MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA MATERI BILANGAN BERPANGKAT

Authors

  • Tasya Nilna Salsabila Universitas Islam Sultan Agung
  • Mochamad Abdul Basir Universitas Islam Sultan Agung
  • Nila Ubaidah Universitas Islam Sultan Agung

DOI:

https://doi.org/10.32502/differential.v2i2.218

Keywords:

kesalahan, Literasi Matematika, Kurikulum merdeka, Materi bilangan berpangkat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi yang dialami peserta didik melalui jawaban yang mereka berikan, serta menemukan solusi yang tepat untuk mengatasi miskonsepsi tersebut. Subjek penelitian terdiri dari 5 peserta didik yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa miskonsepsi yang dialami peserta didik umumnya berkaitan dengan bahasa, di mana mereka mengaku memahami soal, tetapi tidak dapat mengaplikasikan dengan benar dalam jawaban. Peserta didik yang memberikan jawaban salah mengalami miskonsepsi dalam hal bahasa, notasi, penggeneralisasian, serta penerapan aturan yang keliru. Faktor penyebab miskonsepsi antara lain kurang teliti dan fokus dalam membaca soal, kesulitan mengikuti instruksi, serta ketidakpahaman terhadap materi yang diajarkan di kelas, seperti rumus operasi bilangan berpangkat. Selain itu, peserta didik juga kurang memahami cara yang tepat untuk menyelesaikan soal, atau salah dalam mengingat dan mengaplikasikan rumus yang benar. Penelitian ini menyarankan agar peserta didik lebih berhati-hati dalam membaca soal dan lebih memahami instruksi yang diberikan.

References

Ananda, E. R. & Wandini, R. R. (2022). Analisis Perspektif Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4173-4181.

Anisa & Nisak, K. (2023). Analisis Miskonsepsi Siswa terhadap Bilangan Berpangkat. Student Research Journal (SRJ), 1(6), 273-286.

Desstya, A. Prasetyo, Z. K. Susila, I. Suyanta, S. & Irwanto, I. (2019). Developing an Instrument to Detect Science Misconception of an Elementary School Teacher. International Journal of Instruction, 12(3), 1-18.

Fitriyah, I. M. Pristiwati, L. E. Sa’adah, R. Q. Nikmarocha, N. & Yanti, A. W. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Koordinat Cartesius Menurut Teori Kastolan. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8(2), 109-122.

Galistiani, R. P. & Fatmahanik, U. (2023). Analisis Miskonsepsi Siswa pada Bilangan Berpangkat Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa dengan Menggunakan Certainty of Response Index (CRI). AL THIFL: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 197-219.

Ikram, R. L. Setiawani, S. Pambudi, D. S. & Murtikusuma, R. P. (2018). Analisis Miskonsepsi Siswa dalam Menyelesaikan Permasalahan Persamaan Kuadrat Satu Variabel Ditinjau dari Perbedaan Gender. KADIKMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 9(3), 204-2015.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). (2005). Balai Pustaka.

Kusmaryono, I. Ubaidah, N. Ulya, N. & Kadarwati, S. (2019). Have Teachers Never Been Wrong? Case Studies of Misconceptions in Teaching Mathematics in Elementary Schools. DAYA MATEMATIS: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 7(2), 209-218.

Latifah, U. L. N. Wakhyudin, H. & Cahyadi, F. (2020). Miskonsepsi Penyelesaian Soal Cerita Matematika Materi FPB dan KPK Sekolah Dasar. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 3(2), 181-195.

Mufidah, I. & Budiarto, M. T. (2018). Miskonsepsi Siswa SMP dalam Memahami Konsep Bangun Datar Segiempat Ditinjau dari Gaya Belajar VAK. MATHEdunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(7), 232-239.

Nurkamilah, P. & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis Miskonsepsi Siswa pada Bilangan Berpangkat. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 49-60.

Putri, R. & Subekti, H. (2021). Analisis Miskonsepsi Menggunakan Metode Four-Tier Certainty of Response Index: Studi Eksplorasi di SMP Negeri 60 Surabaya. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains, 9(2), 220-226.

Qurrota & Nuswowati, M. (2018). Analisis Miskonsepsi Siswa Menggunakan Tes Diagnostic Multiple Choice Berbantuan CRI (Certainty of Response Index). Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(1), 2108-2117.

Tiandho, Y. (2018). Miskonsepsi Gaya Gesek pada Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan, 4(1), 1-9.

Utami, R. (2019). Analisis Miskonsepsi Siswa dan Cara Mengatasinya pada Materi Bentuk Aljabar Kelas VII-C SMP Negeri 13 Malang. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 37-44.

Yusmin, E. (2019). Kesulitan Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika (Rangkuman dengan Pendekatan Metaethnography). Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 9(1), 2119-2136.

Downloads

Published

2024-12-13