make A Match terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 321-334.

Gosachi, I. M. A. & Japa, I. G. N. (2020). Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Kartu Gambar Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 3(2), 152-163.

Laia, H. T. & Harefa, D. (2021). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Mateamtik Siswa. AKSARA Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 463-474.

Prasetyo, A. D. & Abduh, M. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Discovery Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1717–1724.

Putri, D. A. & Taufina. (2020). Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Make A Match di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 610-616.

Saputra, A. (2019). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Lembar Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Universitas Islam Negeri Mataram.

Saputra, M. A., Alfiandra, & Muniarti, S. R. (2023). Penerapan Model Make A Match dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa di SMPN 57 Palembang. Journal of Social Science and Education, 4(2), 209-223.

Sari, E. R., Yusnan, M., & Matje, I. (2022). Peran Guru dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran. Jurnal Eduscience (JES), 9(2), 583-591.

Sulistyowaty, R. K. & Firdaus. (2020). Penerapan Google Classroom dalam Pembelajaran Matematika Jarak Jauh untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa. Lentera Sriwijaya, 2(2).

Yustinaningrum, B. (2019). Model Pembelajaran Matematika Abad 21 (Kajian Model Project Based Learning). Jurnal Sinektik, 1(2), 48-63.

Downloads

Published

2024-07-22