LKPD INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN BILANGAN CACAH UNTUK SISWA KELAS 2 DI SDN 159 PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.32502/differential.v3i1.715Keywords:
bilangan cacah, LKPD Interaktif, SDAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) interaktif dalam pembelajaran bilangan cacah yang sesuai dengan karakteristik siswa kelas 2 SD. Penelitian menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) yang meliputi analisis kebutuhan, perancangan isi LKPD, validasi oleh ahli, dan uji coba terbatas. LKPD yang dikembangkan memuat soal pengurutan bilangan, penghitungan jumlah benda, serta operasi penjumlahan dan pengurangan berdasarkan gambar kontekstual. Hasil validasi menunjukkan bahwa LKPD sangat layak digunakan dari aspek isi, penyajian, dan visual. Uji coba terhadap 20 siswa menunjukkan bahwa 85% siswa mampu mengurutkan bilangan dengan benar, dan 100% siswa dapat menyelesaikan soal menghitung jumlah benda serta operasi penjumlahan dan pengurangan dalam pembelajaran gambar dengan benar. Respon siswa dan guru terhadap LKPD sangat positif. LKPD ini terbukti membantu pemahaman konsep matematika secara konkret dan menyenangkan sesuai tahap perkembangan kognitif siswa kelas rendah.
References
Aulia, A., Putri, A. A, & Kowiyah. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Materi Bilangan dan Pengukuran Siswa Kelas II Sekolah Dasar Jakarta. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 1-9.
Bruner, J. S. (1966). Toward a Theory of Instruction. Harvard University Press.
Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Emaculata, N. I. & Winanto, A. (2022). Pengembangan Media PowerPoint Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian Bilangan Cacah Kelas 2 SD. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2517-2522.
Filahanasari, E., Mustika, D. A., & Kharisna, F. (2025). Pengembangan LKPD Berbasis Pendekatan (RME) Materi Bilangan Cacah pada Kelas III SDN 25 Pulau Punjung. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(02), 263-276.
Indarwati, A. D. & Indrawati, D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Duck Shot pada Sistem Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Cacah Kelas 2 Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian PGSD, 10(9), 2009-2020.
Nurhalisa, S., Aeni, J., Afifa, E. L. N., & Malik, M. S. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Modul Materi Bilangan Cacah Kelas 2 SD/MI. TADZKIRAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 26-36.
Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Membuat Sendiri Bahan Ajar yang Menarik dan Interaktif. Diva Press.
Raudoh, R. (2023). Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPAS SMK Materi Makhluk Hidup dan Lingkungannya. Bionatural, 10(1), 116-122.
Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Slavin, R. E. (2005). Educational Psychology: Theory and Practice (7 ed.). Pearson Education.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suyanto & Jihad, A. (2013). Menjadi Guru Profesional: Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. Erlangga.
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Indiana University.
Unaenah, E., Khoirunnisa, E., & Nur’Aini. (2023). Pemahaman Siswa pada Pembelajaran Bilangan Cacah di Sekolah Dasar (SD). Seroja: Jurnal Pendidikan, 2(4), 210-220.
Wandriyati, E. & Amini, R. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Cartoon Story Maker Berbasis Networked di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 10288-10297. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4876