ANGKET KECEMASAN MATEMATIKA SISWA SMP PADA MATERI PRISMA
DOI:
https://doi.org/10.32502/differential.v2i1.165Keywords:
angket, kecemasan matematika, prismaAbstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan angket kecemasan matematika yang valid, praktis, dan reliabel untuk siswa pada pembelajaran materi prisma. Belum adanya tersedia angket kecemasan matematika khusus pada pembelajaran materi prisma merupakan penyebab utama yang melatarbelakangi penelitian ini. Kecemasan matematika dapat mempengaruhi keberhasilan mereka dalam mengikuti pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode pengembangan ADDIE. Metode ini terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Data diuji secara teoritis melalui uji pakar, dan diuji secara empirik melalui uji keterbacaan, uji validitas dan uji reliabilitas. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif, analisis kualitatif dilakukan terhadap hasil validasi pakar dan hasil uji keterbacaan, dan analisis kuantitatif dilakukan terhadap hasil uji validitas dan uji reliabilitas. Untuk uji kuantitatif diambil sebanyak 73 siswa dari SMPN 1 Air Salek, SMPN 5 Tungkal Jaya, dan SMPN 7 Sungai Lilin. Dari proses pengembangan, dibuat 30 item pernyataan, namun 2 item ternyata tidak valid, sehingga diperbaiki maksud dan redaksinya agar tetap dipakai seluruhnya. Setelah diperbaiki, maka diperoleh 30 pernyataan angket yang mencerminkan kecemasan matematis siswa SMP dalam pembelajaran materi prisma.
References
Afinudin, A. H. (2023). Analisis Kecemasan Belajar Matematika Terhadap Kemampuan Literasi Matematik pada Materi Aritmatika Sosial di Kelas X-DKV SMK Sunnatunnur Senori Tuban. Skripsi. IKIP PGRI Bojonegoro.
Aisah, L.S., Kusnandi, Yulianti, K. (2016). Desain Didaktis Konsep Luas Permukaan dan Volume Prisma dalam Pembelajaran Matematika SMP. MATHLINE : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(1), 14-22.
Aldoobie, N. (2015). ADDIE Model. American International Journal of Contemporary Research, 5(6), 68-72. https://www.aijcrnet.com/journals/Vol_5_No_6_December_2015/10.pdf
Alwi, I. (2012). Kriteria Empirik dalam Menentukan Ukuran Sampel pada Pengujian Hipotesis Statistika dan Analisis Butir. Jurnal Formatif, 2(2), 140-148. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v2i2.95
Ananda, R. & Fadhli, M. (2018). Statistik Pendidikan (Teori dan Praktik dalam Pendidikan). Medan: CV. Widya Puspita.
Ashcraft, M. H. (2002). Math Anxiety: Personal, Educational, and Cognitive Consequences. Current Directions in Psychological Science, 11(5), 181-185. doi:10.1111/1467-8721.00196, S2CID 16387293
Himmi, Z. (2023). Analisis Kecemasan Matematis Siswa dalam Pembelajaran Matematika SMA Negeri 1 Seulimeum. Skripsi. UIN Ar-Raniry.
Putri, E., Arjudin, Azmi, S., & Sripatmi. (2023). Pengaruh Konsep Diri dan Kecemasan Matematis terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Madrasah Aliyah. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1390-1398.
Retnawati, H. (2017). Pengantar Analisis Regresi dan Korelasi. Makalah disajikan pada kegiatan Workshop Teknik Analisis Data Fakultas Ekonomi dan Bisnis IAIN Batusangkar di Rocky Hotel Bukittinggi, 25 Juli 2017. http://staffnew.uny.ac.id/upload/132255129/pengabdian/4-materi-Pengantar%20Analisis%20Regresi-alhamdulillah.pdf
Richardson, F. C. & Suinn, R. M. (1972). The Mathematics Anxiety Rating Scale: Psychometric Data. Journal of Counseling Psychology, 19(6), 551-554. doi:10.1037/h0033456. ISSN 1939-2168.
Satriyani. (2016) Pengaruh Kecemasan Matematika (Mathematics Anxiety) dan Gender Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Suárez-Pellicioni, Macarena; Núñez-Peña, María Isabel; Colomé, Àngels (2016). Math Anxiety: A Review of Its Cognitive Consequences, Psychophysiological Correlates, and Brain Bases. Cognitive, Affective, & Behavioral Neuroscience, 16(1), 3-22. doi:10.3758/s13415-015-0370-7.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Trujillo, K. & Hadfield, O.D. (1999). Tracing the Roots of Mathematics Anxiety Through in-depth Interviews with Preservice Elementary Teachers. College Student Journal, 33 (2), 219-232.
Wahyuni, N. (2014). Uji Validitas dan Reliabilitas. https://qmc.binus.ac.id/2014/11/01/u-j-i-v-a-l-i-d-i-t-a-s-d-a-n-u-j-i-r-e-l-i-a-b-i-l-i-t-a-s/