PERBAIKAN PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL KONTEKSTUAL MENGGUNAKAN METODE NUMBERED HEAD TOGETHER

Authors

  • Aini Ulfah Univ PGRI Palembang
  • Jumroh Jumroh Universitas PGRI Palembang
  • Heny Yuliani SMA Negeri 6 Palembang

DOI:

https://doi.org/10.32502/differential.v2i1.142

Keywords:

soal kontekstual, numbered head together

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdapat dua pertemuan, siklus pertama dilakukan pada tanggal 27 dan 29 Februari 2024, sedangkan siklus kedua dilakukan pada tanggal 4 dan 6 Maret 2024 di SMA Negeri 6 Palembang. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI.5 yang terdiri dari 37 siswa dengan latar belakang yang berbeda-beda. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil yang didapat dari penelitian adalah metode Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal kontekstual dengan tingkat ketuntasan pada siklus I sebesar 75,7% dengan kategori baik dan siklus II sebesar 91,9% dengan kategori sangat baik.

References

Aqib, Z., Jaiyaroh, S., Diniati, E., & Khotimah, K. (2009). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: CV. Yrama Widya.

Dadri, P. C. W., Dantes, N., & Gunamantha, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus III Mengwi. PENDASI : Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia , 3(2), 84-93.

Dwidarti, U., Mampouw, H. L., & Setyadi, D. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Himpunan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 315-322.

Hau, E. M., Bano, V. O., & Enda, R. R. H. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Umbu Ratu Nggay. Jurnal Inovasi Penelitian, 4(1), 89-98.

Mayasari, D. & Habeahan, N. L. S. (2021). The Ability of Students’ Conceptual Understanding in Completing Story Problems on Mathematics. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 12(2), 123-136. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v12i2.43354

Muliandari, P. T. V. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Terhadap Hasil Belajar Matematika. International Journal of Elementary Education, 3(2), 132-140.

Mustaquim, D. Al. (2023). Peran Pendidikan Profesi Guru untuk Meningkatkan Profesionalitas dan Kualitas Pembelajaran di Indonesia. Literaksi : Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 168-176.

Novianti, W. (2020). Urgensi Berpikir Kritis pada Remaja di Era 4.0. Journal of Education and Counseling (JECO), 1(1), 38-52. https://doi.org/10.32627/jeco.v1i1.519

Nuryani, F. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Mata Pelajaran Ekonomi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT pada Siswa Kelas X di SMA Negeri 2 Bantul. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, 5(6), 536-542.

Pratiwi, D. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT di SDN Nomporejo. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11, 1048-1055.

Reski, R., Hutapea, N., & Saragih, S. (2019). Peranan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(1), 049-057. https://doi.org/10.24014/juring.v2i1.5360

Ristiana, B. (2022). Peranan Pembelajaran Model Number Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Materi Aproksima di SD. Jurnal PGSD Indonesia, 8(2), 1-9.

Siregar, R. F. & Wandini, R. R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) dalam Pembelajaran Matematika di SD Subsidi Swakarya. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 30583-30587.

Sriyanti, A., Idris, R., & Rahman, R. (2019). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Berbantuan Media Pembelajaran Question Card dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Sanrobone. Al Asma : Journal of Islamic Education, 1(1), 18-28. https://doi.org/10.24252/asma.v1i1.11245

Tukly, P., Sholahudin, U., & Giyanti. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Berbantuan Peta Konsep Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 1(1), 139-149. https://doi.org/10.55681/sentri.v1i1.212

Yulianto, T., Siswanto, N. D., Indra, H., Al-Kattani, A. H. (2024). Analisis Manajemen Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru pada Lembaga Pendidikan. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(3), 1349-1358.

Downloads

Published

2024-06-29