PROFIL SUBJECTIVE WELL-BEING SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DALAM PERSPEKTIF GENDER

Authors

  • Hadhona Fatmah Syakira UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon
  • Widodo Winarso
  • Arif Abdul Haqq

DOI:

https://doi.org/10.32502/differential.v3i1.625

Keywords:

Subjective Well-Being, gender, pembelajaran matematika

Abstract

Siswa menganggap matematika sebagai mata pelajaran yang sulit, kemudian berdampak pada kesejahteraan psikologis siswa.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat subjective well-being (SWB) siswa dalam pembelajaran matematika, menganalisis faktor yang mempengaruhinya,  serta meninjau perbedaannya berdasarkan gender.  Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif komparatif, dengan data diperoleh melalui angket subjective well-being pada siswa kelas IX SMP IT Al Burhany, dipilih menggunakan purposive sampling. Analisis dilakukan melalui analisis deskriptif, analisis faktor principal component analysis (PCA), dan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan tingkat subjective well-being siswa berada dalam kategori kuat. Analisis faktor menunjukkan bahwa faktor 1 merupakan faktor yang memengaruhi subjective well-being siswa dalam pembelajaran matematika, dengan nilai eigen terbesar dengan aspek adalah aspek sosial. Perbedaan signifikan juga ditemukan dalam tingkat subjective well-being antara siswa laki-laki dan perempuan berdasarkan hasil uji independent sample t-test, yang menunjukkan adanya pengaruh gender terhadap tingkat subjective well-being siswa. Temuan ini menunjukkan bahwa meskipun secara umum siswa menunjukkan subjective well-being yang cukup baik, namun terdapat perbedaan pengalaman berdasarkan gender, khususnya dalam aspek sosial dan psikologis. Penelitian ini berkontribusi dalam memberikan pemahaman empiris tentang pengaruh gender terhadap subjective well-being siswa dalam pembelajaran matematika, yang dapat menjadi acuan dalam merancang strategi pembelajaran yang lebih adaptif dan inklusif.

References

Bandura, A. (1997). Self-efficacy: The Exercise of Control. In Self-efficacy: The Exercise of Control. W H Freeman/Times Books/ Henry Holt & Co.

Batz, C., & Tay, L. (2018). Gender Differences in Subjective Well-Being. In E. Diener, S. Oishi, & L. Tay (Eds.), Handbook of Well-Being (pp. 1-15). DEF Publishers.

Claro, S., Paunesku, D., & Dweck, C. S. (2016). Growth Mindset Tempers The Effects of Poverty on Academic Achievement. In PNAS Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America (Vol. 113, Nomor 31, hal. 8664–8668). National Academy of Sciences. https://doi.org/10.1073/pnas.1608207113

Cohen, S. & Wills, T. A. (1985). Stress, Social Support, and The Buffering Hypothesis. In Psychological Bulletin (Vol. 98, Nomor 2, hal. 310–357). American Psychological Association. https://doi.org/10.1037/0033-2909.98.2.310

Degol, J. L., Wang, M.-T., Ye, F., & Huebner, E. S. (2016). Do Growth Mindsets in Math Benefit Adolescents’ Well-Being and Math Achievement? Journal of Youth and Adolescence, 45(12), 2381–2398. https://doi.org/10.1007/s10964-016-0507-z

Dewi, L. & Nasywa, N. (2019). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Subjective Well-Being. Jurnal Psikologi Terapan dan Pendidikan, 1(1), 54. https://doi.org/10.26555/jptp.v1i1.15129

Diener, E. (1984). Subjective Well-Being. In Psychological Bulletin (Vol. 95, Nomor 3, hal. 542–575). American Psychological Association. https://doi.org/10.1037/0033-2909.95.3.542

Friantini, R. N. & Winata, R. (2019). Analisis Minat Belajar pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 4(1), 6–11. https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/article/view/870

Kern, M. L., Benson, L., Steinberg, E. A., & Steinberg, L. (2016). The EPOCH Measure of Adolescent Well-Being. Psychological Assessment, 28(5), 586–597. https://doi.org/10.1037/pas0000201

Lazaruz, R. S. & Folkman, S. (1984). Stress, Appraisal, and Coping. Springer Publishing Company.

