MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF “DEFRACTION” BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA MAGIC AI UNTUK MATERI PECAHAN SMP

Authors

  • Dea Risky Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
  • Soraya Djamilah 3Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
  • Ahmad Lazwardi Universitas Muhammadiyah Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.32502/differential.v2i2.219

Keywords:

Defraction, website, canva magic AI

Abstract

Penelitian ini menjelaskan bagaimana proses pengembangan, uji kevalidan, dan kepraktisan dari media pembelajaran interaktif “Defraction” berbasis website menggunakan aplikasi Canva Magic AI untuk materi pecahan SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) dan teknik pengumpulan data dilakukan melalui uji validitas dan uji kepraktisan. Data hasil penelitian diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan uji validitas dan uji kepraktisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh persentase validitas pengembangan media sebesar 95% dari ahli media 1, 90% dari ahli media 2, dan 85% dari ahli materi yang berada pada kriteria sangat valid. Kepraktisan media telah memenuhi kriteria sangat praktis, berdasarkan respon guru diperoleh 96% dan respon siswa diperoleh persentase 93,6% pada uji kelompok kecil sebanyak 5 orang siswa kelas VIII A dan 86,33% pada uji kelompok besar sebanyak 24 orang siswa kelas VII E.

References

Baihaki, Djamilah, S., & Lazwardi, A. (2022). Developing Interactive Learning Media Based On Adobe Animate Applications For Geometry Transformation. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 191-206.

Chandra, F. N., Rahaju, & Yuwono, T. (2023). Pengembangan E-LKPD Interaktif Materi Himpunan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika , 8(1), 90-101.

Dila, O. R. & Zanthy, L. S. (2020). Identifikasi Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Aritmatika Sosial. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(1), 17-26.

Fendrik, M. & Putra, Z. H. (2016). Penerapan Pendekatan Model Method Untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Riau dalam Pemecahan Masalah Pecahan. Journal Sport Area Penjaskesrek FKIP Universitas Islam Riau, 1(2), 43-52.

Fikri, H., Sri Madona, A., & Morelent, Y. (2018). The Quality of Interactive Multimedia in Indonesian Language Learning at the 5th Grade of Elementary School: The Practicality and Effectiveness after Wide-Scale Tryout. Asia Proceedings of Social Sciences, 2(4), 105-109.

Hafizah, Z. & Samosir, K. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP Nurul Islam Indonesia Medan. Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(1), 42-51.

Hamidah, I. & Susilawati, S. (2023). Pembelajaran Matematika Berintegrasi Nilai-Nilai Keislaman dalam Pembentukan Karakter Siswa. Indonesian Journal of Teaching and Learning (INTEL), 2(1), 29-36.

Juniarti, S., Fitrianti, Y., & Paradesa, R. (2022). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Operasi Bilangan Pecahan Kelas VII SMP. Jurnal of Education in Mathematics, Science, and Technology, 5(2), 95-102.

Kamila, Z. & Kowiyah. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Canva pada Materi Pecahan untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 07(1), 72-83.

Nasiruudin, F. A. & Hayati. (2019). Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Pecahan pada Siswa Sekolah Dasar di Makassar (Studi Kasus Siswa Kelas V SDN Inpres Panaikang II/1 Makassar). Klasikal: Journal of Education, Language Teaching and Science, 1(2), 23-31.

Nasution, N. S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powtoon pada Materi Penyajian Data di Kelas VII MTs Ex Pga UNIVA Medan T.A 2019/2020. Skripsi. Universitas Negeri Medan.

Nurmeidina, R., Lazwardi, A., & Nugroho, A. G. (2021). Pengembangan Modul Trigonometri untuk Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 15-27.

Pelangi, G. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpam, 8(2), 79-96.

Rangko, A. M. (2022). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Canva untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Tema 2 Subtema 1 Kelas V SDN 14 Mataram. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Mataram.

Tamaela, E. S., Kdise, I. I., & Huwae, V. D. (2021). Penerapan Model Asesmen Problem Based Learning dengan Pendekatan STEM Guna Melatih Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Public Policy Jurnal Aplikasi Kebijakan Publik & Bisnis, 2(1), 159-170.

Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1989 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. https://bphn.go.id/data/documents/89uu002.pdf

Zabeta, M., Hartono, Y., & Putri, R. I. I. (2015). Desain Pembelajaran Materi Pecahan Menggunakan Pendekatan PMRI di Kelas VII. Jurnal Beta, 8(1), 86-99.

Downloads

Published

2024-12-13