PERAN GURU DALAM MEMAKSIMALKAN POTENSI SISWA TUNAGRAHITA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SLB NEGERI KOTA BANJARBARU
DOI:
https://doi.org/10.32502/differential.v2i1.166Keywords:
peran guru, siswa tunagrahita, matematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran guru dalam memaksimalkan potensi siswa tunagrahita pada pembelajaran matematika di SLB Negeri Kota Banjarbaru. Menggunakan metode kualitatif, data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Subjek pada penelitian ini adalah guru kelas, guru mata pelajaran matematika, guru pendamping siswa tunagrahita. Sedangkan objek penelitian ini adalah bagaimana peran guru mata pelajaran matematika dalam memaksimalkan potensi siswa tunagrahita pada pembelajaran matematika. Data dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru berperan penting dalam mengidentifikasi kebutuhan individu siswa dan menerapkan strategi pembelajaran yang sesuai, seperti penggunaan alat bantu visual dan pendekatan multisensori. Guru juga berfungsi sebagai motivator yang meningkatkan kepercayaan diri dan partisipasi siswa. Dukungan orangtua dan kolaborasi dengan tenaga ahli menjadi faktor pendukung yang penting. Penelitian ini menegaskan bahwa pendekatan holistik dan kolaboratif merupakan kunci dalam memaksimalkan potensi siswa tunagrahita dalam pembelajaran matematika.
References
Badawi, A., Arjudin, Lu’luilmaknun, U., & Amrullah. (2022). Implementasi Pembelajaran Matematika untuk Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita pada Siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 1 Mataram. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(4), 962-971.
Cahyaningtyas, H., Dale, A. A., Karimah, F. N., & Caesaria, I. (2020). Kebahagiaan Guru Sekolah Luar Biasa (SLB). Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(1), 93-102.
Harmaini, Suyanta, S., & Zulfatmi. (2021). Model Pendidikan Inklusi dalam Pembelajaran PAI di Kota Banda Aceh. Prosiding International Conference on Islamic Civilization (ICONIC). Pascasarjana UIN Ar-Raniry Banda Aceh, 19-21 Oktober 2021.
Hidayah, R., Solichah, N., Solehah, H. Y., & Rozana, K. A. (2021). Persepsi dan Peran Guru Terhadap Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Psikoislamika: Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam, 18(2), 330-346.
Indy, R., Waani, F. J., Kandowangko, N. (2019). Peran Pendidikan dalam Proses Perubahan Sosial di Desa Tumaluntung Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara. HOLISTIK, Journal of Social and Culture, 12(4), 1-18.
Julkifli, M. (2019). Strategi Guru Mengelola Kelas dalam Mengatasi Kesulitan Belajar pada Anak Lamban Belajar: Studi Kasus di SDIT Al-Firdaus Banjarmasin. Tesis. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Kurniawati, D., Kasiyati, Amsyaruddin. (2014). Persepsi Guru Kelas Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus di SD Payakumbuh. E-JUPEKhu (Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus), 3(1), 109-118.
Mulyani, D.W.C. & Abidinsyah. (2021). Strategi Pembelajaran Peserta Didik Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di SDN Antar Baru 1 Marabahan. Jurnal Pendidikan Hayati, 7(4).
Mumpuniarti. (2003). Ortodidaktik Tunagrahita. Yogyakarta. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.
Oktorima, O. (2015). Penilaian Hasil Belajar Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Penyelenggara Inklusif SDN 01 Limau Manis (Penelitian Studi Kasus). E-JUPEKhu (Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus) 4(3), 340-349.
Owa, Y. K., Kero, M. A., Itu, M. A., & Ledu, M. G. G. (2023). Studi Anak Berkebutuhan Khusus: Implementasi Matakuliah Pendidikan ABK dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti, 1(2), 203-210.
Palabuan, Y. R. (2024). Penerapan Permainan Memancing untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Matematika pada Anak SLB Asuhan Kota Kupang. Kolaborasi : Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengembangan, 5(3), 366-371.
Rasyada, A., Zulfah, R., & Hasanah, U. (2022). Peran Guru dalam Proses Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus di SDLBN 1 Amuntai. Scientific Journal Islamic Education, 1(1), 1-8.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sukardi. (2021). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Bumi Aksara.
Widyandari, N. (2015). Peningkatan Kemampuan Mengenal Angka 1-10 Melalui Flip Chart pada Anak Kelompok A1 TK Kemala Bhayangkari 91 Kecamatan Kalasan Kabupaten Sleman. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Wulandari, A.Y., Devita, D., Vernanda, G., & Antonio, J. P. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Bagi Siswa Tunagrahita Ringan Kelas X SMALB Negeri PKK Bandar Lampung. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 22(1), 196-206.
Wuryandi, T. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Operasi Pengurangan Bilangan 1-10 Melalui Metode Bermain Kelereng pada Siswa Tunagrahita Ringan Kelas 1 di SDN Inklusif. Jurnal Pendidikan Khusus. 9(1), 1-7.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. file:///C:/Users/ASUS/Downloads/UU%20Nomor%2020%20Tahun%202003.pdf