Luthar. (2016). Resilience and Vulnerability Among High-Risk Adolescents: A Longitudinal Study. Development and Psychopathology, 28(2), 609–622.

Meng, Hui, Huang, Peijia, Hou, Ning, & Fan, Jinyan. (2014). Social Self-Efficacy Predicts Chinese College Students’ First-Year Transition: A Four-Wave Longitudinal Investigation. Journal of Career Assessment, 23(3), 410–426. https://doi.org/10.1177/1069072714547482

OECD. (2023). PISA 2022 Results Factsheets Indonesia. OECD (Organisation for Economic Co-operation and Development) Publication, 1–9. https://www.oecd.org/en/publications/pisa-2022-results-volume-i-and-ii-country-notes_ed6fbcc5-en/indonesia_c2e1ae0e-en.html

Perry, M. (2017). No Title. Gender Differences in Stress and Coping Styles. Personality and Individual Differences, 53(7), 884–889.

Putra, H. D., Setiawan, W., & Afrilianto, M. (2020). Indonesian High Scholar Difficulties in Learning Mathematics. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(1), 3466–3471.

Putra, I. P. & Sukmawati, N. W. (2020). Perbedaan Subjective Well-Being Ditinjau dari Jenis Kelamin dan Status Pernikahan pada Pegawai Negeri Sipil. Character : Jurnal Penelitian Psikologi, 7, 1–5.

Redy, L. (2015). The Role of Stress in Mathematics Performance: Implications for Practice. Journal of Educational Psychology, 107(2), 406–4019.

Ryan, R. M. & Deci, E. L. (2000). Self-Determination Theory and The Facilitation of Intrinsic Motivation, Social Development, And Well-Being. In American Psychologist (Vol. 55, Nomor 1, hal. 68–78). American Psychological Association. https://doi.org/10.1037/0003-066X.55.1.68

Shofiyyah & Borualogo, I. S. (2021). Pengaruh Perundungan Terhadap Subjective Well Being pada Anak dan Remaja di Panti Asuhan. Prosiding Psikologi, 7(2), 284–289. https://doi.org/10.29313/.v0i0.28314

Sugiyono, P. D. (2021). Statistika untuk Penelitian (31 ed.). Alfabeta CV.

Suldo, S. M., Hearon, B. V, Bander, B., McCullough, M., Garofano, J., Roth, R. A., & Tan, S. Y. (2015). Increasing Elementary School Students’ Subjective Well-Being Through a Classwide Positive Psychology Intervention: Results of a Pilot Study. In Contemporary School Psychology (Vol. 19, Nomor 4, hal. 300–311). Springer. https://doi.org/10.1007/s40688-015-0061-y

Ulfah, D. (2021). Perbedaan Subjective Well-Being Menghadapi Perkuliahan Sistem Daring Ditinjau Berdasarkan Jenis Kelamin Pada Mahasiswa UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Upadyaya, K. & Salmela-Aro, K. (2017). Developmental Dynamics Between Young Adults’ Life Satisfaction and Engagement With Studies and Work. Longitudinal and Life Course Studies, 8(1), 20–34. https://doi.org/10.14301/llcs.v8i1.398

Wang, M.-T. (2016). The Development of Adolescents’ School Engagement: Journal of Youth and Adolescence, 45(1), 19–33.

Zhang, Y., Gao, Y., Zhan, C., Liu, T., & Li, X. (2022). Subjective Well-Being of Professional Females: A Case Study of Dalian High-Tech Industrial Zone. Frontiers in Psychology, 13(July), 1–20. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.904298

Downloads

Published

2025-06-23