MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI STATISTIK PADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII SMP

Authors

  • Fregis Jayusman Universitas PGRI Palembang
  • Tika Dwi Nopriyanti Universitas PGRI Palembang
  • Marhamah Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.32502/differential.v3i1.728

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Literasi Statistik pada Materi Statistika Kelas VIII SMP Negeri 60 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen kuasi (quasi-experimental) dengan model design One-group Pretest-Posttest Design. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif. Data dikumpulkan melalui tes essay. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari uji paired samples test, tes kemampuan literasi statsitik kelas VIII.3 menerima hasil nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Berdasarkan kriteria pengujian, maka Ho ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan literasi statistik pada materi statistika kelas VIII SMP Negeri 60 Palembang.

References

Agustin, T., Junarti, & Mayasari, N. (2022). Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning) Terhadap Kemampuan Literasi Matematika pada Pokok Bahasan Statistik Siswa Kelas XI TKR SMKN 3 Bojonegoro. J’THOMS (Journal Of Techonolgy Mathematics And Social Science), 1(2), 28-35. https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JTHOMS

Endriani, R. & Rakhmawati, F. (2019). Perbedaaan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kreatif Matematika Siswa yang Diajarkan dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay-Two Stray pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Kelas X SMA. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 8(2), 161-170. https://doi.org/10. 30821/axiom.v8i2.6335

Evandel, K., Indrawan, E., Primawati, P., & Wulansari, R. E. (2024). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Projek Based Learning. Yasin : Jurnal Pendidikan dan Sosial Budaya, 4(1), 58-65. https://doi.org/10.58578/yasin.v4i1.2467

Fardillah, F., Nurlaelah, E., & Sabandar, J. (2019). Keterkaitan Kemampuan Literasi dan Disposisi Statistis Mahasiswa Melalui Rigorous Mathematical Thinking. Prosiding Simposium Nasional Multidisiplin (SinaMu), 1, Article 2129. https://doi.org/10.31000/sinamu.v1i0.2129

Fauziah, H. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Statistik Siswa (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Maarif 10 Bangun Rejo Semester Genap Tahun Pelajaran 2022/2023). [Skripsi, Universitas Lampung]. https://digilib.unila.ac.id/77727

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. (2024, 25 Maret). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 12 Tahun 2024 tentang Kurikulum pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah. Ditetapkan di Jakarta. https://peraturan.go.id/filespengundangan/permendikbudristek-no-12-tahun-2024.pdf

Khoerunnisa, P. & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model model Pembelajaran. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 1-27. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.441

Ndruru, T. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VII SMP Negeri 1 Sidua Ori. Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan, 2(3), 239-244. https://doi.org/10.31004/jerkin.v2i3.257

Oktiviani, F. N., Waluya, S. B., & Zaenuri, Z. (2021). Kemampuan Literasi Statistik dalam Pembelajaran Berbasis Proyek yang Dimodifikasi. IJoIS: Indonesian Journal of Islamic Studies, 2(2), 235-247. https://doi.org/10.59525/ijois.v2i2.44

Prihastari, E. B., Sukestiyarno, S., & Kartono, K. (2022). Kajian Literasi Statistik pada Jenjang Pendidikan di Indonesia. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran, 8(2), 290-299. https://doi.org/10.30653/003.202282.250

Rahmat, M. R., Arip, A. G., & Nur, S. H. (2020). Implementation of Problem Based Learning Model Assisted by E Modules on Students’ Critical Thinking Ability. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(3), 339-346. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i3.22410

Sari, M. R., Sa’dijah, C., & Sukoriyanto, S. (2022). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Tes Literasi Statistik Berdasarkan Tahapan Kastolan. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 11(1), 156-166. https://doi.org/10.25273/jipm.v11i1.13948

Siswanti, A. B. (2023). Problem Based Learning (Edisi 1). ANDI.

Suci, D. W. & Taufina, T. (2020). Peningkatan Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Berbasis Masalah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 505–512. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.371

Wahyuni, R. S., Arifin, S., Puspitasari, I., Astiswijaya, N., Santika, N. W. R., Oktaviane, Y., Zahro, U. C., Lestariani, N., Nurlaela, E., Sari, A. S. D., & Kusumastiti, W. (2024). Model model Pembelajaran (Cetakan pertama). Widina Media Utama.

Wardono & Mariani, S. (2018). The Analysis of Mathematics Literacy on PMRI Learning with Media Schoology of Junior High School Students. Journal of Physics: Conference Series, 983(1), Article 012107. https://doi.org/10.1088/1742-6596/983/1/012107

Watson, J. M. (2019). Statistical Literacy at School: Growth and Goals (Vol. 11, Studies in Mathematical Thinking and Learning). Routledge.

Downloads

Published

2025-07-18