PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS APLIKASI (BANGUN RUANG SIMULASI 3D) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS V
DOI:
https://doi.org/10.32502/differential.v3i1.713Keywords:
aplikasi 3D, minat belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi dalam bentuk simulasi 3D bangun ruang dan dampaknya terhadap minat belajar siswa. Kegiatan penelitian dilakukan pada Semester Genap tahun ajaran 2024/2025, di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 158 Palembang dengan subjek penelitian siswa kelas 5 Sekolah Dasar (SD) yang berjumlah 35 Siswa. Adapun data yang didapat dalam penelitian ini yaitu data dokumentasi siswa, data hasil wawancara guru dan siswa serta data observasi aktivitas siswa yang disajikan dalam bentuk narasi. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi menunjukkan dampak pada pemahaman siswa terkait dengan materi pelajaran, kemudian memunculkan imajinasi berpikir siswa dari simulasi bangun ruang yang ditampilkan. Sehingga efek dari penerapan media memunculkan minat belajar siswa terhadap pembelajaran matematika. Selain itu, siswa-siswa dalam kelompok juga menunjukkan keaktifan dalam proses pembelajaran. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis apikasi, khususnya simulasi 3D bangun ruang, dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa. Media pembelajaran berbasis aplikasi mampu memberikan pengalaman belajar yamg interaktif dan menarik bagi siswa, sehingga dapat memunculkan minat siswa dalam proses pembelajaran.
References
Abdullah, M. (2018). Manajemen Mutu Pendidikan di Sekolah: Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah, Profesionalisme Guru dan Partisipasi Masyarakat dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah. Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(3), 190-198. https://Doi.Org/10.17509/Jpp.V17i3.9612.
Adam, S. & Syastra, M. T. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X SMA Ananda Batam. CBIS Journal, 3(2), 78-90. https://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/cbis/article/view/400
Branchais, S. & Achmadi, H. R. (2019). Validitas Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android pada Materi Gejala Pemanasan Global Kelas XI SMA. Inovasi Pendidikan Fisika, 8(2), 508-511.
Chairunisah, C. (2022). Kerangka Konseptual Pendidikan Matematika Realistik pada Kelas Virtual Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemodelan Matematika Siswa SMP. Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED, 13(1), 100-106. https://doi.org/10.24114/jh.v13i1.36008
Dewi, S. Z., & Hilman, I. (2018). Penggunaan TIK Sebagai Sumber dan Media Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 2(2), 48-53. https://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/article/view/15100/0
Hadijah, S. (2018). Analisis Respon Siswa dan Guru Terhadap Penggunaan Multimedia Interaktif dalam Proses Pembelajaran Matematika. Jurnal Numeracy, 5(2), 176-183.
Hakim, A. R. & Windayana, H. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 4(2), 93-102. https://doi.org/10.17509/eh.v4i2.2827
Hartono, J. A. & Karnasih, I. (2017, 6 Mei). Pentingnya Pemodelan Matematis dalam Pembelajaran Matematika. Dalam Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) Unimed (hlm. 1-8).
Julianti, M. & Arwin, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Powerpoint Ispring Suite 9 pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 888–896. https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/3477
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 15 Tahun 2010 tentang Standar Pelayanan Minimal Pendidikan Dasar di Kabupaten/Kota (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2013 Nomor 464).
Kusumawati, L. D., Sugito, Nf., & Mustadi, A. (2021). Kelayakan Multimedia Pembelajaran Interaktif dalam Memotivasi Siswa Belajar Matematika. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(1), 31-51. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v9n1.p31--51
Mifroh, N. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Implementasinya dalam Pembelajaran di SD/MI. Jurnal Pendidikan Tematik, 1(3), 253-263. https://doi.org/10.62159/jpt.v1i1.144
Muslichatun, Ellianawati, & Wardani, S. (2021). Analisis Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Konsep Rangka Manusia Berbantuan Media Interaktif Berbasis Android. Jurnal Profesi Keguruan, 7(1), 142-150.
Nastiti, A., Isnanto, R. R., & Martono, K. T. (2015). Aplikasi Multimedia Sebagai Media Pembelajaran Sejarah Indonesia Masa Perjuangan Kemerdekaan Untuk Sekolah Ddasar Berbasis Android. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, 3(4), 512-522. https://doi.org/10.14710/jtsiskom.3.4.2015.512-522
Putra, R. S., Wijayati, N., & Mahatmanti, F. W. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 11(2), 2009-2018.
Putri, D. P. E. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Android Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Edugama: Jurnal Kependidikan dan Sosial Keagamaan, 5(2), 104-111. https://doi.org/10.32923/edugama.v5i2.972
Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Harjito. (2006). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya (Cetakan ke-9). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Soendari, T. (2012). Metode Penelitian Deskriptif. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Susanti, D., Waluya, B., & Rosyida, I. (2019, Februari). Peran Pembelajaran dengan Metode Mathematical Modeling terhadap Kemampuan Penalaran Matematis. Dalam PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2, hlm. 297-300).
Susanti, Y. (2020). Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Media Berhitung di Sekolah Dasar dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa. EDISI: Jurnal Edukasi dan Sains, 2(3), 435-448. https://doi.org/10.36088/edisi.v2i3.1122
Wahyono, J., & Yumianta, T. N. H. (2018). Pengembangan Aplikasi Mobile Learning Untuk Pembelajaran Matematika Materi Operasi Aljabar Siswa SMP. Aksioma: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 9(2), 57-71.
Zagoto, M. M. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Realistic Mathematic Educations Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Education and Development, 3(1), 53-57. https://doi.org/10.37081/ed.v3i1.139
Zain, A. A. & Pratiwi, W. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media PowerPoint Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Tematik Kelas V SD. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-an, 8(1), 75-81. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i1.1205