ETNOMATEMATIKA PERMAINAN TRADISIONAL NUSANTARA DALAM KAJIAN LITERATUR

Authors

  • Rica Wulandari Universitas PGRI Banyuwangi
  • Rachmaniah Mirza Hariastuti Universitas PGRI Banyuwangi
  • Eko Listiwikono Universitas PGRI Banyuwangi

DOI:

https://doi.org/10.32502/differential.v2i2.277

Keywords:

etnomatematika, kajian literatur, permainan tradisional

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji etnomatematika dalam permainan tradisional di Indonesia melalui hasil penelitian sebelumnya. Penelitian dilakukan dengan metode Systematic Literature Review (SLR). Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode kajian literatur yang dibatasi pada artikel jurnal yang dipublikasikan dalam rentang waktu tahun 2014-2023 dan jurnal telah terindeks SINTA. Penelitian ini menghasilkan 25 artikel jurnal etnomatematika permainan tradisional yang terindeks SINTA. Hasil kajian menunjukkan permainan tradisional yang telah dieksplorasi etnomatematikanya adalah: kelereng, engklek, macanan, jeg-jegan, gasing, loteng, ase, pekatende, kabawa-bawa, baguli, patil lele, kempreng, layang-layang, ular tangga raksasa, congklak, bekel, gobak sodor, seltok, gaprek kempung, boy-boyan, dedo gomo, dan gomo telu. Pada permainan-permainan tersebut dapat diketahui etnomatematikanya adalah: geometri, operasi hitung, peluang, kekongruenan, bilangan ganjil, relasi, polihedron, poligon, membilang, perbandingan, pengukuran dengan satuan baku dan tidak baku, hubungan antar garis, statistika, himpunan, jarak, waktu, fungsi, bilangan, pola bilangan, kecepatan, bilangan bulat, pengukuran panjang, dan deret aritmatika. Penelitian ini masih dapat dikembangkan dengan memperluas batasan penelitian sehingga diperoleh hasil lebih akurat. Selain itu, hasil yang telah diperoleh dapat diimplementasikan dalam pembelajaran matematika atau mengkaji etnomatematika dari budaya yang lain.

References

Abi, A. M. (2016). Integrasi Etnomatematika dalam Kurikulum Matematika Sekolah. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 1-6. https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.75

Aprilia, E. D., Trapsilasiwi, D., & Setiawan, T. B. (2019). Etnomatematika pada Permainan Tradisional Engklek Beserta Alatnya sebagai Bahan Ajar. Kadikma, 10(1), 85-94. https://doi.org/10.19184/kdma.v10i1.11735

Asrial, Syahrial, Maison, Kurniawan, D. A., & Perdana, R. (2020). A study of Traditional Games “Engklek” in Mathematics for Elementary School. Jurnal Ilmu Pendidikan, 26(1), 15-21. https://doi.org/10.17977/um048v26i1p15-21

Asriyani, W. D. & Setyadi, D. (2023). Eksplorasi Etnomatematika pada Permainan Tradisional Daerah Kaliwungu. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 348-360. https://doi.org/10.33654/math.v9i2.2151

Aulia, H., Rustam, & Fitriawan, D. (2023). Deskripsi Eksploratif Etnomatematika dalam Permainan Tradisional Lompat Tali di Kubu Raya. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 12(2), 633-638. https://doi.org/10.26418/jppk.v12i2.63200

Bintoro, F. N. I, Rajagede, R. A., & Mahardika, G. P. (2022). Pengembangan Permainan Tradisional Dam-Daman dalam Bentuk Application Programming Interface. Automata, 3(2), 32-37. https://journal.uii.ac.id/AUTOMATA/article/view/24329

Cahyadi, W., Faradisa, M., Cayani, S., & Syafri, F. S. (2020). Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 2(2), 157-168. https://doi.org/10.29240/ja.v2i2.2235

Dhamayanti, P. V. (2022). Systematic Literature Review: Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Indonesian Journal of Educational Development, 3(2), 209-219. https://doi.org/10.5281/zenodo.7026884

Dhofir, D., Halim, D., Nisa, S., & Zayyadi, M. (2019). Loteng (Selodor Bhanteng): Media Nostalgia dalam Menanamkan Konsep Matematika pada Anak Madura. Jurnal Elemen, 5(2), 220-230. https://doi.org/10.29408/jel.v5i2.1344

Efendi, I. & Surya, E. (2023). Pengaruh Penerapan Etnomatematika pada Permainan Tradisional Engklek sebagai Media Pembelajaran Matematika terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 097361 Serbelawan. Science and Education Journal, 2(3), 486-494. https://doi.org/10.31004/sicedu.v2i3.144

Efendi, J. F. (2021). Pendidikan Matematika Realistik Berbasis Budaya dalam Pembentukan Karakter. De Fermat: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 24-32. https://jurnal.pmat.uniba-bpn.ac.id/index.php/DEFERMAT/article/view/178

Emzir. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Rajawali Pers.

