PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA SMP
DOI:
https://doi.org/10.32502/differential.v3i1.609Keywords:
pembelajaran matematika realistik, literasi matematikaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran matematika realistik terhadap kemampuan literasi matematika siswa SMP. Penelitian ini dilakukan di SMP Katolik Budi Murni 2 Medan tahun ajaran 2023-2024. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian Pretest-Posttes Control Group Design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh kelas 8 SMP Katolik Budi murni 2 Medan yang terdiri dari 7 kelas. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 62 siswa yang terdiri dari 31 siswa untuk kelas eksperimen dan 31 siswa untuk kelas kontrol. Analisis data penelitian ini menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas siswa dalam pembelajaran untuk pertemuan pertama adalah 40% dan pertemuan kedua adalah 71,11%, sehingga aktivitas siswa dapat dikategorikan meningkat dan baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan literasi siswa dengan pembelajaran matematika realistik dibandingkan pembelajaran biasa. Pembelajaran matematika realistik lebih baik dan lebih efisien diterapkan dalam pembelajaran matematika karena dapat meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa.
References
AlAli, R. & Wardat, Y. (2024). Exploring Students’ Mathematical Literacy: The Role of Self Efficacy and Learning Environment. Environment and Social Psychology, 9(8), Article 2838. https://doi.org/10.59429/esp.v9i8.2838
Angraeni, R. & Ugi, L. E. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Realistik terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Baubau. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 6(2), 126-132. https://doi.org/10.55340/japm.v6i2.267
Campbell, D. T. & Stanley, J. C. (1963). Experimental and Quasi Experimental Designs for Research On Teaching (Bernard Perry, Trans.; pp. 1-84). Rand McNally & Company.
Erlina, D. A. & Sutarni, S. (2024). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME). Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 454-463. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i1.2409
Fauziana, L., Nurdalilah, & Lubis, S. S. (2021). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Pendekatan Kontekstual di Kelas VIIA SMP Negeri 2 Linggabayu. MIND Jurnal Ilmu Pendidikan dan Budaya, 1(1), 26-32. https://doi.org/10.55266/mindjournal.v1i1.49
Handun, H., Habudin, H., & Rachmiati, W. (2020). Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Matematika Realistik terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa Sekolah Dasar. Primary : Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, 12(1), 67-76. https://doi.org/10.32678/primary.v12i01.2635
Malik, A. & Chusni, M. M. (2018). Pengantar Statistika Pendidikan : Teori dan Aplikasi. Deepublish.
Manullang, R. L. T., Harahap, N. A., & Hasibuan, L. R. (2024). Analisis Pengaruh Metode Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Rantau Utara. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 43–53. https://doi.org/10.30656/gauss.v7i1.8495
Mursida, P. L., Turmuzi, M., & Nurmawanti, I. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) terhadap Literasi Matematika Siswa. Journal of Classroom Action Research, 6(1), 171-178. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i1.7016
Nabillah, H., Refianti, R., & Luthfiana, M. (2023). Penerapan Pendekatan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Lubuk Linggau. Journal of Mathematics Science and Education, 5(2), 133-145. https://doi.org/10.31540/jmse.v5i2.2560
Nursiddik, I., Noto, M. S., & Hartono, W. (2017). Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis dan Keyakinan Diri Siswa SMP. Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2), 151-160. https://doi.org/10.30738/.v5i2.1085
OECD. (2024, January 15). Transforming Education in Indonesia: Examining the Landscape of Current Reforms (OECD Education Policy Perspectives No. 88). OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/9ff8d407 en
Pujiastuti, H. & Haryadi, R. (2023). Enhancing Mathematical Literacy Ability Through Guided Inquiry Learning with Augmented Reality. Journal of Education and E‑Learning Research, 10(1), 43-50. https://doi.org/10.20448/jeelr.v10i1.4338
Rohman, H. M. H. & Sugiman, S. (2016). Pengaruh Implementasi Pendidikan Matematika Realistik dalam Setting Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan, 76-83.
Sari, D. P., Harahap, A. Y. A., & Syahputra, A. (2021). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik terhadap Sikap Positif Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2018–2026. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.958
Sihombing, S. & Tambunan, H. (2021). Etnomatematika: Eksplorasi Konsep Geometri pada Ornamen Rumah Bolon Batak Toba. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 6(2), 100-104. https://doi.org/10.26737/jpmi.v6i2.2552
Sudi, W., Jafar, J., Kadir, K., & Salim, S. (2022). Efektivitas Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik terhadap Literasi Matematika Siswa. Jurnal Amal Pendidikan, 3(2), 160-171. https://doi.org/10.36709/japend.v3i2.28874
Sudjana. (2005). Metoda Statistika (Edisi ke 6). Tarsito.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Edisi ke 1). Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Edisi ke 1). Alfabeta.
Wulandari, S., Syahbana, A., Tanzimah, T., Shang, Y., Weinhandl, R., & Sharma, R. (2021). Analysis of Students’ Thinking Level in Solving Pythagoras’ Theorem Problems Based on Van Hiele’s Theory. Malikussaleh Journal of Mathematics Learning, 4(2), 124-130. https://doi.org/10.29103/mjml.v4i2.3905