KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI PERSEGIPANJANG BERDASARKAN KELOMPOK GAYA KOGNITIf FIELD INDEPENDENT

Authors

  • Raihan Ahmil Rizki SMA PGRI 1 Bandung
  • Eyus Sudihartinih Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sufyani Prabawanto Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32502/differential.v1i1.89

Keywords:

pemecahan masalah, persegipanjang, Field Independent

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP pada materi persegipanjang berdasarkan kelompok gaya kognitif Field Independent (FI). Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian studi kasus yang melibatkan dua siswa kelas VIII SMP Negeri di Kota Bandung. Banyaknya partisipan pada penelitian ini yaitu 29 orang yang diambil dua siswa FI. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu Instrumen Group Embedded Figure Test, tes kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi persegipanjang dan wawancara. Kemampuan pemecahan masalah matematis dianalisis menggunakan Teori Polya. Pada langkah memahami masalah, siswa dengan gaya kognitif FI cenderung lebih dapat memahami masalah secara rinci atau secara analitik. Pada langkah merencanakan penyelesaian, siswa FI dapat dengan baik menyusun strategi penyelesaian permasalahan. Pada langkah melaksanakan rencana, siswa FI dapat melaksanakan perencanaan yang dimiliki dengan perhitungan yang sesuai dengan rencana. Pada langkah memverifikasi jawaban, siswa FI cenderung dapat membuktikan jawaban yang didapatkan baik dalam rencana maupun perhitungan yang dibuat, bahkan siswa FI dapat menguji kembali jawaban yang didapatkan dengan menggunakan langkah lain.

References

Abrams, J. & Belgave, F. Z. (2013). Field Dependence. The Encyclopedia of Cross-Cultural Psychology, 2(1), 1-3.

Angraini, P., Prahmana, R. C. I., & Shahrill, M. (2021). The Innovative Learning of Square and Rectangle using Macanan Traditional Indonesian Game. Southeast Asian Mathematics Education Journal, 11(2), 119-140.

Armstrong, S. J., Cools, E., & Smith, E. S. (2011). Role of Cognitive Styles in Business and Management: Reviewing 40 Years of Research. International Journal of Management Review, 14(3).

Basir, Mochamad Abdul. (2015). Kemampuan Penalaran Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Unissula, 3(1), 106-114.

Ekaniya, Devina. (2019). Analisis Representasi Siswa Sekolah Menengah Pertama dalam Materi Bentuk Aljabar Ditinjau dari Gaya Kognitif. Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia.

http://repository.upi.edu/38670/1/S_MAT_1502090_Title.pdf

Hendriana, H. & Soemarno, U. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Refika Aditama.

Indriana, L. & Maryati, I. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Segiempat dan Segitiga di Kampung Sukagalih. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 541-552.

The National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

Ngilawajan, Darma Andreas. (2013). Proses Berpikir Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Turunan Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 2(1), 71-83.

Nugraha, M. G. & Awalliyah, S. (2016). Analisis Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent terhadap Penguasaan Konsep Fisika Kelas VII. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal), 5, 71-76.

Nurlaela. (2020). Pengaruh Gaya Kognitif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII MTs Ishlahul Muslimin Senteluk. Skripsi. Universitas Islam Negeri Mataram. http://etheses.uinmataram.ac.id/234/1/Nurlaela%20160103096%20%282%29.pdf

Polya, George. (1981). Mathematics Discovery: An Understanding, Learning, and Teaching Problem Solving (combined edition). John Willey & Son.

Rahardjo, Mudjia. (2017). Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif: Konsep dan Prosedurnya. UIN Maulana Malik Ibrahim.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Sumiati, A. & Agustini, Y. (2020). Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Segiempat dan Segitiga Siswa SMP kelas VIII di Cianjur. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 321-330.

Ulya, Himmatul. (2015). Hubungan Gaya Kognitif dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 1(2).

Usodo, Budi. (2011). Profil Intuisi Mahasiswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Universitas Sebelas Maret, 95-102.

Vendiagrys, L., Junaedi, I., & Masrukan. (2015). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematiska Soal Setipe TIMSS Berdasarkan Gaya Kognitif Siswa pada Pembelajaran Model Problem Based Learning. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 4(1), 34-41.

Wulan, E. R. & Anggraini, R. E. (2019). Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent sebagai Jendela Profil Pemecahan Masalah Polya dari Siswa SMP. Focus Action of Research Mathematic, 1(2), 123-142.

Downloads

Published

2024-03-03