Fajriyah, E. (2018). Peran Etnomatematika terkait Konsep Matematika dalam Mendukung Literasi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 114-119. https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/19589

Fauzi, A. & Lu’luilmaknun, U. (2019). Etnomatematika pada Permainan Dengklaq sebagai Media Pembelajaran Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 408-419. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i3.2303

Febriyanti, C., Kencanawaty, G., & Irawan, A. (2019). Etnomatematika Permainan Kelereng. MaPan, 7(1), 32-40. https://doi.org/10.24252/mapan.2019v7n1a3

Febriyanti, C., Prasetya, R., & Irawan, A. (2018). Etnomatematika pada Permainan Tradisional Engklek dan Gasing Khas Kebudayaan Sunda. Barekeng, 12(1), 1-6. https://doi.org/10.30598/vol12iss1pp1-6ar358

Fitriani, D. & Putra, A. (2022). Systematic Literature Review (SLR): Eksplorasi Etnomatematika pada Makanan Tradisional. Journal of Mathematics Education and Learning, 2(1), 18. https://doi.org/10.19184/jomeal.v2i1.29093

Harahap, N. S. & Jaelani, A. (2022). Etnomatematika pada Permainan Tradisional Engklek. Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1), 86-90. https://doi.org/10.24114/paradikma.v15i1.35995

Hariastuti, R. M., Budiarto, M. T., Manuharawati, M., & Supahmi, N. P. (2022). Konsep dan Aktivitas Matematika dalam Permainan Patheng Dudu. ALGORITMA Journal of Mathematics Education (AJME), 4(1), 46-57. https://doi.org/10.15408/ajme.v4i1.25058

Karina, C. D., Supardi, & Suparman. (2021). Eksplorasi Etnomatematika pada Permainan Tradisional Indonesia Komunitas TGR (Traditional Games Return). Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1599-1615. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.674

Kehi, Y. J., Zaenuri, M., & Waluya, S. B. (2019). Kontribusi Etnomatematika sebagai Masalah Kontekstual dalam Mengembangkan Literasi Matematika. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 190-196. https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/28911

Klorina, M. J. & Juandi, D. (2022). Kesulitan Belajar Matematika Siswa di Indonesia Ditinjau dari Self-Efficacy: Systematic Literature Review (SLR). Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 7(2), 181-192. https://doi.org/10.23969/symmetry.v7i2.6435

Kuswidi, I., Lestari, D. F., Arfinanti, N., & Azka, R. (2021). Eksplorasi Etnomatematika pada Permainan Tradisional Layangan (Pemahaman Materi Bangun Datar Layang-Layang dan Pengembangan Karakter. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika (JPPM), 3(2), 129-137. https://doi.org/10.14421/jppm.2021.32.129-137

Maulida, S. H. (2020). Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Melalui Permainan Tradisional Engklek. LEMMA : Letters of Mathematics Education, 7(01), 35-44. https://doi.org/10.22202/jl.2020.v7i1.3374

Mei, M. F., Seto, S. B., & Wondo, M. T. S. (2020). Eksplorasi Konsep Etnomatematika dalam Permainan Tradisional Kelereng pada Anak Masyarakat Kota Ende. EduMatSains : Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains, 5(1), 29-38. https://doi.org/10.33541/edumatsains.v5i1.1611

Muslimin, T. P. & Rahim, A. (2021). Etnomatematika Permainan Tradisional Anak Makassar sebagai Media Pembelajaran Geometri pada Siswa SD. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 22-32. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v6i1.1195

Nurazizah, K. (2023). Etnomatematika: Meningkatkan Minat dan Pemahaman Matematika melalui Media Permainan Congklak. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 7(2), 138-147. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v7i2.6793

Nurbianti, N., Fahinu, & Kadir. (2019). Eksplorasi Konsep Etnomatematika Geometri dalam Permainan Tradisional Anak Masyarakat Poogalampa Buton Selatan. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika, 4(2), 191-196. http://dx.doi.org/10.33772/jpbm.v4i2.8788

Pratiwi, J. W. & Pujiastuti, H. (2020). Eksplorasi Etnomatematika pada Permainan Tradisional Kelereng. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 1-12. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/11405

