DESAIN E-MODUL MENGGUNAKAN APLIKASI FLIP PDF PROFESSIONAL PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS KELAS VIII SMP

Authors

  • Galih Bayu Anggara Universitas PGRI Silampari
  • As Elly S 3Universitas PGRI Silampari
  • Rani Refianti 3Universitas PGRI Silampari

DOI:

https://doi.org/10.32502/differential.v2i1.160

Keywords:

Phytagoras, e-modul, Flip PDF Profesional

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul pembelajaran matematika menggunakan aplikasi Flip PDF Professional pada materi teorema Pythagoras yang valid, praktis, serta memiliki efek potensial terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap, yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation . Subjek penelitian ini terdiri dari validator (ahli bahasa, materi dan media), guru matematika dan siswa kelas VIII. Pengumpulan data dilaksanakan dengan mewawancarai, pengisian lembar angket, dan tes. Hasil penelitian yang dikembangkan memiliki validitas bahasa sebesar 0,80 dengan kategori sangat valid, validitas media sebesar 0,83 dengan kategori sangat valid, dan validitas materi 0,67 dengan kategori valid. Kepraktisan e-modul berdasarkan respon guru sebesar 84,4% dengan kategori sangat praktis dan respon siswa (small group) sebesar 95,8% dengan kategori sangat praktis. Aspek efek potensial e-modul terhadap hasil belajar siswa dimana sebesar 74,2% dengan kategori baik. Kesimpulan bahwa pengembangan e-modul menggunakan aplikasi Flip PDF Professional pada materi teorema Pythagoras yang dikembangkan pada penelitian ini dinyatakan valid dan praktis serta memiliki efek potensial yang baik.

References

Andria, A. (2022). Pengembangan E-Modul Menggunakan Flip PDF Professional pada Materi Segiempat. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Anggraini, G. R. & Ariyanto. (2017). Analisis Kesulitan Pemahaman Konsep pada Materi Pythagoras di Kelas VIII SMP Negeri 3 Kartasura. Prosiding Sempoa: Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika 3 2017 Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Anshary, I. & Edidas. (2018). Pengembangan Trainer Mikrokontroler Sebagai Media Pembelajaran dengan Metode Fault-Finding. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika), 6(2), 80-84.

Apsari, P. N. & Rizki, S. (2018). Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android pada Materi Program Linear. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 161-170.

Aulia, R., Patmantara, S., & Handayani, A. N. (2016). Perancangan Buku Digital Interaktif Berbasis Flipping Book TIK Kelas XI SMA. Prosiding SENTIA 2016 Politeknik Negeri Malang, 8, 346-351.

Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Elvarita, A., Iriani, T., & Handoyo, S. S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Mekanika Tanah Berbasis E-Modul pada Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil (JPenSil), 9(1), 1-7.

Febrina, T., Leonard, & Astriani, M. M. (2020). Pengembangan Modul Elektronik Matematika Berbasis Web. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 27-36.

Herawati, N. S. & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Interaktif pada Mata Pelajaran Kimia Kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180-191.

Himmah, E. F. (2019). Pengembangan E-Modul Menggunakan Flip PDF Professional pada Materi Suhu dan Kalor. Skripsi. UIN Raden Intan Lampung.

Isnania, I. (2020). Desain E-Modul Menggunakan 3D Pageflip Professional Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) untuk Siswa Kelas VIII pada Materi Teorema Pythagoras. Skripsi. FKIP Universitas Jambi.

Lestari, E., Nulhakim, L., & Suryani, D. I. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Flip PDF Professional Tema Global Warming Sebagai Sumber Belajar Mandiri Siswa Kelas VII. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 338-345.

Mashuri, S. (2019). Media Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Deepublish.

Nadhilah, S., Purwoko, R. Y., & Nugraheni, P. (2020). Pengembangan E-Modul dengan Mengintegrasi Etnomatematika Produk Budaya Jawa Tengah. PeTeKa, 3(2), 63-72.

Norsanty, U. O. & Chairani, Z. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Materi Lingkaran Berbasis Pembelajaran Guided Discovery untuk Siswa SMP Kelas VIII. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 12-23.

Rahman, L., Silaban, R., & Nur, N. (2021). Development of E-Module Assisted Chemistry Flip PDF Professional for Non-Metal Chemistry Learning on the Subject of Carbon and Silicon. Duconomics Sci-meet (Education & Economics Science Meet), 1, 185-191.

Ridwan, M. R. (2022). Pengembangan E-Modul Menggunakan Aplikasi Flip PDF Professional pada Kelas IV SD/MI. Skripsi. Lampung: UIN Raden Intan Lampung.

Ritonga, E. D. S. & Hasibuan, L. R. (2022). Analisis Kesulitan Siswa dalam Pembelajaran Materi Teorema Pythagoras Ditinjau dari Minat Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Rantau Utara. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 06(02), 1449-1460.

Rohmah, A. S. (2020). Analisis Kesalahan Siswa MTs dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Teorema Pythagoras. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif ), 3(5), 433-442.

Tania, L. (2017). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Sebagai Pendukung Pembelajaran Kurikulum 2013 pada Materi Ayat Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 5(2), 1-9.

Triwiyanto, T. (2021). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Winatha, K. R., Suharsono, N., & Agustini, K. (2018). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Proyek pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Kelas X di SMK TI Bali Global Singaraja. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 8(1), 13-25.

Wulansari, E. W., Kantun, S., & Suharso, P. (2018). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Ekonomi Materi Pasar Modal untuk Siswa Kelas XI IPS MAN 1 Jember Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial, 12(1), 1-7.

Downloads

Published

2024-06-30