KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 59 PALEMBANG PADA MATERI STATISTIKA

Authors

  • Ayu Saputri Universitas PGRI Palembang
  • Eka Fitri Puspa Sari Universitas PGRI Palembang
  • Yunika Lestaria Ningsih Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.32502/differential.v2i2.245

Keywords:

kemampuan literasi numerasi, statistika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat literasi numerasi siswa pada materi statistika di SMP Negeri 59 Palembang. Lokasi penelitian adalah SMP Negeri 59 Palembang, dengan sampel acak yang terdiri dari 34 siswa kelas VIII5. Pengumpulan data dilakukan melalui tes berbentuk soal uraian mengenai materi statistika. Untuk menganalisis data, penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa kemampuan literasi numerasi peserta didik pada tiga indikator menunjukkan hasil sebagai berikut: indikator pertama, yang mengukur kemampuan untuk menganalisis informasi dalam berbagai bentuk, memperoleh persentase 70,59% dengan kategori sedang. Indikator kedua, yang mengukur kemampuan untuk menggunakan angka dan simbol matematika dasar dalam menyelesaikan masalah praktis dalam kehidupan sehari-hari, memperoleh persentase 55,51% dengan kategori rendah. Indikator ketiga, yang mengukur kemampuan untuk menggunakan hasil analisis dalam mengambil keputusan, memperoleh persentase 47,06%. Secara umum, tingkat literasi numerasi siswa di SMP Negeri 59 Palembang pada materi statistika berada dalam kategori rendah.

References

Bustami, A. N. & Ningsih, S. C. (2023). Analisis Kemampuan Siswa Kelas X MIPA 2 MAN 1 Bantul dalam Menyelesaikan Soal Literasi Numerasi. Jurnal Pendidikan Pemuda Nusantara, 5(1), 1-11.

Febriani, A. R. (2023). Siswa, Ini 3 Keterampilan yang Wajib Dimiliki di Abad ke-21. Detik.Com. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6515046/siswa-ini-3-keterampilan-yang-wajib-dimiliki-di-abad-ke-21

Fitrianawati, M. (2015). Peran Analisis Butir Soal Guna Meningkatkan Kualitas Butir Soal, Kompetensi Guru dan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Jawa, 5(3), 282-295.

Hewi, L. & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01), 30-41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018

Isnaeni, S., Ansori, A., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu. Journal On Education, 01(02), 309-316. file:///C:/Users/IQBAL HUSEIN/Downloads/68-Article Text-122-1-10-20190120.pdf

Izzatin, M., Kartono, K., Zaenuri, Z., & Dewi, N. R. (2022). Pengembangan Literasi Numerasi Siswa Melalui Soal HOTS. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 630-634. http://pps.unnes.ac.id/pps2/prodi/prosiding-pascasarjana-unnes

Junika, N., Izzati, N., & Tambunan, L. R. (2020). Pengembangan Soal Statistika Model PISA untuk Melatih Kemampuan Literasi Statistika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 499-510. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i3.615

Kalsum, U. & Sulastri, S. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik pada Kelas 5 SDN 027 Takatidung. Jurnal Keren, 1(5), 1-7. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/2560365

Khoirunnisa, S. & Adirakasiwi, A. G. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SMP pada Era Merdeka Belajar. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(3), 925-936. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i3.17393

Maryanasari, R. & Zanthy, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP dengan Pendekatan Model-Elicitng Activities. Journal On Education, 01(02), 54-60.

Maryati, I. (2021). Pengembangan Modul Berbasis Peningkatan Kemampuan Literasi Statistis Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1454. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3779

Mutia, Effendi, K. N. S., & Sutirna. (2020). Pengembangan Soal Matematika Model PISA dengan Konteks Futsal pada Konten Uncertainty and Data. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(1), 46-53.

Nurhalizah, S. (2022). Tantangan Pembelajaran Abad 21 Bagi Guru dan Siswa. EDUKASiNFO, 1-17. https://www.edukasinfo.com/2022/01/tantangan-pembelajaran-abad-21-bagi.html

Nurmatin, A. R., Senjayawati, E., Siliwangi, I., Terusan, J., Sudirman, J., & History, A. (2023). Studi Analisis Kesulitan Siswa Kelas VIII SMP Madani dalam Mengerjakan Soal Statistika Ditinjau Berdasarkan Gender. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(4), 1357-13689.

Nuryatin, S. & Zanthy, S. L. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Journal On Education, 1(2), 61-67.

Rokhima, N., Pamungkas, D., & Nurhayati, A. (2021). Literasi Matematika Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Pisa pada Konten Quantity. THEOREMA: The Journal Education of Mathematics, 2(1), 55-64.

Sholikhah, A. (2016). Statistik Deskriptif dalam Penelitian Kualitatif. Komunika, 10(2), 342-362.

Sulistyawati, W., Wahyudi, W., & Trinuryono, S. (2022). Analisis Motivasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Blended Learning Saat Pandemi Covid-19 (Deskriptif Kuantitatif di SMAN 1 Babadan Ponorogo). KadikmA, 13(1), 68. https://doi.org/10.19184/kdma.v13i1.31327

Umam, M. A. & Zulkarnaen, R. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa dalam Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 303-312.

Utami, L. D. (2021). Tingkat Literasi Indonesia di Dunia Rendah, Ranking 62 Dari 70 Negara. Perpustakaan Kemendagri. https://perpustakaan.kemendagri.go.id/2021/03/tingkat-literasi-indonesia-di-dunia-rendah-ranking-62-dari-70-negara/

Yoviana, A. & Murwaningtyas, C. E. (2023). Analisis Literasi Matematika pada Materi Statistika dan Peluang di Salah Satu SMP Negeri di Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 11(2), 104-118. http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v11i2.pp104-118

Downloads

Published

2024-12-16