Priyanto, A., Bimantara, A. R., Juandi, & Yani, A. (2022). Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Etnomatematika Permainan Tradisional Engklak pada Materi Bangun Datar. Adiba: Journal of Education, 2(4), 492-497. https://adisampublisher.org/index.php/adiba/article/view/194

Rahayu, S. & Hosizah, H. (2021). Implementasi Sistem Rujukan Layanan Kesehatan: Systematic Literature Review. Indonesian of Health Information Management Journal (INOHIM), 9(2), 138-152. https://doi.org/10.47007/inohim.v9i2.312

Rahmawati, N. P., In’am, A., & Dintarini, M. (2019). Implementation of Patil Lele Traditional Game As Ethnomathematics to Improve Student’s Perspective to Mathematics. Mathematics Education Journal, 3(2), 130-138. https://doi.org/10.22219/mej.v3i2.11070

Rauf, A. & Juandi. (2023). Comic Math dengan Pendekatan Etnomatematika Permainan Tradisional Engklak pada Materi Bangun Datar. Numbers : Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(1), 23-27. https://mathedu.joln.org/index.php/edu/article/view/4

Risdiyanti, I. & Prahmana, R. C. I. (2018). Etnomatematika: Eksplorasi dalam Permainan Tradisional Jawa. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 1-11. https://doi.org/10.31331/medives.v2i1.562

Safitri, S. T. (2022). Etnomatematika Pada Permainan Tradisional Boy-Boyan. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 13(2), 69-74. https://doi.org/10.23887/jjpm.v13i2.47011

Sarah, S., Suhendri, H., & Ningsih, R. (2022). Eksplorasi Etnomatematika pada Permainan Tradisional Kelereng di Kelurahan Bahagia, Babelan, Bekasi. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 9(1), 21-29. https://doi.org/10.31316/jderivat.v10i1.4289

Supahmi, N. P., Hariastuti, R. M., & Nurmahmudy, W. (2022). Mathematics in Seltok: a Banyuwangi Traditional Game. Journal of Science and Education (JSE), 2(2), 53-64. https://doi.org/10.56003/jse.v2i2.68

Supriadi, - -, Arisetyawan, A., & Tiurlina, - -. (2016). Mengintegrasikan Pembelajaran Matematika Berbasis Budaya Banten pada Pendirian SD Laboratorium UPI Kampus Serang. Mimbar Sekolah Dasar, 3(1), 1-18. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v3i1.2510

Susanti, E. (2020). Eksplorasi Etnomatematika Konsep Operasi Hitung dalam Permainan Tradisional Kempreng. Suska Journal of Mathematics Education, 6(1), 1-8. http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v6i1.10025

Syakira, V. & Sulisti, H. (2023). Etnomatematika : Pengenalan Teori Peluang pada Permainan Hompimpa. Al-‘Adad: Jurnal Tadris Matematika, 2(2), 71-79. https://doi.org/10.24260/add.v2i2.2215

Taus, F., Nahak, S., & Deda, Y. N. (2022). Eksplorasi Etnomatematika pada Permainan Tradisional Congklak di Desa Femnasi. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 7(2), 1-9. https://doi.org/10.30743/mes.v7i2.4979

Ummaroh, A., Salmia, U., Pramesti, S. L. D., & Muyassaroh, A. (2023). Systematics Literature Review: Eksplorasi Etnomatematika pada Permainan Tradisional. Prosiding Seminar Nasional Tadris Matematika, 128-139. https://proceeding.uingusdur.ac.id/index.php/santika/article/view/1361

Uskono, D., Deda, Y. N., & Amsikan, S. (2023). Eksplorasi Etnomatematika pada Permainan Tradisional Kaneker di Desa Bitefa. Primatika. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 19-30. https://doi.org/10.30872/primatika.v12i1.1312

Wahyudi, W. & Putra, A. (2022). Systematics Literature Review: Eksplorasi Etnomatematika pada Aktivitas Masyarakat. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 3(1), 173-185. https://doi.org/10.46306/lb.v3i1.110

Wangge, M. (2023). Eksplorasi Etnomatematika pada Permainan Tradisional Dedo Gomo dan Gomo Telu. Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 1-10. https://doi.org/10.51517/nabla.v8i1.185

Widodo, P. & Lumintuarso, R. (2017). Pengembangan Model Permainan Tradisional untuk Membangun Karakter pada Siswa SD Kelas Atas. Jurnal Keolahragaan, 5(2), 183-193. https://doi.org/10.21831/jk.v5i2.7215

Winarno, W. W., Purwanti, A., Kristiana, D. R., & Wahyuni, E. S. (2023). Penelitian Kualitatif Menggunakan Systematic Literature Review. Yogyakarta : UPP STIM YKPN.

Downloads

Published

2024-12-13