PENGEMBANGAN MEDIA CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATERI MATRIKS DI SMK

Authors

  • Jumroh Jumroh Universitas PGRI Palembang
  • Asnurul Isroqmi Universitas PGRI Palembang
  • Rahmat Tullah Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.32502/differential.v2i2.239

Keywords:

canva, matriks, media pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Canva pada materi matriks untuk siswa SMK Negeri 5 Palembang yang memiliki tingkat validitas, kepraktisan, dan efektivitas tinggi. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, yang meliputi lima tahap: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Produk ini diujicoba pada siswa kelas XI SMK Negeri 5 Palembang tahun ajaran 2023/2024. Data dikumpulkan melalui angket, observasi, dan tes. Hasil validasi dari tiga validator, yaitu dua dosen dan satu guru, menunjukkan tingkat validitas sebesar 94,45%, yang tergolong sangat valid. Tingkat kepraktisan, berdasarkan uji coba kepada siswa, mencapai 78,42% dan dikategorikan praktis. Efektivitas media pembelajaran ini diukur melalui tes kuis, dengan hasil sebesar 90,59%, yang termasuk dalam kategori sangat efektif.

References

Djamaluddin, A. & Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Kaaffah Learning Center.

Fatihah, W. & Ruhiat, Y. (2023). Pengembangan Konten Pembelajaran Berbasis Canva pada Pokok Bahasan Asam-Basa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 17(1), 57-61.

Hafizah, Z. & Samosir, K. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP Nurul Islam Indonesia Medan. Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(1), 42-51.

Hapsari, D. & Fahmi, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Operasi Pada Matriks. FIBONACCI : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 7(1), 51-60.

Hasmawaty, Syam, H., & Saman, A. (2020). Validity, Practicality, and Effectiveness: The Last Step in Development of Entrepreneurship Education Based Role-Playing for Kindergarten. Universal Journal of Educational Research, 8(12B), 8092-8101.

Kamila, Z. & Kowiyah. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Canva pada Materi Pecahan Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 72-83.

Kristanto, Y. A., Mulyanta, & Firdaus, N. (2020). Desain Presentasi dan Infografis dengan Canva. Yogyakarta: Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan dan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga.

Maydiantoro, A. (2021). Model-model Penelitian Pengembangan (Research and Development). Jurnal Pengembangan Profesi Pendidikan Indonesia, 1(2), 29-35.

Meslita, R. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Aplikasi Desmos pada Materi Program Linear. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06(02), 1857-1868.

Patongai, D. D., Nurhayati, Karim, H., & Saparuddin. (2022). Pemanfaatan Canva For Education untuk Meningkatkan Keterampilan Membuat Bahan Ajar Bagi Guru Sekolah Menengah. SMART : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 130-137.

Putri, D. P., Manfaat, B., & Haqq, A. A. (2020). Desain Didaktis Pembelajaran Matematika untuk Mengatasi Hambatan Belajar pada Materi Matriks. Jurnal Analisa, 6(1), 56-68.

Sari, D., Syafi'i, M., & Nurwiatin, N. (2021). Analisis Kesulitan Siswa dalam Penyelesaian Soal Matematika pada Materi Matriks. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, pp. 388-396. Jakarta: STKIP Kusuma Negara.

Sholeh, M., Rachmawati, Y., & Susanti, E. (2020). Penggunaan Aplikasi Canva untuk Membuat Konten Gambar pada Media Sosial Sebagai Upaya Mempromosikan Hasil Produk UKM. SELAPARANG : Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 430-436.

Sitepu, E., Vega, R., Mardiati, Sitepu, D., & Afni, K. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika pada Pokok Bahasan Matriks Siswa Kelas XI SMK Swasta Bintang Langkat. Jurnal Serunai Matematika, 14(2), 133-140.

Syahrir, A. P., Zahirah, S. P., & Salamah, U. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Desain Grafis Canva dalam Pembelajaran Multimedia di SMA Negeri 1 Taman. Prosiding Seminar Nasional : Seminar Nasional Universitas Negeri Surabaya, 732-742.

Wijaksono, S. & Prima, F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Canva. EDUCATIVO : Jurnal Pendidikan, 1(2), 621-629.

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Shofiah, T., Nurazizah, & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 05(02), 3928-3936.

Zannurrain, M., Herdiyanti, A., & Hasibuan, M. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Siswa SMA pada Materi Matriks. Ar-Riyadhiyyat : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 32-40.

Ziliwu, D., Iase, S., Lase, P., & Zega, I. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Canva untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal on Education, 06(01), 4098-4105.

Downloads

Published

2024-12-16